60 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan Sumut untuk Liburan Tahun Baru

Tempat Wisata di Tapanuli Selatan – Para pecinta tempat wisata terbaru yang lagi josh, gimana sudah ngikutin penjelajahan min belum selama di Simalungun kemaren?

Hmm, min harap kaka udah dengerin curhatan min ya. Soalnya tempat wisata di simalungun itu banyak didominasi wisata alam, jadi cocok lah buat tempat nyantuy mah.

Kalau udah ngikutin, sekarang min mau ajak kaka jalan-jalan ke Tapanuli Selatan. Menurut khobar para netizen, objek wisata di sini tuh super windah banget ka. Min jadi penasaran. Yuk kita kenalan!!!!!!

Tapanuli Selatan

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka……..tak tahu lah. Nah, sebelum jauh melanglang buana, min ingin kasih inpppo dulu nih seputar Tapanuli Selatan.

Tapanuli Selatan adalah sebuah kabupaten yang ada di Sumatra Utara. Ibukotanya adalah Sipirok. Sebuah kota yang alamnya masih segar karena dilewati oleh Bukit Barisan.

Karena letak geografisnya yang dipenuhi bebukitan, maka view nya juga alami banget.

Terlebih lagi Tapanuli Selatan memiliki reservasi air terutama di hutan Batang Toru yang didalamnya terdapat seribut satu flora dan fauna.

Bahkan, di hutan ini masih terdapat kancil, kucing hutan, tapir, rusa, harimau, anggrek dan sebagainya.

Dari capture wilayah yang seperti itu, kaka pasti sudah bisa meraba-raba bagaimana eksotisnya wilayah ini. Penasaran?

Daftar Tempat Wisata di Tapanuli Selatan

Karena berada di daerah perbukitan, maka jenis wisata paling cocok adalah wisata alam. Tapi ingat, wisata alam di sini sangaaat berbeda dengan wisata alam di tempat lain.

Soalnya, objek wisata di sini dikelola dengan baik sehingga menarik para wisatawan dalam dan luar negeri untuk ngeluyur ke tempat ini.

BACA :   44 Tempat Wisata di Nias Selatan yang Masih 'Perawan'

Untuk lebih detailnya, berikut ini min sharingkan satu per satu sebagai berikut:

51. Air Terjun Aek Sijornih

air terjun di tapanuli selatan

Pemandangan air terjun ini sangat bikin min speechles. Beneran, coba aja kaka pandangin dengan seksama.

Subhanallah, air terjun betul-betul mengagumkan.

Nah, meski tampa seperti dimodifikasi, tetapi air terjun ini terjadi secara alami. Lalu dimanage oleh manusia secara profesional sehingga lebih menarik dan memiliki daya tarik.

Dengan ketinggian 10 meter, air terjun ini memiliki dua aliran. Satu aliran diarahkan ke parit, dan satunya lagi dialihkan ke penampungan kolam sehingga para wisatawan bisa berenang. Wooow!

Kalau kaka kepo dan pengen banget ke sini, silahkan berangkat dari Padang Sidempuan pake angkot atau motor. Durasinya paling 1 jaman.

  • Alamat : Desa Aek Libung, Kec. Sayur Matinggi, Kab Tapanuli Selatan
  • Tiket Masuk : Rp. 15.000
  • Parkir Kendaraan : Rp. 5000

52. Air Terjun Silima-Lima

air terjun di tapanuli selatan

Bagi kaka yang ingin membuktikan kekesatriaannya, cobalah datang ke air terjun ini. Soalnya trek menuju tempat ini sangat berkelok dan cukup sulit.

Bagi sang pendaki yang sudah terbiasa, tempat ini bisa jadi akan jadi trek favorit selama perjalanan.

Setiba di lokasi, kaka juga akan menyaksikan air terjun yang sangat elok dan molek. mirip gadis desa yang indah dipandang. Hmmm

Selain itu, air terjun ini juga memiliki curah air yang sangat deras yang menimpa bebatuan dan mengairi kolam alami. Min yakin, di tempat ini kaka bakal santuy dan pewe.

  • Alamat : Kec. Marancar Kab. Tapanuli Selatan
  • HTM : Rp. 15.000

53. Air Terjun Sitimbulan

air terjun di tapanuli selatan

Air terjun ini memang tidak terlalu besar dan tidak seindah air terjun sebelumnya. Tetapi terdapat kelebihan pada kolamnya yang luas dan berisi air jernih.

Kolam renang alami ini bisa kaka jadikan tempat berenang sebagaimana kebiasaan para wisatawan kalau nyantuy di sini.

