10 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Terbaru

Tempat Wisata di Tapak Tuan – Kaka travelers yang baik hatinya, tempat ini merupakan penjelajahan terakhir yang min lakukan terkait destinasi wisata di aceh.

Min udah lelah dan min udah puas mengetahui hampir seluruh tempat wisata yang ada di Aceh. Kalau kaka gimana? masih ingin melancong ke pelosok-pelosok di Aceh?

Kalau masih kepo silahkan aja touring ya, nanti bagi-bagi cerita ke min. Hehe

Coz kalau min sendiri, min mau beralih ke provinsi lain seperti Bengkulu mungkin, atau tempat lain yang ada di Sumatra.

Khusus yang terakhir ini min akan sodorkan ke kaka sekalian sejumlah pariwisata di Tapak Tuan Aceh Selatan yang super kece ini.

Kota Tapak Tuan

Kota tapak tuan merupakan sebuah ibu kota dari pemerintahan kabupaten Aceh Selatan.

Sebagaimana lazimnya ibu kota, tempat ini juga termasuk tempat yang ramai karena memiliki magnet tersendiri pada bebera bidang.

Salah satunya adalah magnet pariwisata. Di sini ada sekian tempat wisata yang iconic dan fotogenik yang layak buat kaka kunjungi.

Terlebih lagi, daerah yang disebut kota “Taluak” oleh suku Aneuk Jamee ini memiliki makanan khas yang pengunjung pada kepo. Namanya kue Pala.

Nah, dari puluhan tempat wisata yang ada min hanya ingin sharingkan 10 saja. Ini pun tempat paling kece, paling rame dan paling populer.

Daftar Tempat Wisata di Tapak Tuan

Seperti yang min katakan, di sini ada banyak tempat wisata dengan berbagai jenis. Tetapi umumnya didominasi oleh wisata pantai.

Meski kaka agak bosan karena lagi-lagi pantai, tetapi jangan khawatir ka. Coz pantai-pantai di sini agak berbeda dengan pantai lain.

BACA :   67 Tempat Wisata di Jantho Aceh Besar Terbaru (Update 2020)

Hal itu bisa kita lihat dari aspek keindahan dan keekslusifannya. Memangnya seperti apa sih tempat wisatanya? berikut ini min uraikan satu per satu :

1. Pulau Dua Bakongan

pantai di tapak tuan

Tempat wisata terkece pertama yang kudu kaka sambangi adalah Pulau Dua Bakongan.

Pulau ini berada di bagian timur aceh selatan yang radiusnya sekitar 45 km dari kota Tapaktuan.

mengapa dinamai pulau dua? jawabannya sederhana, ya karena pulau ini ada dua dan jaraknya berdekatan. Oleh para nelayan, tempat ini sering dijadikan tempat beristirahat.

Nah kalau kaka ke sini, nanti kaka bisa melakukan beberapa kegiatan seperti camping, memancing, bahkan snorkeling di sekitar pulau.

Bisa dibayangkan tuh betapa indahnya pesana bawah laut ini….

2. Pantai Bidari Samadua

pantai di tapak tuan

Pantai ini memiliki kelebihan pada bentuk pasirnya yang berwarna putih dan halus. Kalau kaka ke sini, kaka bisa menikmatinya sambil berjalan di pesisir pantai.

Dengan suasana yang santuy karena angin bertiup sepoy-sepoy, min yakin kaka bakal betah selama di sini.

Ditambah lagi air lautnya biru banget ka, itu kan petanda kalau laut ini bersih nyaris tanpa kotoran.

Belum lagi soal ombak yang landai dan awan yang bervariasi, uuuh semakin menambah keindahan pantai.

Sementara soal fasilitas, di sini sudah ada warung makan dengan berbagai menu ikan laut, dan beberapa spot sebagai tempat bersantai ria.

Oh iya, lokasinya sendiri berada di kec Samada Aceh Selatan.

3. Tapak Tuan Tapa

pantai di tapak tuan aceh

Bukan hanya legenda, ternyata kisah tapak tuan tapa juga memiliki jejak yang bisa dikunjungi hingga saat ini.

Tapak tuan tapa adalah sebuah bentuk tapak kaki yang besar di atas batu karang yang lokasinya berada di pesisir pantai.

untuk mencapainya, dibutuhkan effort yang keras karena harus melewati perbukitan gunung dan cadas karang yang agak licin.

oleh sebab itu, ketika kaka melalui jalan ini, kaka kudu super hati-hati agar jangan sampai terpeleset dan jatuh.

BACA :   10 Tempat Wisata di Dairi Sumut Terbaru (Update 2020)

Meski demikian, semua jerih payah ini akan terbayar ketika kaka sampai di tempat tujuan. Pasalnya keindahan di sekitar tapak tuan tapa sangat mempesona.

