20 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Kepri Paling Hot [2020]

Tempat Wisata di Tanjung Pinang – The travelers yang always cool, gimana kabarnya? apakah kaka-kaka udah menjelajahi semua tempat wisata di Kepri? hmm..kalau belum, ayo ikut min ke Tanjung Pinang.

Tempat wisata di sini tuh kece banget dan sangat cucok buat refreshing saat liburan.

Di samping seribu satu objek wisatanya yang memang bisa bikin kebetahan, Tanjung Pinang juga merupakan ibukota dari Kepulauan Riau sehingga secara sarana dan prasarana, di sini sudah terbilang kumplit.

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Tanjung Pinang

Karena daerah kepulauan, tentu saja objek wisata di sini masih didominasi oleh wisata pantai.

Tetapi jangan salah, ada juga loh tempat wisata sejarah, budaya, religi dan bahkan kuliner.

untuk lebih visualisasi, berikut min sharingkan sejumlah tempat wisata di Tanjung Pinang paling romantis.

1. Pulau Penyengat

wisata pantai di tanjung pinang

Kenapa dinamai pulau penyengat? hmm. konon dulunya ada pelaut yang sering mampir ke pulau ini untuk mengambil air tawar.

Suatu waktu, ketika mereka singgah tiba-tiba ada kawanan tawon yang datang untuk menyengat mereka.

Akhirnya mereka pun menamai pulau tersebut dengan pulau penyengat.

Selain itu, ada juga cerita lain di balik pulau yang super kece itu. Yaitu, pulau ini merupakan hadiah perkawianan dari seorang Sultan Mahmud Syah kepada istrinya, Engku Puteri Raja Hamidah tahun 1803.

BACA :   16 Tempat Wisata di Rokan Hulu Riau Terbaru (Update 2020)

Kemudian raja dan istrinya tersebut tinggal di sini sehingga lambat laun banyak yang berdatangan dan semakin ramai.

Kemudian kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang yang dipimpin oleh sultan tersebut memidahkan pusat pemerintahannya ke pulau ini.

Makanya, tempat ini tuh penuh dengan nuansa sejarah banget.

Kalau kaka ke Tanjung Pinang, sempatkanlah mampir kemari.

Jaraknya cuma 2 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Kaka bisa nyebrang ke sini via perahu yang ongkosnya cuma Rp. 10.000.

2. Bukit Kursi di Pulau Penyengat

wisata budaya tanjung pinang

Selain soal asal usul pulau penyengat yang bisa kaka telusuri selama di sini, kaka juga bisa menikmati objek wisata bukit kursi berupa benteng peninggalan kerajaan melayu.

Di bukit yang cukup fotogenik ini kaka bisa membidik segala sudut dengan camera kaka. Apalagi di sini masih terdapat meriam bekas dahulu kala, bisa sekalian buat background.

3. Pantai Impian

wisata pantai di tanjung pinang

Seperti yang min katakan di atas, Tanjung Pinang itu didominasi oleh objek wisata pantai. Dan salah satu yang eksotis banget adalah pantai Impian.

Di pantai ini kaka bisa melepaskan segala beban hidup sehingga terasa plong.

Dengan dandanan pasir putih halus nan cantik, ombak yang landai dan ramah, angin sepoy-sepoy dan suasana yang tenang bakal mampu memanjakan liburan kaka selama di sana.

Belum lagi keberadaan sejumlah resort berbintang, semakin menambah rasa betah liburan kaka di sini.

4. Gurun Pasir Busung

wisata alam tanjung pinang

Gurun pasir busung seperti pemandangan di timur tengah. Tempat ini cantik dan tentunya fotogenik banget.

Sepintas seperti alami tetapi ternyata gurun ini terbentuk akibat dari bekas benambangan bauksit.

Hanya saja, karena tempat ini belum dikelola maka belum banyak pengunjung ke sini. Padahal mah min yakin kalau kaka ke sini pasti kameranya bakal kegatelan. Hikss

5. Tugu Pensil

tugu sejarah di tanjung pinang

Tugu pensil adalah simbol keberhasilan kepri dalam memberantas butah huruf. Kegiatan itu dilakukan sejak tahun 1960 an.

BACA :   26 Tempat Wisata di Batam Paling Seru [2020]

Untuk mengenang perjuangan tersebut, dibangunlah sebuah monumen dengan bentuk pensil.

So, kalau kaka mau tahu lebih dalam, silahkan berkunjung ke tempat ini. Di samping memiliki nilai sejarah, tempat ini juga selfieable banget loh.

6. Tepi Laut

snorkeling di pantai tanjung pinang

Sepanjang jl H. Agus Salim – Jl Hang Tuah – Jl Samudera kaka akan dihadapkan pada tepi laut yang memukau.

