014 Tempat Wisata di Sarolangun Jambi Paling Viral (BARU 2020 Update)

Tempat Wisata di Sarolangun – Dears kaka travelers, sudah bersiap melanjutkan perjalanan keliling Jambi? Yaps, kali ini kita melipir bareng ke kabupaten Sorulangun ya.

Sorulangun adalah salah satu kabupaten di Jambi dengan luas yang cukup besar yaitu 6.174 km persegi. Luasnya wilayah ternyata berbanding lurus dengan potensi destinasi wisatanya, ka.

Ada banyak tempat wisata yang berpotensi untuk dikembangkan oleh pemprov setempat. Yang saat ini masih belum banyak yang dikembangkan sebaik mungkin. Bahkan ada yang akses perjalanannya masih sangat sulit padahal memiliki panorama yang indah dan alami.

Kuylah kita mulai perjalanan berkeliling Sarolangun yah, ka. Semoga bisa jadi pilihan destinasi wisata seru dan menarik bagi kaka-kaka travelers.

1. Air Terjun Narso

Air Terjun Narso

Air terjun Narso ini berlokasi di kecamatan Batang Asai. Sekitar 92 km dari kota Sarolangun. Ini adalah air terjun yang memiliki ketinggian 45 meter.

Cukup tinggi juga yah, ka. Berhati-hatilah karena airnya cukup deras. Namun soal pemandangan, beeuuuh mantaap ka. Gak rugi kunjungan ke air terjun ini.

Kunjungan kaka kesini akan disambut dengan suasana penuh ketenangan dan keromantisan. Sungguh, sangat cocok bagi kaka yang sedang butuh kesunyian dengan nuansa panorama alam yang segar.

Jangan lupa banyak tarik nafas ya, ka. Supaya oksigen segar bisa banyak masuk ke dalam tubuh.

2. Air Terjun Telun Seluro dan Makam Keramat

Air Terjun Telun Seluro dan Makam Keramat

tempat wisata alam di Sarolangun jambi terpopuler

Air terjun ini berlokasi di Desa Raden Anom, kecamatan Batang Asai, Sarolangun. Air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini menarik untuk kaka kunjungi, loh.

BACA :   10 Tempat Wisata di Kerinci Jambi (BARU 2020 Update)

Panorama yang masih sangat alami, menyuguhkan kesegaran natural dan unik. Apalagi terdapat batuan yang menjadi dinding air terjun. Menambah suasana menjadi semakin eksotis.

3. Air Terjun Telun Tujuh

Air Terjun Telun Tujuh

Jika kaka berjalan ke Desa Bukit Berantai, kecamatan Batang Asai, Sarolangun, maka kaka akan mendapati air terjun cantik dengan suasana yang sangat asri dan sejuk.

Yaps, tempat ini bernama Air Terjun Telun Tujuh. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat air dengan bebatuan besar yang bisa kaka pijak dan diami.

Rasakanlah suasana menyegarkan penuh kesunyian dan kesejukan. Sepulang dari sini badan kaka akan semakin fresh dan bisa semakin produktif kembali.

4. Bukit Tempurung Garden

Bukit Tempurung Garden

Bukit Tempurung Garden berlokasi di Desa Lubuk Bangkar, kecamatan Batang Asai, kabupaten Sarolangun, Jambi.

Perjalanannya sekitar 90 km dari pusat kota Sarolangun. Kaka dapat menempuhnya selama 3 jam dengan motor.

Jika kaka menempuh perjalanan dengan mobil malah akan semakin lama, karena kondisi jalanan terjal, harus mendaki perbukitan dan melalui aspal keriting yang membuat kondisi mobil kaka harus dipastikan selalu aman.

Di bukit ini kaka bisa memandang pemandangan Sarolangun dari ketinggian. Bisa juga kemping juga melakukan beragam aktivitas menarik seperti memanah atau olahraga outbond.

5. Tepian Cik Minah

Tepian Cik Minah

Tempat ini tepat berada di kota Sarolangun. spesifiknya berada di tepi sungai Tembesi depan rumah dinas Bupati.

Kaka bisa bersantai disana bersama keluarga sambil menikmati sunset di tepian sungai Tembesi. Panoramanya memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak pengunjung yang ramai berdatangan hanya sekedar untuk duduk-duduk santai di sana.

6. Goa Calau Petak

Goa Calau Petak

Goa Calau Petak adalah tempat favorit bagi warga dan wisatawan daerah yang berada di Kecamatan Limun, Sarolangun.

BACA :   10 Tempat Wisata di Tebo Jambi, Bikin Betah Nggak Mau Pulang

Goa ini panjangnya 1,68 km. Wow, panjang sekali yah. Cocok sekali untuk kaka yang mau menguji kehebatan adrenalin. Tapi jangan salah, kondisi di dalam gua menyajikan pemandangan yang unik dan seru.