Di samping kebahagian karena telah melihat langsung bentuk fisik tapak tuan tapa tersebut, kaka juga akan dibuat takjub dengan pemandangan sekitar.

4. Air Terjun Tingkat Tujuh

wisata tapak tuan

Tak jauh dari pusat kota Tapak Tuan terdapat sebuah air terjun yang langka, yaitu air terjun tingkat tujuh.

Mengapa dinamai tingkat tujuh?

tentu saja karena air terjun ini memiliki tujuh tingkat. Pada setiap tingkatnya bisa anda lalui dan semakin tinggi semakin sulit.

untuk mengakses wisata alam yang super unik ini, kaka tak akan kesulitan, hal itu karena lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Tapak Tuan, durasinya sekitar 10 menti.

Dengan demikian, tempat yang satu ini jangan sampai kaka lewatkan yaw…

5. Pantai Lhok Mamplam

wisata tapak tuan

Pantai Lhok mamplang termasuk destinasi wisata yang kudu kaka kunjungi. Kelebihan yang ditawarkan adalah pemandangannya yang romantis.

Terutama di kala senja, kaka akan semakin menyaksikan keromantisan suasanya. Apalagi kalau kaka naik ke bukit, wah keindahannya semakin menawan.

6. Pantai Lhok Nibong

wisata tapak tuan

Pantai Lhok Nibong terletak di kec. Meukek Aceh Selatan. pantai ini terkenal dengan julukan pantai laskar pelangi punya Aceh Selatan.

Dengan jarak sekitar 32 km dari pusat kota Tapak Tuan dan durasi 30 menitan, pantai ini sangaaat mudah untuk di akses.

Adapun kelebihannya, tiada lain karena pantai ini masih asri, asli, alami dan super eksotis bangeed.

Ditambah lagi dengan adanya deretan bukit yang berbaris mengelilingi pantai, semakin menambah keindahan pantai.

hanya saja ada kekurangannya yang perlu kaka ketahui, yaitu di pantai ini masih minim fasilitas umum. itu ajah

7.  Pantai Ujong Nibong

pantai di tapak tuan

Pantai ini berdampingan dengan pantai Lhok Nibong. Karena itu, ketika kaka mengunjungi pantai Lhok Nibong, sebaiknya kaka arahkan sedikit langkah kakinya menuju pantai ini.

BACA :   10 Tempat Wisata di Nagan Raya Aceh Terbaru (Update 2020)

memangnya ada apa?

satu saja kelebihannya, yaitu memiliki pemandangan yang super kece. pokoknya tak kalah deh dengan pulau laskar pelangi di Belitung.

8. Tapak Tuan Taman Pala

taman di tapak tuan

Berada di pinggir pantai gampong pasar, tempat ini menjadi destinasi favorit warga sekitar untuk jalan-jalan sore.

Terlebih lagi di tempat ini ada tempat untuk kegiatan panjat tebing. bisa dibayangkan tuh, sore-sore yang adem itu kaka jalan-jalan sore bareng si doi…wooow

9. Puncak Gemilang

bukit di tapak tuan

Lagi-lagi, setelah kaka bosan dengan destinasi pantai, itu berarti kaka harus mulai pindah ke destinasi wisata perpuncakan alias perbukitan.

Dengan lokasi di kec. Tapak Tuan Aceh, tempat ini menjadi tempat populer di kalangan muda mudi untuk dikunjungi setiap akhir pekan.

Kalau kaka ke sini, min yakin kaka bakal betah bersantuy-santuy di atas kursi kayu sembari memandangi luasnya alam dan laut. Wah,,,,indah banget dah.

10. Masjid Istiqamah Tapak Tuan

wisata tapak tuan

Setelah lelah menelusuri setiap sudut tempat wisata di Tapak Tuan, alangkah baiknya kaka juga mampir sejenak ke masjid ini.

Di samping untuk istirahat dan mengecarge hati, di sini juga kaka bisa menikmati indahnya alam sekitar. Perbukitan, pepohonan dan udara yang sejuk merupakan andalan yang menjadi daya magnet yang menarik para wisatawan.

Demikian ke 10 destinasi wisata di tapak tuan yang bisa min sharingkan. Semoga kaka merasa puas. Kalau pun belum, mungkin kaka perlu untuk jelajahi lagi tempat wisata di takengon yang juga banyak mengusung wisata alam.

Saran min, kalau kaka ke tempat – tempat wisata di aceh, sebaiknya kaka perhatikan etika, tujuannya agar jangan sampai orang-orang di sekitar merasa terganggu dengan pola tingkah laku kita.

Meskipun tempat wisata yang kita kunjungi merupakan wisata alam yang jauh dari warga, tetapi tetap saja kaka harus perhatikan lingkungan sekitar.

Ketika berkunjung ke tempat wisata nagan raya misalnya, min saraaaaan banget agar jangan sampai kaka membuang sampah sembarangan.

Leave a Reply