25 Tempat Wisata di Nias Sumut Ter Update

Tempat wisata di nias – Cung yang suka jalan-jalan ke pulau? hmmm…min yakin kaka-kaka travelers juga suka banget traveling ke pulau. Soalnya pemandangan di pulau tuh indah banget.

Suasananya, pemandangannya, kesannya, uh pokoknya semuanya deh. Apalagi waktu perjalanannya, sambil ngobrol dengan teman-teman di perahu dan lain sebagainya, pasti makin berkesan. Pengen deh!

Nah, kalau kemarin min jelajahi tempat wisata di mandailing natal, sekarang min mau ajak kaka ke pulau nias.

Di sini tuh ka, ada banyak tempat wisata entah di nias barat, utara, selatan dan lain-lain. Ditambah lagi tempat wisatanya beragam banget.

Memang sih masih didominasi oleh wisata pantai, tapi jangan salah, di sini juga ada destinasi wisata lain seperti museum, air terjun, wisata budaya dan sebagainya.

Jadi, kalau kaka touring ke pulau nias yang ada di bagian barat pulau Sumatera Utara ini, kaka akan dapat banyaaaaak kenangan. Mau ke sini???? ayo bareng min:)

Kepulauan Nias

Kepulauan nias adalah sebuah kabupaten di provinsi sumatra utara. Palau ini termasuk pulau terbesar yang ada di provinsi ini.

Pulau yang penduduknya mencapai 1 jutaan ini memiliki karakteristik yang unik dan merupakan daerah pariwisata yang banyak dilirik.

Selama di sini kaka akan dimanjakan dengan berbagai permainan dan olah raga air yang bikin kaka betah.

Adapun suku mayoritas pulau ini adalah suku ono niha (suku nias) yang punya budaya tersendiri yang disebut tradisi megalitik.

Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Nias Sumatra Utara

Dari sekian banyaknya tempat wisata di sini, min rangkum menjadi beberapa saja yang lebih update dan lebih populer. Di antaranya adalah sebagai berikut :

BACA :   10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Sumut (Update 2020)

1. Laut Mati Pantai Tureloto

wisata kepulauan nias

Beneran ka, kaka kuduuuuu banget berkunjung ke pantai ini. Pasalnya di laut mati ini kaka bisa terapung seperti di laut mati yang ada di timur tengah itu.

Bisa dibayangkan tuh, nanti kaka mau berekspresi kaya gimana di laut yang super kece ini.

Selain itu, pemandangan sekitar dan pasir di bibir pantai pun turut menyempurnakan keindahan pantai.

Pokoknya selama di sini kaka bisa bersantuy-santuy tanpa ada hambatan dari siapa pun.

  • Alamat : Desa Balefadorotuho Kec. Lahewa, Kab Nias Utara Sumut

2. Pulau Tello

wisata bahari di nias

Kalau yang satu ini, termasuk pulau favoritnya para bule asing. Di sini ada banyak tourist yang menghabiskan sehari-hari untuk bersantai-santai.

Apalagi gulungan ombaknya super kece, cocok banget buat bermain bersama kawan-kawan.

Belum lagi pasir putihnya yang cantik banget, uuuh indah deh kalau jalan-jalan di bibir pantai ini.

  • Alamat : Kelurahan Pulau Tello, kec Pulau Pulau Batu, Nias Selatan, Sumatra Utara

3. Pantai Sorake

tempat berselancar di nias

Pantai sorake boleh dikata sebagai pantai terbaik untuk kegiatan berselancar di Indonesia. Ini sih versi netizen ajah. Soalnya gimana yah, ombaknya emang kece banget.

Para pecinta surfing kelas dunia suka bermain selancar di pantai ini loh, makanya fasilitasnya sudah sangat lengkap, termasuk penginapan.

Selain itu suasananya juga sangat romantis. Apalagi di sore hari, banyak wisatawan yang berlomba-lomba membidik detik-detik sunset.

  • Alamat : Desa Botohilitano Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Sumut. Sekitar 103 km dari Bandara Binaka Gunung Sitoli

4. Pantai Lagundri

surfing di pantai nias

Pantai Lagundri juga merupakan pantai yang suka dipake kegiatan surfing oleh para surfer dalam dan luar negeri.

Dengan ombak yang menggulung besar, mereka dapat menari di atas selancar seperti sedang terbang. Kece banget deh!

Kalau kaka mau ke sini, kaka kudu tahu jadwal-jadwal ombak besar seperti pada bulan april hingga september.

Pada bulan-bulan ini para surfer bakal mudah ditemukan.

Kalau menurut netizen, pantai ini juga masuk dalam daftar 10 besar lokasi berselancar terbaik di dunia.

  • Alamat : Desa Botohilitano, Kec. Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatra Utara
BACA :   50 Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang (Update 2020)

5. Pantai Walo Afulu

wisata bahari di nias

Lagi-lagi, pantai walo afulu juga memiliki ombak yang tinggi mencapai 5 meter sehingga cocok banget buat kegiatan surfing.