Di sepanjang ini, para wisatawan biasanya berhenti untuk sekedar menikmati sensasi.

Karena ramainya para pengunjung, maka di sekitarannya pun dibangun berbagai tempat kuliner dan resort-resort tempat penginapan.

7. Tasik Divers Bintan

snorkeling di pantai tanjung pinang

Sekedar info, jika kaka termasuk pecinta snorkeling dan diving, mungkin kaka kudu nyoba ngeluyur ke tempat ini.

Pemandangan terumbu karang di sini masih alami banget dan masih banyak ditempati oleh biota laut. Indah banget.

Maka dari itu, para pengunjung biasanya betah berlama-lama untuk melakukan kegiatan snorkeling.

8. Danau Biru Bintan

wisata alam tanjung pinang

 

Danu biru meurpakan danau buatan yang lokasinya berada di area pertambangan.

Kalau wisatawan ingin kemari, mereka tak perlu merogoh goceh karena memang belum dikomersilkan.

Tapi soal keindahan, menurut min recommended banget buat kaka mah.

9. Jembatan Dompak

pemandangan terindah di tanjung pinang

Mirip dengan jembatan Suramadu yang menghubungkan surabaya dan madura, maka jembatan dompak juga menjadi penghubung antara pulau dompak dengan tanjung pinang.

Diresmikan tahun 2017, akhirnya jembatan ini sangat iconic dan seringkali dijadikan tempat berfoto oleh para pengendara.

10. TRC Wisata Mangrove

hutan mangrove di tanjung pinang

Ingin lebih santuy dan tenang lagi? sebaiknya kaka jalan-jalan ke hutan mengrove yang satu ini.

Selain pemandangannya yang super kece, hutan mangrove ini juga terletak di pinggir pantai berpasir putih sehingga semilir angin sepoy-sepoy akan semakin memanjakan kaka.

11. Treasure Bay Bintan

Treasure Bay Bintan

Tempat ini merupakan resort mewah nan luas. Di dalamnya kaka bisa menikmati sejumlah kegiatan seperti berkemah di tenda ekslusif, bermain di pantai buatan yang panjang, water sport bahkan naik pesawat mini.

BACA :   25 Tempata Wisata di Bengkalis Riau Paling Fotogenik

Karena ekslusif, kaka harus siap-siap ya dengan dananya. Hiks.

12. Masjid Raya Dompak

wisata religi di tanjung pinang

Kalau udah bosan dengan semua tempat wisata di sini, cobalah kaka berkunjung ke tempat spiritual. Barangkali sudah saatnya kaka ngecharge keimanan.

Meskipun iman bisa dijumpai dan dinaikkan di mana saja, tapi kadangkala perlu lingkungan mendukung untuk sempurna merenung.

Nah, kalau di dompak, salah satunya ya masjid yang megah ini.

13. Masjid Raya Sultan Riau

wisata religi di tanjung pinang

Selain dompak, kaka juga bisa ngeluyur ke masjid sultan riau yang merupakan peninggalan kesultanan riau masa silam.

Menurut khobar yang min baca, konon masjid ini juga merupakan masjid tertua di Indonesia. Bener nggak ya?

Ada satu hal yang unik tentang masjid ini, katanya material perekat yang digunakan untuk membangun mesjid adalah putih telor. Waaah kok bisa yaaa

14. Pantai Trikora

wisata pantai di tanjung pinang

Meski pantai trikora terletak agak jauh dari pusat kota tanjung, tetapi pantai ini tak sepi dari pengunjung.

Dengan adanya hamparan pasir, kumpulan granit dan birunya laut, kesemua itu menjadi alasan mengapa travelers mau nongkrong di tempat ini.

So, jika kaka berada di kepri, maukah kaka datang ke tempat ini? mau min temeninnnnn????????

15. Jembatan Sei Carang

wisata alam tanjung pinang

Jembatan ini merupakan penghubung antara tanjung pinang dengan bugis dan dengan senggaran.

Kalau kaka ke sini di waktu malam, kaka akan menyaksikan gemerlap lampu warna-warni yang memberikan kesan roamantizzz.

16. Gedung Gonggong

wisata di tanjung pinang

17. Balai Adat Indera Perkasa

wisata budaya tanjung pinang

18. Masjid Pink

wisata religi di tanjung pinang

19. Bukit Panglong

wisata alam tanjung pinang

20. Taman batu 10

taman di tanjung pinang

Demikian ke 20 destinasi wisata pilihan di kabupaten Tanjung Pinang yang bisa min sharingkan ke kaka-kaka. Terima kasih udah baca curhatan min ya. byeeeeee

Leave a Reply