Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Romantis

Meski pandemi belum berakhir total, tetapi pasca pengumuman new normal, beberapa tempat wisata di puncak Bogor dibuka kembali.

Bagai pelancong yang tengah kehausan, kira-kira seperti itulah travelers yang sudah bete di rumah akibat ‘lokdon’.

Karena itu, pengumuman new normal seakan-akan air tawar yang membuat mereka ‘bringas’ untuk segera traveling ke sejumlah objek wisata.

Salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi adalah wisata puncak. Ya, tempat ini masih menjadi objek wisata favorit di kalangan penduduk Jabodetabek.

Selain jarak yang tidak begitu jauh, puncak juga memiliki daya tarik lain terutama pemandangan yang menawan dan juga ada banyak hal yang bisa dilakukan termasuk outbond.

Daftar Tempat Wisata di Puncak Bogor

Tentu saja ada banyak objek wisata yang bisa kaka sambangi. Kalau kaka nyari info daftar tempat wisata puncak di internet, mungkin saja ada yang sudah basi atau tidak diupdate.

Nah dari beberbagai tempat wisata yang mau min sharingkan ini, memang ada beberapa yang belum min kunjungi. Tetapi min berupaya menampilkan info yang se fresh mungkin.

Adapun yang udah min kunjungi, pasti datanya valid pada waktu itu. Tapi min mohon maaf jika ternyata sudah ada perkembangan terbaru.

Baiklah, berikut ini daftar terbaru tempat wisata di Puncak Bogor paling favorit.

1. Telaga Warna

foto telaga warna

Bagi kaka-kaka yang mau nyantuy, silahkan melipir ke telaga ini. Di sini suasananya sangat adem, pemandangannya hijau dan anginnya kenceng banget.

Di sekitar danau terdapat tebing-tebing menjulang tinggi dengan pepohonan rambat dan lebat. Oleh sebab itu tak heran jika terdapat banyak monyet liar di sekeliling danau.

Selain pemandangan yang cucok buat ngadem, di sini juga ada sejumlah fasilitas yang bisa kaka manfaatkan. Misalnya ada tempat parkir, tempat makan, mushala, toilet, rakit, ayunan, flying fox dan sebagainya.

Info Lengkap dan pengalaman min di Telaga Warna Puncak bisa lihat di sini

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 21.000
  • Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Jam operasi : 24 jam
  • Alamat : Puncak Rd No.KM 90, Telaga Warna, Desa Utara, Bogor, West Java 16750

2. Bukit Puncak Pass

pemandangan bukit puncak pass

Sewaktu melintasi puncak, mungkin kaka-kaka pernah melihat sebuah bukit tinggi yang dipenuhi tanaman teh, lalu kaka-kaka bertanya-tanya, tempat apakah gerangan?

Ceritanya waktu itu min lagi jalan-jalan bareng doi. Ketika melihat bukit ini, si doi penasaran pengen naik. Akhirnya min parkirkan motor di situ dan mulai ancang-ancang naik bukit.

Min sendiri nggak tahu apakah bukit ini punya nama atau tidak, yang jelas min namai bukit puncak pass saja karena memang tempatnya di sini.

Karena sebuah bukit, tentu saja tidak ada fasilitas umum di sini. Tetapi soal pemandangan, menurut min cocok banget buat nyantuy bareng doi.

Apalagi di bagian atas ada bangku-bangku kayu yang tersedia dan juga akar-akar tanaman teh yang udah besar dan tua. Area ini bisa kaka manfaatin buat ngajengjehe.

Selain itu, di bukit ini juga ada outbond flying fox, tetapi waktu min nggak nyobain karena fokus ‘macarin’ si doi yang udah sah jadi bini.

Oya min sendiri udah nulis lengkap tentang Bukit Puncak Pass ini. Silahkan buka aja linknya ya.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
  • HTM : Rp. 21.000
  • Alamat : Jalan Raya Puncak

3. De Ranch

berkuda di the ranch puncak

Kalau yang ini cocok buat wisata keluarga. Apalagi yang punya anak kecil yang sedang asyik-asyiknya berkembang.

Di tempat ini nanti dia bisa bereksplorasi dengan alam dan binatang.

