20 Tempat Wisata di Merangin (Bangko) Terbaru 2020 Update

Tempat Wisata di Merangin – Good afternoon kaka travelers. Welcome to Merangin, kota Bangko, Jambi. Kota yang sunyi dari perhatian wisatawan, namun nyatanya memiliki sejuta pesona yang wonderful.

Kaka sudah penasaran? Kuy lah kita memulai petualangan siang ini ditemani segelas kolak ubi dan goreng tahu yang krius maknyusss.

1. Air Terjun Telun Perentak

Air Terjun Telun Perentak

Air terjun Telun Perentak ini berlokasi di Desa Bukit Perentak, kecamatan Pangkalan Jambu, kabupaten Merangin, Jambi. Kaka dapat menempuh perjalanan sekitar 65 km dari pusat kota Bangko.

Perjalanannya lumayan panjang juga yah, ka. Selain itu, karena lokasinya terletak di tengah-tengah hutan, kaka harus berjuang ekstra alias harus mengeluarkan effort tenaga yang lumayan besar untuk bisa sampai lokasi.

Tapi jangan khawatir, akhir perjalanannya begitu indah pastinya.

Ketika sampai di tujuan, kaka akan mendapatkan suasana unik air terjun yang memiliki formasi batuan yang kokoh berdiri di bawah air terjun. Juga undakan-undakan yang menambah kesan romantis lengkap dengan backsound suara gemericik air.

Suasana ini akan membuat kaka terhanyut dalam keindahan dan kesegaran ciptaan sang Kuasa. Jalan kaki sambil berjuang membelah hutan tak jadi masalah.

2. Air Terjun Dukun Batuah

Air Terjun Dukun Batuah

Wisata air terjun lainnya adalah air terjun Dukun Batuah. Lokasinya berada di Desa Rantau Suli, kecamatan Sungai Tenang, kabupaten Merangin, Jambi.

Untuk sampai ke tempat ini, kaka pun harus berjuang membelah hutan sambil berjalan kaki melalui jalan setapak.

Selain perjalanannya yang sangat menantang, ternyata tempat ini diyakini memiliki kisah mistis dan angker oleh penduduk setempat. Waah, cocok juga nih buat kaka-kaka yang hobi dengan hal-hal ekstrim.

Di akhir perjalanan, barulah kaka akan menemukan keindahan yang tersembunyi berupa pemandangan air terjun Dukun Batuah ini.

3. Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing

Sama seperti kedua air terjun sebelumnya yang min sebutkan, air terjun ini juga berada di tengah-tengah hutan dan butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke tujuan.

Air terjun ini berada di Desa Tuo kecamatan Lembah Masurai, Merangin, Jambi. Memiliki ketinggian kurang lebih 62 meter.

Pemandangannya tampak indah mempesona, membuat siapapun betah ingin berlama di Kawasan ini. Kaka akan menjadi tenang dan kondisi hati akan semakin sejuk dengan berkunjung kesini.

4. Air Terjun Telalang Jaya

Air Terjun Telalang Jaya

Air terjun Telalang Jaya berlokasi di Desa Telentam kecamatan Tabir Barat, Merangin, Jambi. Dikenal juga dengan sebutan “Air Terjun Tujuh Bidadari”.

BACA :   46 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal (Jambi) Terbaru

Kenapa disebut dengan nama itu? Karena setiap tingkatan air terjunnya memiliki kolam alami yang bisa dipakai untuk mandi. Waaw, segar sekali. Menambah aura kesegaran dalam diri kaka.

5. Merangin Garden

Merangin Garden

Merangin Garden adalah taman bunga yang berada di Bangko, tepatnya di kelurahan Pematang Kandis. Tidak jauh dari pusat kota Bangko. Kaka hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Taman yang luasnya sekitar 6 hektar ini, memiliki koleksi beragam varian bunga dengan warna-warna yang indah.

Terdapat banyak spot foto yang bagus untuk diabadikan. Selain itu, ada juga pondok-pondok dan fasilitas lainnya. sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata edukasi loh, ka.

6. Jam Gento

Jam Gento

Jam Gento adalah Menara jam yang tepat berada di pusat ibukota Merangin, Kota Bangko. Jam ini menjadi salah satu ikon kece bagi Kota Bangko. Lokasinya berada di kelurahan Pasar Bangko.

Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat siapapun mudah melihatnya ketika memasuki pusat kota dari arah sarolangun.

Tempat ini menjadi tempat favorit untuk kaka-kaka yang hobi nongkrong sore hari. Bahkan setiap harinya terdapat sekitar 500 pengunjung yang meramaikannya. Wow, ramai sekali yah.

Min jadi penasaran, kenapa sampai ramai sekali pengunjungnya. Ternyata jam ini memiliki 3 tingkat. Dari tingkat yang teratas yaitu puncak menara jam, para pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bangko dari ketinggian.

