10 Tempat Wisata di Tebo Jambi, Bikin Betah Nggak Mau Pulang

Tempat Wisata di Tebo – Buah dukuh buah rambutan, cuaca teduh pas buat jalan-jalan. Eaaa. Ya mungkin begitulah gambaran suasana di kabupaten yang satu ini, tempat wisatanya kece banget.

So, bagi kaka-kaka yang berasal dari Jambi, ke sini tuh menjadi suatu keharusan agar kaka nggak kudet -kurang update- dengan obejk-objek wisata aduhai.

Pun dengan kaka-kaka dari luar Jambi, ndak ada salahnya kaka ngeluyur ke daerah ini. Ya….untuk menambah pengalaman, terlebih lagi daerah ini termasuk daerah tropis.

Gambaran Kabupaten Tebo

Tebo adalah salah satu kabupaten di Jambi yang lokasinya berada di bagian Barat dan berbatasan langsung dengan beberapa daerah provinsi Sumbar dan Riau.

Kabupaten ini termasuk dataran rendah sehingga sebagian wilayahnya didominasi oleh daerah hutan hujan tropis.

Makanya tak heran jika di daerah ini kaka bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna seperti gajah, rusa, kancil, kijang, harimau sumatra, burung, bunga anggrek, kulim, meranti, tembesu dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Daftar Objek Wisata di Kabupaten Tebo Jambi

Tentu saja ada banyak objek wisata di kabupaten ini, tapi kebanyakan bernuansa alam seperti Hutan Lindung Bukit Tiga Puluh, Hutan Taman Bukit 12, sungai, air terjun, air panas dan sebagainya.

untuk lebih detailnya, berikut min uraikan satu per satu ya. Semoga kaka bisa mengikutinya sampe habis. Amiiin!!!

BACA :   10 Tempat Wisata di Muaro Jambi (Sengeti) BARU Update 2020

1. Taman Bukit Nasional 30

Taman Nasional Bukit 30

Taman Bukit Nasional Tiga Puluh adalah hutan lindung yang terbentang di 2 provinsi yaitu Jambi dan Riau.

Di dalam hutan ini tersimpan seribu satu jenis flora dan fauna tropis yang sangat bermanfaat sebagai bahan beraneka pengobatan herbal.

Di samping itu, ketika kaka berkunjung ke sini kaka juga bisa bertemu dengan pemukiman Suku Anak Dalam (SAD). Belum lagi soal keindahan alam dan keademannya, uuuh sangat reccomended deh!

2. Taman Nasional Bukit 12

Taman Nasional Bukit 12

Selain TBN 30, kaka juga bisa berpetualang ke Taman Nasional Bukit Dua Belas yang super kece ini.

Di sini kaka akan berjumpa dengan aneka flora dan fauna langka yang selama ini mungkin belum pernah kaka jumpai.

Terlebih lagi di taman ini terdapat tanaman khas cendawan muka harimau dan hewan lainnya.

3. Taman Tanggo Rajo Ujung Tanjung

Taman Tanggo Rajo Ujung Tanjung

Tempat ini merupakan pertemuan dua sungai yaitu Batanghari dan Batang Tebo sehingga memiliki kekhasan dan keunikan yang bikin kita takjub.

Pada zaman dahulu kala, tempat ini menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal barang untuk keluar masuk Muara Tebo.

Jangan lupa, karena berencana berkunjung ke sini kaka harus bawa kamera yang bagus ya biar kesan yang kaka lihat bisa diabadikan dalam jepretan poto.

4. Danau Sigombak

Danau Sigombak

Danau seluas sekitar 40 hektar ini dikelilingi oleh hutan hijau yang bisa kaka jadikan obat penyembuh mata.

Apalagi bentuknya meliuk memutar seperti cincin, jika di lihat dari udara, tentu saja semakin indah. Makanya kaka kudu banget nyantuy di sini.

Kalau menurut cerita rakyat, dulunya tempat dijadikan tempat mandinya para raja. wow. min sendiri antara percaya dan ndak sih, tapi kalu soal indahnya min percaya.