Misalnya bisa naik kuda untuk mengelilingi kebun teh. Bisa juga menyaksikan pemerasan susu sapi. Hal seperti sangat penting diketahui si anak.

Selain kuda, ada juga hewan lain seperti kelinci dan sebagainya. Pokoknya cocok lah buat mereka beremain.

Adapun untuk orang tuanya, anda juga tak perlu khawatir karena di sini ada banyak hal yang bisa anda lakukan termasuk berkuda dan sebagainya, ada yang khusus buat dewasa.

Kemudian di sini juga menyediakan kostum pakaian Eropa abad pertengahan. Kalau anda pakai ketika naik kuda, uuuuuh sensasinya kece banget.

Ini info lengkap seputar De Ranch Puncak Bogor 

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000 (dapat bonus segelas susu segar)
  • Alamat : Jl. Raya Puncak, KM 75 Cisarua Bogor

4. Paragliding Bukit Gantole

paralayang bukit gantole

Bagi kaka yang pengen nguji adrenalin, kaka boleh melipir ke bukit yang satu ini. Nanti di sini kaka cobain paragliding atau paralayang.

Meski biaya terjun payung ini cukup menguras dompet, tetapi sensasi yang bakal kaka rasain akan mampu membayar semua yang kaka keluarkan.

Bisa dibayangkan tuh betapa indahnya melihat pemandangan puncak dari ketinggian.

untuk info lebih lengkap dan detail, min sudah tulis di situs ini juga. Silahkan kaka buka saja Paragliding Bukit Gantole Puncaknya ya.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 13.000 per orang
  • Biaya Terjun Payung : Rp. 350.000 (lokal) dan Rp. 400.000 (asing)
  • Alamat : Jl. Raya Puncak KM 87 Gunung Mas (300 meter dari masjid at-Ta’awun)

5. Taman Riung Gunung Puncak

suasana riung gunung puncak

Tak jauh berbeda dengan capture bukit puncak pass dan telaga warna, Taman Riung Gunung juga mengusung tema alam yang cocok buat kaka yang sedang galau.

Di sini kaka bakal disuguhkan pemandangan bukit yang aduhai menawan. Di samping itu, bukit di sini seakang berkumpul dan berjejer yang membuatnya semakin cuantik.

Selain pemandangan, di sini juga ada sejumlah kegiatan yang bisa kaka lakukan seperti flying fox, tea walk, terapi ikan dan juga berenang di kolam renang alami.

Bagi kaka-kaka yang hendak menginap juga jangan kuatir karena di sekitar sudah ada villa-villa yang bisa kaka sewa. Makanya menurut min mah cocok banget buat dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Hal yang berkaitan dengan objek bermain dan fasilitas, min sudah nulis di info Taman Riung Gunung Puncak secara lengkap. cek aja yaw.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
  • Parkir motor : Rp. 5.000
  • Alamat : Jl. Raya Puncak Desa Sepatan, Cisarua, Bogor

6. Agrowisata Gunung Mas

atv agrowisata gunung mas

Agrowisata Gunung Mas nampaknya masih menjadi objek wisata alam favorit di puncak. Hal itu bukan saja karena pemandangan khas puncak yang memang indah, tetapi di sini juga ada sejumlah kegiatan asyik yang bisa kaka lakukan.

Misalnya kaka bisa naik kuda untuk menyusuri kebun teh, kaka juga bisa bermain off road komodo dan atv, kaka juga bisa outbond dan sebagainya termasuk mengunjungi pabrik teh. seru kan?

Bagi orang-orang yang setiap hari hidup menghadapi hiruk pikuk Jakarta, tempat ini sangat pas buat melepas lelah dan penat.

Coba lihat fakta lengkap Agrowisata Gunung Mas seperti yang udah min tulis.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.500
  • Alamat : Jl. Raya Puncak km 87 Cisarua Bogor

7. Taman Safari

taman safari cisarua

Hingga saat ini Taman Safari masih jadi objek wisata favorit di kalangan pelajar khususnya dan para travelers pada umumnya.

Bukan saja wisatawan lokal dan dalam negeri, bahkan tempat ini sangat terkenal hingga luar negeri. Buktinya tidak sedikit bule-bule yang hobi ngeluyur ke sini.