Selain itu, ada banyak spot foto yang disiapkan pengelola dengan angle dan background yang beragam dan menarik.

7. Dam Betuk

Dam Betuk

Dam Betuk adalah waduk alias bendungan yang saat ini sudah dialihfungsikan menjadi destinasi wisatan. Lokasinya di Desa Tambang Baru kecamatan Tabir Lintas kabupaten Merangin, Jambi.

Konon katanya, tempat ini dinamakan Dam Betuk karena banyak dihuni oleh banyak ikan betok. Dam berarti bendungan air.

Biasanya bendungan ini menampung air dengan volume yang banyak sehingga penampakkan menjadi seperti danau yang dikelilingi perkebunan sawit dan karet milik penduduk setempat.

Karena itu, tak aneh jika dalam perjalanan menuju kesini kaka akan melalui perjalanan yang kanan dan kirinya dipenuhi oleh pemandangan perkebunan karet.

Efeknya sepanjang perjalanan menjadi lebih sejuk. Ketika kaka sampai di lokasi, maka pemandangan yang mempesona pun menunggu untuk diabadikan. Jangan lupa menghirup oksigen sebanyak-banyaknya yah, ka.

Kegiatan paling seru disini yang bisa kaka lakukan adalah berkeliling menggunakan sebuah perahu. Perahu sudah disiapkan oleh pengelola Dam Betuk yah, ka.

8. Danau Depati Empat

Danau Depati Empat

Tempat favorit di Merangin salah satunya adalah danau Depati Empat. Wilayahnya masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Letaknya berada di Desa Rantau Kermas, kecamatan Jangkat, Merangin, Jambi. Kerennya, danau ini berada di ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl. Membuat suasana danau dan sekitarnya sangat sejuk dan segar.

Kaka bisa melihat pemandangan perbukitan dengan barisan pepohonan rindang yang tinggi menjulang. Eksotisnya lagi, dari danau ini juga kaka dapat melihat penampakan gagahnya dua bukit kembar yaitu Bukit Pandan Bungsu dan Bukit Pandan.

BACA :   10 Tempat Wisata di Tebo Jambi, Bikin Betah Nggak Mau Pulang

Wajarlah jika Danau ini mendapat julukan surga tersembunyi Kabupaten Merangin. Waah, kaka tak boleh melewatkan tempat ini, wajib untuk dikunjungi.

9. Danau Pauh

Danau Pauh

Danau ini sangat menawan sekali. Dikelilingi oleh barisan pegunungan. Dilengkapi pohon-pohon rindang yang berjajar kokoh. Sehingga siapapun bisa memanjakan matanya dengan pemandangan danau yang fresh dan alami.

Lokasinya berada di Desa Pulau Tengah, Jangkat, Merangin, Jambi. Akses menuju ke danau ini sangat mudah. Kaka dapat menempuh perjalanannya dengan menggunakan kendaraan bermotor, ataupun mobil.

10. Merangin Geopark

Merangin Geopark

Merangin Geopark adalah sebuah situs warisan peninggalan jaman purba di Kabupaten Merangin. Lokasinya berada di Desa Tuo (Dusun Tuo), Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.

Koleksi yang bisa kaka dapatkan disini diantaranya fosil kayu, akar, hewan dan beberapa jenis kerang. Fosil-fosil ini diprediksi usianya sudah mencapai 300 juta tahun.

Kaka bisa membawa putra-putri atau murid-murid kaka di sekolah untuk wisata edukasi ke tempat ini dalam rangka mengenalkan kekayaan alam yang ada di Geopark Merangin.

Selain wisata edukasi sejarah, kaka juga masih bisa mendapatkan pemandangan alam yang sejuk dan asri. Sambil belajar bisa sambil memfreshkan tubuh dengan udara yang segar.

11. Taman Bumi Geopark

Taman Bumi Geopark

Di Taman Bumi Geopark ini, kaka bisa menikmati pemandangan alam sambil eksekusi wahana air yang menantang yaitu arung jeram. Rasakan keseruan liburan kaka di tempat ini.

Kabar-kabarnya Taman Bumi Geopark ini usianya sudah mencapai 300 juta tahun loh, ka. Waah, sudah tua sekali rupanya.

12. Hesti’s Garden

Hesti's Garden

Hesti’s Garden adalah taman yang memiliki koleksi banyak jenis bunga. Bunga-bunga ini ditata rapi oleh pengelola.

Lokasinya berada di Desa Muara Manderas, Langkat, Merangin, Jambi. Buka setiap hari, mulai pagi pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00 magrib.

13. Taman Bujang Upik

Taman Bujang Upik

Taman ini memiliki banyak pepohonan rindang. Sehingga para pengunjung bisa merasakan suasana yang teduh dan nyaman ketika berkunjung kemari.

Maka wajar jika para pengunjung senang bersantai-santai nongkrong bersama teman-teman sambil menikmati kuliner ala kadarnya yang dijajakan para pedagang.