BACA :   014 Tempat Wisata di Sarolangun Jambi Paling Viral (BARU 2020 Update)

Selain legenda tempat mandi para raja, ternyata ada juga legenda lain yaitu konon tempat ini merupakan tempat mandinya para bidadari. Waah.

Ah udah lah, yang penting min rekomendasikan banget agar kaka travelers mau nyantuy di tempat ini.

5. Air Panas Sungai Bengkal

Air Panas Sungai Bengkal

Selain taman dan sejenisnya, kaka juga bisa berkunjung ke air panas yang super kece ini. Di sini suhu airnya sampe 50 sd 70 derajat celcius loh.

Oleh sebab itu, kalau kaka ke sini dan memanfaatkan air hangatnya, bisa jadi punya khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Memang sih pengelolaannya belum ditangani langsung oleh pengampu kebijakan, tetapi oleh masyarakat setempat, lokasi ini diurus sehingga menarik untuk didatangi.

6. Taman Makam Pahlawan Sulthan Thaha Syaifuddin

Taman Makam Pahlawan Sulthan Thaha Syaifuddin

Selesai dari traveling ke objek wisata alam dan hiburan, kini saatnya min ajak kaka-kaka sekalian berwisata ke tempat bersejarah sekaligus bernilai religi. Hmm

Ya kalah di Tebo kaka bisa ngeluyur ke taman makam pahlawan yang satu ini yang lokasinya berada di pusat kota Muara Tebo.

Perlu kaka ketahui kalau Sulthan Thaha itu merupakan pejuang kemerdekaan yang melawan penjajah Belanda di Jambi.

Konon, Sulthan Thaha juga termasuk pejuang yang sangat disegani lawan karena ia tidak mau kompromi atas dasar apa pun. Demi kedaulatan, ia rela bertempur habis-habisan hingga akhirnya gugur dan di makamkan di tempat ini.

7. Kebun Raya Bukit Sari

Danau Sigombak

Hutan ini merupakan hutan lindung milik kabupaten Batanghari. Dengan lahan seluas 435 hektar, tempat ini dijadikan lokasi pengembangan tanaman khas jambi dan aneka burung.

Kalau kaka mau nyoba ke sini, silahkan datangi alamatnya di desa Teluk Rendah Kec. Tebo Hilir.

BACA :   46 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal (Jambi) Terbaru

Nanti pas kaka masuk, kaka akan langsung merasakan udara sepoy-sepoy yang sangat menyejukkan.

8. Stadion Tebo

Stadion Tebo

Barangkali tempat ini cocok buat agenda weekend. Di sini kaka bisa bersantuy menikmati indahnya suasana.

Terlebih lagi stadion yang dibangun dengan dana sebesar 60 milyar ini kerapkali dikunjungi muda-mudi meski hanya untuk sekedar nongkrong dan bersantuy.

Kalau kaka mau ke sini, silahkan datangi alamatnya di dalam kota Muara Tebo.

9. Tanah Ampo

Tanah Ampo

Tempat ini sangat ekslusif dan istimewa, barangkali satu – satunya di dunia. Mengapa?

karena menurut warga sekitar tanah ini tuh layak dikonsumsi. Woooooow!

selain itu tanah di sini juga tak pernah habis meski diambil berkali-kali.

Penasaran?

ayo datangi tempat ini.

10. Masjid Agung Al Ittihad Muara Tebo

Masjid Agung Al Ittihad Muara Tebo

Setelah lelah menjelajah, cobalah kaka istirahat sejenak di masjud agung yang adem ini.

Selain untuk mereflekkan tubuh, kaka juga butuh menenangkan pikiran dan hati atas belenggu dunia yang fatamorgana. Cie…

Bangunannya yang indah dengan warna hijau daun, tempat ini memang menyita perhatian orang yang melihat.

Oleh sebab itu wajar jika masyarakat sering berkunjung ke masjid ini.

Demikian sejumlah tempat wisata yang bisa min sharingkan. semoga kaka-kaka bisa ngeluyur ke tempat ini.

Tentu saja masih banyak tempat wisata lain. Hanya saja min nggak bisa menjelaskan satu per satunya.

Soalnya list yang bagikan ini sudah cukup karena termasuk objek-objek wisata favorit.

Leave a Reply