Adapun kalangan pelajar, biasanya tempat ini dijadikan objek study tour dalam program tahunan mereka.

Ada banyak alasan mengapa jadi tempat favorit. Tetapi pada intinya karena di Taman Safari menyodorkan sekian banyak satwa dengan berbagai latar.

Ada satwa liar, jinak hingga buas. Semuanya bisa kaka saksikan secara langsung.

Uniknya lagi, satwa-satwa ini dibiarkan berkeliaran di alam bebas tanpa dikandangin. Sementara kaka hanya bisa menyaksikannya dari dalam mobil. Uuuh recommended banged deh.

  • Harga Tiket Masuk : [WEEKDAY Rp. 170.000 (anak-anak) dan Rp. 195.000 (dewasa)] [WEEKEND Rp. 210.000 (anak-anak) dan Rp. 230.000 (dewasa]
  • Jam Operasi : 08.00 sd 17.00 WIB
  • Alamat : Jl Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua Bogor

8. Kebun Raya Cibodas

kebun raya cibodas puncak

Dengan luas 80 hektar tempat ini sangat cocok buat kaka sambangi. Pemandangan yang hijau, lapangan yang bergelombang dan berbukit bakal menemani refrash mata kaka.

Di samping itu, kebun ini juga memiliki saving pohon-pohon tua yang usianya entah berapa tahun.

Jenisnya juga sangat beragam. Menurut penelusuran min, setidaknya ada 5.831 jenis tanaman bisa kaka temukan di sini.

Pokoknya tempat ini sangat cocok buat liburan keluarga karena ada nilai edukasi yaitu mengenalkan beraneka tanaman dan pohon ke anak-anak.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 16.500 per orang
  • Biaya Parkir Rp. 5.000
  • Jam operasional : 08.00 sd 17.00 WIB
  • Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

9. Taman Sakura

taman sakura cibodas

Selama di kebun raya Cibodas, kaka juga bisa melipir ke kebun ala Jepang yaitu Taman Sakura.

Di area ini kaka pasti menjumpai tanaman Sakura tersebut dalam keadaan tumbuh lebat karena berada di ketinggian 1.400 mdpl.

Tapi perlu dicatat, kalau kaka mau ke sini kaka harus tahu momennya karena bunga sakura hanya tumbuh mekar indah setiap tahun dua kali. Tepatnya pada bulan Januari hingga Februari dan juga bulan Juli ampe Agustus.

Jadi pastikan kalau berkunjung di waktu yang tepat ya.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 16.500 per orang
  • Biaya Parkir Rp. 5.000
  • Jam operasional : 08.00 sd 17.00 WIB
  • Alamat : Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

10. Rumah Kaca

rumah kaca cibodas

Selain pohon Sakura, kaka juga bisa sambangi Rumah Kaca yang berada di Taman Cibodas.

Di rumah ini kaka bisa menyaksikan berbagai jenis tanaman seperti anggrek dan kaktus.

Jika ditotal setidaknya ada 4.000 an contoh tanaman yang diantaranya ada sekitar 360 anggrek dan 350 kaktus. wow!

Selain itu kaka juga bisa menjumpai Bunga Bangkai yang kini hari sudah langka. Makanya kalau kaka ke sini jangan lupa bawa kamera yang bagus ya biar gambarnnya nggak ngeblur. hehe

11. Taman Bunga Nusantara

taman bunga nusantara

Tak kalah asyik dengan tempat wisata lain yang ada di Puncak, Taman Bunga Nusantara juga patut kaka sambangi.

Di tempat ini kaka menjumpai setidaknya 2000 an spesies anggrek. Woww. pasti kamera kaka nggak mau diem tuh. hiks

  • HTM : Rp. 30.000 
  • Alamat : Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

12. Masjid at-Ta’awun

masjid attaawun

Kalau kaka lelah selama menyusuri objek-objek wisata alam di puncak, sebaiknya kaka mampir dulu ke masjid yang satu ini.

Selain fungsi utama sebagai tempat ibadah, masjid ini juga kerap dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

Sewaktu min mampir ke sini min pikir masjid ini biasa saja sebagaimana masjid-masjid lain. Tetapi ternyata ada banyak hal yang beda daripada masjid umumnya.