Taman ini lokasinya berada di pinggir jalan lintas depan Kawasan perkantoran bupati Merangin. Desain tempat dan penataannya sangat apik dan cantik, membuat siapapun ingin melipir mencari kesejukan di dalamnya.

14. Grao Sakti

Grao Sakti

Grao Sakti adalah sumber air panas alami yang terdapat di Merangin. Lokasinya sekitar 150 km dari pusat kota Bangko. Beralamatkan di desa Renah Kemumu, Langkat, Merangin, Jambi.

Keunikan tempat ini adalah munculnya air panas yang bisa menyembur keluar sampai beberapa meter jika didatangkan pawangnya.

Grau atau geysernya tampak indah dan unik berada di tepi sungai, hal ini tidak dimiliki destinasi wisata lainnya.

Ketika kaka berkunjung kemari, maka kaka akan melihat pemandangan eksotis berupa semburan air panas dari celah-celah bebatuan. Amazing, ka..

BACA :   10 Tempat Wisata di Muaro Jambi (Sengeti) BARU Update 2020

15. Goa Tiangko

Goa Tiangko

Goa ini dikenal berbeda dengan goa-goa pada umumnya. Karena di dalam goa ini udaranya justru terasa segar dan dingin. Tidak pengap seperti di goa lainnya.

Luasnya goa sekitar 200 meter persegi dengan kedalaman sekitar 23 meter. Lokasinya di Dusun Tiangko Panjang, Desa Tiangko, kecamatan Sungai Manau, Merangin, Jambi.

16. Bukit Tiung

Bukit Tiung

Bukit Tiung berlokasi di Kelurahan Pasar Atas Bangko, kecamatan Bangko, Merangin, Jambi. Bukit Tiung merupakan sebuah hutan kota yang berada di tengah-tengah pusat kota Bangko.

Hutan kota ini memiliki wahana berupa taman burung, kebun binatang mini dan tempat duduk untuk bersantuy ria bersama keluarga.

Menariknya lagi, hutan kota ini berada di sebuah dataran tinggi. Dari ketinggiannya, kaka dapat melihat jam Gento yang ikonik sekota Bangko.

Kalau mau berkunjung, tempat ini buka setiap hari dari pagi pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.00.

17. Gunung Masurai

Gunung Masurai

Pemandangan yang tak kalah indah bisa kaka temukan di Gunung Masurai. Gunung ini tingginya sekitar 2.935 mdpl dan memiliki dua buah danah vulkanik. Yaitu Danau Mabuk dan Danau Kumbang.

Cocok bagi kaka travelers dan para pecinta alam yang ingin mendaki gunung sambil menikmati pesona alam yang membuat hati berdesir-desir karena dibuat kagum dengan kejutan-kejutan keindahan alamnya.

18. Green Kandis

Green Kandis

Unik sekali, taman bunga mini ini dibuat atas keinginan dari sebuah keluarga di kelurahan Pematang Kandis, Bangko.

Setelah direalisasikan keinginannya, maka jadilah Green Kandis. Yaitu sebuah taman bunga mini yang didesain untuk tempat berkumpul sambil menikmati pemandangan indah.

Ada fasilitas taman bunga, pondok bambu di atas kolam, air mancur, dan juga topi rumbia sebagai pemanis di kala berfoto selfie.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh para remaja. Mereka bersantuy ria di tempat ini sambil mencari spot indah dan unik untuk berselfie.

19. Masjid Agung Baitul Ma’mur

Masjid Agung Baitul Ma’mur

Masjid Agung Baitul Ma’mur terkenal sebagai masjid yang sangat besar dan megah. Terletak di kota Bangko. Jika kaka berjalan dari Sarolangun, maka sebelum masuk jalur tiga kaka sudah melihat bangunan megah masjid.

Masjid ini adalah kebanggaan masyarakat kota Bangko dan Merangin. Selain menjadi tempat ibadah, biasanya dijadikan juga sebagai destinasi wisata religi.

20. Kebun Binatang Bukit Tiung

Kebun Binatang Bukit Tiung

Kebun binatang Bukit Tiung ini adalah taman mini yang terletak di pusat kota Bangko. Meskipun kebun binatang ini koleksinya masih belum lengkap, namun jenis binatang yang terdapat disini sudah cukup banyak.

Kaka dapat membawa putra-putri untuk bermain dan mengenali binatang-binatang yang ada di tempat ini. Karena tempat ini juga berada di dataran tinggi, maka kaka juga bisa menikmati panorama sungai batang Masumai, Jam Gento, pasar bawah, dan jembatan gantung dari ketinggian.

Pastinya seru lah perjalanan wisatanya.

Demikian rekomendasi dari min untuk kaka-kaka traveler. Semoga perjalanannya menyenangkan dan membuat tubuh kembali menjadi segar.

Leave a Reply