59 Tempat Wisata di Pasaman Barat Sumbar Paling Recommended

Tempat Wisata di Pasaman Barat – Bagaimana kaka-kaka travelers, apakah sudah selesai menjelajahi tempat wisata di padang pariaman seperti yang udah min curhatin?

Kalau belum, min harap kaka-kaka kunjungi ya tempat-tempat tersebut. Ya.. biar pengalaman rekreasinya makin kaya. Terlebih lagi tempat wisata di padang pariaman tersebut kece-kece banget ka.

Kalau sudah, sekarang min mau ajak kaka buat traveling lagi ke kabupaten sebelahnya yaitu Pasaman Barat yang ibu kotanya di Simpang Ampek.

Menurut kicau burung mah katanya tempat di sini tuh romantis-romantis banget. Makanya mereka nyaranin kalau ada travelers yang hendak kemari, sebaiknya ajak si doi katanya 🙂

Tapi memang benar sih, setelah min perhatikan ternyata objek-objek wisata di sini keren banget. Min sampe speechless dibuatnya.

Nah sebagai bekal liburan nanti, min ingin sharingkan info lengkap seputar destinasi wisata di Pasaman Barat, termasuk captur budaya, ekonomi dan geografi daerah tersebut.

Kabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah sebuah nama kabupaten yang ada di provinsi Sumatra Barat. Luas wilayahnya hampir 4 juta kilometer persegi. Kabupaten ini merupakan pecahan dari Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No 38 tahun 2003.

Menurut mbah wikipedia, jumlah penduduk kabupaten ini sekitar 365.129 jiwa. Tentu jumlah yang tidak sedikit dengan luas wilayah 4 jutaan kilometer persegi.

Secara historis, dulunya daerah ini dikuasai oleh pasukan kumpeni alias Belanda. Lalu muncul perlawanan yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol. Hanya saja, perlawanan ini tidak membuahkan kemenangan.

BACA :   39 Tempat Wisata di Lima Puluh Kota Sumatra Barat Joss Banget

Secara ekonomi, saat ini masyarakat Pasaman Barat memiliki sumber pendapatan dari sektor perkebunan seperti salak, jeruk, sawit dsb. Hal ini karena sejalan dengan daerahnya yang cocok untuk berkebun.

Produksi kelapa sawit misalnya, pada tahun 2000 saja mencapat 788.446 ton. Wow! Belum lagi produksi minyak nilam dan sejenisnya.

Konon selain minyak nilam mentawai, ternyata minyak nilam Pasaman juga termasuk minyak nilam terbaik di dunia. Hmm

Lantas bagaimana dengan tempat wisatanya?

Tentu sangat banyak dan beragam. Min yakinkan itu!

Daftar Tempat Wisata di Pasaman Barat Sumbar

Di Pasaman barat sendiri min ndak bisa ngitung berapa jumlah objek pariwisatanya. Namun dari sekian banyak itu min berhasil merangkum menjadi beberapa saja. Di antaranya adalah sebagai berikut :

50. Air Terjun Sipagogo, Wisata Alam Andalan di Pasaman

air terjun di pasaman

Air terjun ini sangat recommended banget buat kaka-kaka yang mau liburan akhir tahun. Beneran loh ka, kalau kaka udah bosen banget dengan anek objek wisata, cobalah ke sini.

Min yakin di tempat ini kaka bisa menemukan jiwa kaka, cie. Bayangkan aja, airnya jernih, sejuk, dingin, curahnya banyak dan alam sekitar pun menakjubkan, pasti bikin kaka santuy.

Oya, air terjun Sipagogo sendiri konon diambil dari nama seorang tokoh yang dulu kala sering menggunakan air ini untuk bertapa. Hmm

  • Alamat : Situak Nagari Ujung Gading, Kec Lembah Melintang, Pasaman Sumatra Barat

51. Gunung Talamau, Buktikan Kekesatriaanmu

wisata alam di pasaman

foto : superadventure.co.id

Bagi pecinta pendakian, gunung ini adalah area favorit untuk menguci kekesatriaan mereka.

Dengan track yang terjal nan berliku, mereka lalui dengan tangguh. Meski keringat berkucur, dan lelah tiada banding, tetapi semua itu bisa sirna tatkala mereka sampai di puncak.

Bisa dibayangkan tuh sama kaka bagaimana suasana di puncak gunung yang tingginya 2.982 mdpl ini. Pasti luar biasa dan pasti pemandangannya mengagumkan.

BACA :   86 Tempat Wisata Di Solok Sumatra Barat Paling Memukau

Selain itu, selama pendakian juga kaka akan berjumpa dengan telaga yang jumlahnya ada 13. wow. makin seru lagi. Di telaga ini kaka bisa mencicipi air segar untuk dioleskan ke wajah. Uuhh

52. Bukit Puti Gonjoli, Bukit Cinta Dekatkan Cinta

paralayang di pasaman

Bukan saja wisatawan lokal yang hobi nongkrong di sini, wisata asing pun rajin ngapelin. Mengapa demikian?