Wah berarti banyak banget nih destinasi pantai yang bisa kaka kunjungi buat kegiatan berselancar.

Selain itu, pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri pada warna pasirnya yang kemerah-merahan. Meski demikian, kaka jangan khawatir karena tekstur pasirnya terbilang lembut.

Oleh sebab itu, kaka bisa berjalan-jalan santuy di tepian pantai sembari menikmati deburan ombak dan hembusan angin.

  • Alamat : Desa Harewakhe Kec. Afulu Kab. Nias Utara, Sumut.

6. Pantai Malaga

wisata bahari di nias

Pantai Malaga adalah pantai yang deket dengan bandara Binaka, tepatnya berada di Kec. Gunungsitoli Idanoi Kotamadya Gunungsitoli.

Salah satu kelebihan pantai ini terletak pada alamiahnya situasi. Karena itu tak heran kalau tempat ini sering dijadikan objek wisata keluarga.

Adapun soal fasilitas, kaka jangan khawatir sebab di sini sudah lengkap. Warung ada, seafood ada, penginapan ada, semuanya ada.

  • Alamat : Kec. Gunungsitoli Idanoi Kotamadya Gunungsitoli, Nias Sumut

7. Pantai Nusa Lima

wisata bahari di nias

Meski namanya terbilang asing di kalangan travelers, tetapi pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dibanding pantai-pantai lain di nias.

Pasir halus sepanjang bibir pantai dan alam sekitar memadu indah dan membuat siapa pun betah berlama-lama di sini.

Apalagi di sekitarnya ada banyak pohon-pohon rimbun yang bisa kaka jadikan tempat bersantuy bersama kawan-kawan. Uhh bisa dibayangkan tuh ka sambil duduk-duduk sembari dengerin kicau burung di sekitarnya.

  • Alamat : Desa Foa, Kec. Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumut

8. Desa Bawomataluo

wisata kepulauan nias

Kalau sudah bosan berwisata pantai, kaka juga bisa beralih sejenak ke wisata budaya. Salah satu rekomendasi min, kaka bisa berkunjung ke desa Bawomataluo ini.

Memangnya ada apa?

Nah di sini tuh ya ka, ada satu tradisi unik dan menegangkan yaitu tradisi lompat batu yang tingginya di atas ketinggian manusia. Ihhh ngeri banget.

BACA :   20 Tempat Wisata di Langkat SUMUT (Update 2020)

Tradisi ini juga masyhur dengan istilah Fahombo atau Hombo dan sudah ada sejak berabad-abad silam. Boleh dikata, tradisi ini merupakan warisan nenek moyang mereka dari generasi ke generasi.

Selain tradisi fahombo, kaka juga bisa menyaksikan keindahan budaya masyarakat nias yang berkhas. Dengan begitu, kaka akan banyak belajar berbagai hal selama di sini.

  • Alamat : Desa Bawomataluo Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan Sumatra Utara

9. Pantai Laowamaru

wisata pantai di nias

Ahah, pantai yang satu ini juga termasuk pantai populer di daerah nias. Kelebihannya terletak pada pasir putih di sepanjang bibir pantai.

Ditambah lagi air lautnya biru banget dan itu menandakan laut yang bersih dan alami.

Selama di sini kaka bisa menikmati indahnya alam sembari bermain bersama teman-teman. Pokoknya eksotik banget ka,,,

  • Alamat : Kota Gunungsitoli, Nias, Sumatra Utara

10. Museum Pusaka Nias

wisata kepulauan nias

Museum ini terletak di kota Gunungsitoli dan termasuk museum terindah yang ada di Indonesia.

Kalau kaka masuk ke dalam, kaka bakal nemuin berbagai benda peninggalan sejerah termasuk k oleksi artefak asli budaya nias.

Pokoknya kalau kaka ke sini, kaka akan belajar banyak hal tentang sejarah dan budaya terutama suku nias.

Selain itu, museum ini juga berada tak jauh dari objek wisata pantai sehingga kaka bisa sekalian jalan-jalan untuk menghabiskan waktu liburan kaka.

Itulah kesepuluh tempat wisata yang bisa min review-kan buat kaka. Tentu saja masih ada sekian lagi tempat wisata yang belum bisa min cerikan. Misalnya sebagai berikut :

11. Desa Bawomataluo

wisata kepulauan nias

12. Kepulauan Hinako

13. Pantai Muara Indah

14. Pantai Bunda

15. Pantai Charlita

16. Pantai Laowamaru

17. Rumah Adat Desa Tumori

18. Air Terjun Luaha Ndroi

19. Pulau Asu

20. Pantai Ladeha

21. Pantai Hoya

22. Tman Doa Bunda Maria

23. Teluk Bengkuang

24. Pulau Impian

25. Masjid Agung Ar-Rahman

Suatu saat nanti min akan review lagi satu per satunya ya. Semoga bermanfaat:

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Langkat Sumut Terpopuler

Leave a Reply