BACA :   10 Tempat Wisata di Batu Bara Sumut Terpopuler

Selain itu, pemandangan di sekitar juga asri banget dan udaranya sejuk nian. So, bagi kaka2 yang lagi galau, min rekomendasikan untuk nyebur ke kolam ini. Sejuuk dan bikin plooong 🙂

  • Alamat : Desa Haunatas, Kab. Tapanuli Selatan
  • HTM : –

54. Danau Siais

wisata alam di tapsel

Kalau dibanding dengan Danau Toba, memang danau ini kalau pamor. Tetapi jangan salah, pemandangan di sini juga fotogenik banget dan viewnya langka ditemukan.

Waktu min jelajahi tempat wisata di samosir min terkesima dengan berbagai keindahannya, tapi min belum nemuin danau semodel ini.

So,, coba kunjungi tempat ini lalu abadikan dalam sebuah jepretan kamera. posting di media sosial dengan caption #DanauMolek misalnya, min yakin gambar tersebut bisa jadi booming. 

  • Alamat : Desa Rianiate, Kec Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan
  • HTM : Rp. 10.000

55. Kawah Haritte Sibual-Buali

wisata alam di tapsel

Kawah ini sangat cocok bagi kaka penyuka fotografi. Soalnya kawah ini bisa dijadikan backround perfotoan yang senang dengan tema alam.

Bisa kaka bayangkan tuh, bebatuan tebing dan air kawah menyatu dengan pesona alam terutama pepohonan hijau di seklilingnya.

Ambil dengan sudut kamera yang fokus agar menjadi sebuah booming. 🙂

  • Alamat : Ginung Sibual-Buali Tapanuli Selatan

56. Sungai Parsariran

wisata alam di tapsel

Tempat ini termasuk objek wisata alami yang terbilang lumayan apalagi dompetable banget karena tanpa biaya.

Kendati demikian, di sini kaka bisa menikmati derasnya air sungai sehingga ketika kaka berendam, kaka akan merasakan sensansi hantaman air.

Selain itu, kaka juga bisa duduk-duduk santuy di tepi sungai sembari menikmati indanya alam sekitar.

  • Alamat : Jl. Raya Lintas Barat Sumatra, Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan

57. Air Terjun Siondop

air terjun di tapanuli selatan

Min lumpa, hampir kelewat. Ya, air terjun ini termasuk objek wisata alam yang kudu kaka sambangi. Keindahan yang dimilikinya bisa memikat siapa saja yang melihatnya.

BACA :   10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Sumut (Update 2020)

Curahan debit airnya sangat besar, tinggi, putih, dan kolamnya cukup besar.

Di tempat ini kaka bisa menghirup udara segar sembari mendengarkan suara deburan air yang menghantam bebatuan.

Cocok banget dah buat yang lagi galau mah:)

  • Alamat : Desa Pardomuan Kec. Siais Tapanuli Selatan

58. Bukit Tor Simago-Mago

wisata alam di tapsel

Ini adalah sebuah bukit yang memiliki hamparan hijau dengan dilengkapi pepohonan yang menyejukkan mata.

Di samping itu, keberadaan kali yang memebelah kawasan berselimut rindangnya pohon juga semakin menambah kemolekan Tor Simago-Mago.

Bisa dibayangkan kalau kaka berada di sini sembari duduk santuy menghirup udara segar dan memandangi alam nan mempesona.

Terlebih lagi tempat ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas seperti berkuda dan permainan anak-anak. Boleh dikata, tempat ini adalah objek wisata keluarga terrecommended di TapSel.

59. Aek Sabaon

wisata alam di tapanuli selatan

Bagi kaka yang ingin mencharge matanya, kaka bisa kunjungi tempat ini. Soalnya wisata ini memiliki hamparan danau dan pepohonan hijau yang bisa menyegarkan pandangan.

Ditambah lagi keberadaan bangku-bangku taman sebagai tempat beristirahat dan bersantuy-santuy manja.

Belum lagi pemandangan bukit Barisan yang bakal bikin kaka klepek-klepek. Kalau kaka betah dan pengen berlama-lama, kaka juga nggak perlu khawatir karena di tempat ini sudah tersedia tempat penginapan.

60. Pemandian Air Panas Aek Nabara

wisata alam di tapsel

Kalau kaka sudah lelah menjelajahi setiap jengkal tanah Tapanuli Selatan guna melacak tempat-tempat wisata, kaka bisa mampir ke tempat pemandian ini untuk menyegarkan badan.

Karena terbuat dari mata air dan kolam alami, maka air panas ini sangat recommended banget buat kaka karena memiliki khasiat kesehatan.

Selain itu, panorama di sekitarnya juga bisa menghipnotis kaka.

Demikian sejumlah tempat wisata di TapSel terpopuler yang bisa min sharing kan. Semoga bermanfaat ya…..selamat berliburrrrr!

Baca Juga :

Tempat Wisata di Serdang Bedagai Sumut Terkece

Leave a Reply