Kaka dapat menikmati panorama stalagtit dan stalagnit yang semakin memperindah goa. Cantik sekali jika dijadikan sebagai spot foto untuk kaka berselfie.

Pengelolaannya masih secara adat meskipun sudah ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan.

7. Danau Biaro

Danau Biaro

Danau Biaro terletak di Desa Lindung. Sekitar 5 km dari kota Sarolangun. Luasnya sekitar 3 hektar dengan kedalaman sekitar 1,5-5 meter.

Kawasan ini menawarkan panorama pemandangan yang cantik dan asri. Terdapat hutan lebat di sekitarnya menambah kesejukan suasana.

Kabar gembira juga, selain menikmati panorama, kaka juga dapat tracking dan memancing di kawasan ini.

8. Danau Kaco

Danau Kaco

Ini adalah danau yang cukup digemari oleh anak muda di akhir pekan. Dikenal dengan sebutan Danau Kaco.

Lokasinya di Desa Sungai Karadak. Sekitar 92 km dari kota Sarolangun. Untuk bisa ke tempat ini, kaka harus melakukan perjalanan memakai perahu tempek atau motor tempel menelusuri sungai Batang Asai. Waktu yang ditempuh sekitar 2,5 jam. Setelah itu, lanjut dengan berjalan kaki selama 3 jam.

Kurang dari 1 km sebelum sampai di pinggir danau kaka bisa melihat pemandangan hamparan batu kaca yang mengeluarkan cahaya bersinar terkena matahari. Keren banget yah suasananya.

9. Panorama Bukit Rayo

Panorama Bukit Rayo

Bukit Rayo ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini, kaka dapat menikmati hamparan panorama cantik desa dan sawah-sawah yang membentang.

Ada juga lembah sungai Batang Asai dihiasi dengan batu-batuan besar.

Menambah keeksotisannya, gugusan pegunungan bukit barisan menjadi latar pemandangan di sebelah barat dan selatan bukit.

Pemandangan yang indah. Kaka bisa mengajak pasangan untuk mendapatkan suasana romantis ini. Lokasinya di desa Tambak Ratu, kecamatan Batang Asai, Sarolangun.

BACA :   10 Tempat Wisata di Muaro Jambi (Sengeti) BARU Update 2020

10. Taman Nasional Bukit Dua Belas

Taman Nasional Bukit Dua Belas

Kawasan ini sudah diresmikan sebagai cagar biosfer, juga sebagai kawasan pengembaraan Suku Anak Dalam alias Orang Rimbo.

Yaitu orang-orang yang hidupnya nomaden di dalam hutan rimba. Populasinya sekitar 900-1000 jiwa.

Lokasinya terdapat di kecamatan Pauh. Dengan arealnya seluas 60.500 hektar.

11. Batu Bersurat Prasasti Karang Berahi

Batu Bersurat Prasasti Karang Berahi

Ini adalah destinasi wisata sejarah. Yaitu prasasti bersejarah yang ada kaitannya dengan Kerajaan Melayu Jambi dan Sriwijaya.

Berlokasi di Desa Karang Berahi, kecamatan Pemenang, Sarolangun.

12. Sungai Batang Asai

Sungai Batang Asai

Sungai ini menjadi favorit para pecinta rafting dan canoing. Ini adalah sungai arus deras dengan bebatuan yang menjadi penghias di sepanjang 90 km.

Kerennya, tempat ini juga pernah digunakan sebagai arena pertandingan arum jeram internasional. Owwh, seruu.

Kaka jika ingin berpetualang arum jeram bisa melipir kemari yah. Lokasinya hanya 110 km dari kota Sarolangun, tepatnya di kecamatan Batang Asai.

13. Ancol Sarolangun

Ancol Sarolangun

Ancol Sarolangun bisa terbilang tempat modern di Sarolangun. Terletak di sekitar jembatan Beatrix, yaitu tempat dimana sungai Besi berada.

Pemandangannya sangat romantis apalagi jika di malam hari. Kuylah merapat kemari ka, jangan lupa ajak teman-teman untuk nongki-nongki bareng.

14. Jembatan Beatrix Sarolangun

Jembatan Beatrix Sorolangun

Jembatan Beatrix sangat indah sekali jika di malam hari. Dihiasi dengan balutan lampu berwarna warni yang sengaja dipasang di sekitar jembatan.

Biasanya jembatan ini menjadi akses lalu lintas yang berada di atas sungai Besi, Sarolangun.

Ini adalah jembatan kebanggan masyarakat Sarolangun yang kegunaannya ada 2. Yaitu sebagai akses lalu lintas, juga sebagai destinasi wisata bagi para pengunjung yang ingin menikmati kehangatan malam.

Wah, perjalanan kali ini mengelilingi Sarolangun berkesan sekali yah, ka. Tapi min berharap semoga destinasi wisata di Sarolangun ini dikembangkan lebih optimal oleh pemprov setempat. Supaya lebih kece badayyyyy.

Leave a Reply