Soalnya selain pemandangannya yang memang menawan, bukit ini juga merupakan medan terkece buat kegiatan Paralayang.

Makanya mereka hobi berlama-lama di sini selama dompetnya masih tebel. 🙂

Selain Paralayang, bukti Puti juga kerapkali dijadikan tempat kemping karena medannya sangat menawan. Hmm..baiknya kalau kaka mau ke sini ajak kawan-kawan yaw.

53. Air Terjun Sampuran Botung, Tempat Romantis Tak Terlupakan

wisata lubuk sikaping

Memang air terjunnya tidak tinggi, tetapi pemandangan yang dimiliki akan cukup bikin si doi senang.

Hal itu karena kolamnya sungainya sangat lebar, sekitar 15 meter, sehingga memungkinkan buat kaka untuk berendam menikmati sejuknya air.

Jangan lupa, kalau ke sini bawa kamera yang bagus ya agar jepretannya tidak buram. Wkwkw

54. Air Terjun Siburai-Burai, Bak Gadis Desa di Tengah Hutan

air terjun di pasaman

Bagi kaka yang hobi berpetualang, tempat ini sangat cocok buat kaka kunjungi. Soalnya lokasinya berada di tengah hutan sehingga butuh tenaga prima untuk menaklukannya.

Tapi ingat, setiba sampe di lokasi, semua lelah akan sirna dan yang ada hanya perasaan pewe nggak mau pulang. Hmm.

Min kasih satu clue buat kaka terkait air terjun ini, sungguh sangat menyegarkan. Titik!

55. Air Terjun Batang Nango

wisata pasaman

Masih seputar air terjun, kaka juga bisa cobain yang satu ini. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah debit airnya yang deras.

Yakin dah, kalau kaka udah sampe di sini, min yakin kaka kepengen segera nyebur. Hehe

56. Pantai Sikabau, Pantai Romantis Bidik Sunset

pantai di pasaman

Kalau kaka udah bosan dengan berbagai destinasi wisata air terjun, itu petanda kalau kaka haru segera ngepantai.

BACA :   36 Tempat Wisata di Agam Sumbar Terbaru (Update 2020)

Nah pantai populer yang bisa kaka sambangi selama di Pasaman adalah Pantai Sikabau yang terkenal dengan kemolekannya.

Lokasinya bisa kaka tempuh sekitar 2 jam dari kota Pasaman Barat. Nggak terlalu jauh.

Apalagi kalau dibandingkan dengan hasilnya, min yakin lelah itu nggak sebarapa untuk membayar keindahan pantai yang bikin min speechles.

Coba kaka bayangkan, sebuah pantai yang beniiiiiing airnya, sejuk anginnya, asri pemandangannya. Apa yang mau kaka katakan?

57. Pantai Maligi

pantai di pasaman

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan luas sehingga cocok buat jalan-jalan sore.

Selain itu, di sekitaran pantai ini tedapat banyak pohon kelapa sehingga sesekali bisa dijadikan tempat berteduh. Asal jangan lama-lama ya, takut ketimpa balukang. 🙂

58. Pulau Pigago

pantai di pasaman

Menurut min, masih jarang seorang travelers traveling ke sebuah pulau. Padahal ni ya ka, kesan jalan-jalan ke pulau itu benar-benar tak akan terlupakan sampai kapan pun.

Untuk itu, kalau kaka lagi di kota Pasaman Sumbar, sebaiknya cicipi pulau yang satu ini. Lokasinya bisa ditempuh dalam durasi 50 menit dari Air Bangis. Biayanya cuma 50 Ribu.

Min yakin, jejeran pohon kelapa dan indahnya alam bakal menghipnotis kaka sehingga kaka bisa jatuh cinta nantinya.

59. Pantai Sasak

pantai di pasaman

Apa yang akan kaka lakukan jika kaka berada di pantai yang memiliki pasir halus lembut dan luas?

Min yakin bayangan kaka sama dengan bayangan min. Begitulah memang, biasanya kita bermain pasir, bermain bola, lari-larian dan sebagainya di pantai model ini.

So, bagi kaka yang ingin menghabiskan liburannya di pantai, cobalah kaka kunjungi pantai yang super kece ini. Min yakin, kaka bakal ketagihan untuk berkunjung lagi dan lagi.

Demikian yang bisa min sharingkan, semoga bermanfaat ya dan semoga kaka-kaka bisa berlibur ke tempat ini.

Baca Juga :

Tempat Wisata di Dharmasraya Sumbar Paling Instagramable

Leave a Reply