Misalnya di bagian depan terdapat area nongkrong untuk menikmati keindahan puncak (tapi tidak untuk pacaran ya).

Pun di bagian belakang, terdapat sungai yang didesain dengan cantik sehingga menghasilkan suasana luar biasa.

Begitu juga dengan fasilitas yang tersedia. Di sini sampe ada tempat penginapan. Makanya kalau bulan Ramadhan tak sedikit orang yang beritikaf di sini.

  • HTM : Rp. 0
  • Biaya Parkir : Rp. 5.000 (motor) dan Rp. 10.000 (mobil)

13. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember

Sewaktu kaka jalan-jalan ke Puncak sebaiknya kaka juga mampir ke curug ini. Soalnya curug ini berada di permulaan jalur Puncak.

Untuk mencapainya, kaka harus menyusuri perumahan penduduk sebelum akhirnya sampai di gerbang curug yang cuantik ini.

Ketika sampai di gerbang, kaka juga harus berjalan kaki menyusuri hutan dengan capture jalan setapak.

Tapi jangan khawatir karena semua rasa lelah kaka akan terbayarkan dengan cantiknya curug ini. So, enjoy saja yaw!

Oya di sekitar curug juga ada area perkemahan. Kalau kaka mau, kaka perlu merogoh goceh Rp. 125.000 per malam untuk sewa tenda.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 6.000 per orang
  • Parkir motor : Rp. 5.000
  • Parkir mobil : Rp. 10.000
  • Alamat : Jl. Raya Puncak KM 15

14. Curug Panjang

curug panjang puncak

Selain Curug Cilember, kaka juga perlu melipir ke Curug Panjang yang lokasinya di daerah Megamendung.

Air terjun ini berasal dari aliran sungai Cirangrang yang masih adem. Makanya kalau kaka ke sini, pasti suasananya pengen berendam.

Karena curug ini memiliki area berenang, biasanya para pengunjung memanfaatkan momen ini. Tetapi pesan min agar kaka selalu hati-hati ya karena kolamnya cukup dalam.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang
  • Alamat : Megamendung Jl Puncak (20 km dari kota Bogor)

15. Curug Kembar

curug kembar puncak

Bagi pecinta hiking dan pendakian, curug kembar ini sangat cocok untuk kaka taklukkan.

Soalnya untuk sampai di curug ini kaka harus berjalan menembus hutan pinus yang cukup jauh.

Tetapi kaka tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan kaka akan mendapatkan suasana yang sejuk dan hijau.

Setelah sampai di lokasi, min yakin semua lelah kaka akan sirna seketika. Apalagi menyaksikan dua curug yang indah, pasti bikin betah.

  • HTM : Rp. 6.000 (mungkin sekarang sudah Rp. 10.000)
  • Alamat : Jl. Puncak Desa Batulayang, Cisarua.  

16. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Melrimba Garden adalah tempat wisata berkonsep taman keluarga. Makanya tak heran jika tempat ini nyaman banget untuk bersantuy sembari ngasuh bocah.

Beberapa spot juga sangat selfie-able buat para pengunjung. Terlebih lagi desainnya taman, uuuh recommended buat buat kaka sambangi.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang bisa kaka lakukan seperti mengunjungi rumah kaca yang didalamnya ada budidaya anggrek dan aneka tanaman hias, berjalan keliling taman dan sebagainya.

Bagi kaka-kaka yang suka metik-metik bisa memetik stroberi seger. Juga bagi abang-bang yang hobi mancing, bisa dilampiaskan di sini.

Ditambah lagi ada ATV, mendayung perahu dan sebagainya semain menambah keseruan liburan kaka. Pokoknya tempat ini kuduuuuu banget kaka kunjungi. hehe

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 30.000
  • Alamat : Jl. Raya Puncak km 87 Tugu Utara Cisarua Bogor
  • Jam operasi : Pukul 08.00 sd 21.00 WIB

Demikian sejumlah objek wisata di sepanjang jalur puncak yang bisa min sharingkan. Semoga bermanfaat ya dan selamat berlibur.

Leave a Reply