008 Tempat Wisata di Lingga Kepulauan Riau [2020]

Tempat Wisata di Lingga – Kaka travelers, min menemukan tempat eksotik dan indah sekali untuk dikunjungi di negri kita ini. Tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau.

Wilayah ini mempunyai potensi keindahan alam yang luarr biasa amazing, terutama dalam wisata bahari.

Kali ini, min mau ajak kaka berkeliling di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Untuk informasi aja nih, kabupaten Lingga dahulu merupakan sebuah kerajaan Melayu yang berpusat di Kota Daik di tahun 1878 sampai 1900. Karena itu, Lingga dikenal juga sebagai bunda tanah Melayu.

Penduduknya juga masih banyak yang menggunakan bahasa Melayu, dan memegang adat istiadat Melayu dalam kesehariannya.

Karena latar sejarah itulah, Lingga terkenal dengan berbagai situs cagar budaya yang tersebar hampir di seluruh perairan Daik, Dabo Singkep dan Senayang.

Dari sekian banyak situs sejarah di Lingga, sudah 10 situs yang tercatat di Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP). Dan ini sangat bagus untuk pengembangan wisata di Lingga.

Selain wisata sejarah, Kabupaten Lingga mempunyai potensi wisata alam yang penuh daya tarik. Ada pantai, pegunungan, hingga air terjun. Wisata baharinya juga berpotensi berkembang.

Menakjubkannya lagi, di Lingga ini terdapat 604 gugusan pulau yang keindahannya memukau.

1. Pantai Dungun

Pantai Dungun

Pantai Dungun terdapat di Kecamatan Lingga Utara. Pantai yang indah dan kece baday menjadi salah satu anugerah indah bagi kecamatan ini.

Di pantai ini, kaka pasti akan dibuat terpesona dengan butiran pasir putih dan lembut yang terhampar di sekitar pantai. Bebatuannya pun menambah keindahan sepanjang pantai.

BACA :   26 Tempat Wisata di Batam Paling Seru [2020]

Kaka bisa duduk-duduk santai di tepian pantai, sambil melepas lelah dan penat yang selama ini menghampiri kehidupan kaka.

Jangan lupa jepret-jepret selfie nya ya kaa, agar ada kenang-kenangan indah yang bisa dibawa untuk dipamerkan ke sobat-sobat tercintah.

2. Pulau Berhala

Pulau Berhala

Selamat deh kalau kaka sudah berada di Lingga. Kaka tidak salah memilih tempat traveling yang keren abiss. Naah, sekarang kaka jangan sampai melewatkan Pulau Berhala.

Pulau ini memiliki pantai yang cantik sekali dengan bebatuan granit besar seperti di Belitung. Dan itu menjadi keunikan Pulau Berhala ternyata ka. Wah, min jadi membayangkan pesona indahnya itu pasti bikin gak mau pulang lagi ke rumah secepatnya, hehe.

Kabar gembira juga buat kaka traveler pecinta Snorkeling. Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan ekstra menakjubkan loh. Kaka bisa bersiap-siap untuk menyelam bareng teman-teman.

Kalaupun kaka ga berminat snorkeling, gak apa-apa laah. Dengan menikmati pemandangannya saja, kaka sudah akan terhipnotis dan hilanglah segala masalah yang menimpa kaka.

Karena keindahan pantainya dan gradasi warna laut dari hijau muda sampai biru tua akan menjadi hiburan bagi mata dan tubuh kaka. Pulang nanti, kaka akan lebih fresh pastinya.

3. Air Terjun Resun

Air Terjun Resun

Air terjun Resun adalah destinasi wisata di Lingga yang disukai pengunjung. Kaka dapat menikmati kolam pemandian yang berada langsung di bawah jatuhan air terjun.

Mandi sambil menikmati kesejukan dari rindangnya pepohonan menjadi mimpi yang sangat indah bagi kaka yang datang dari kota-kota gersang seperti Jakarta.

Air yang mengalir dari air terjun ini bersih dan jernih. Sangat menyegarkan bagi tubuh kaka. Jika hendak ke tempat ini, kaka bisa menggunakan motor dengan memakan waktu 20-25 menit dari Daik, ibukota Kabupaten Lingga.

BACA :   15 Tempat Wisata di Kampar Riau Paling Romantis

4. Benteng Bukit Cening

Benteng Bukit Cening

Benteng Bukit Cening ini konon katanya dibangun sejak masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah III pada tahun 1761-1812. Kaka bisa melihat sekitar 19 meriam di situs Benteng Bukit Cening ini.

Kaka juga bisa melihat pemandangan komplek makam Bukit Cengkeh Daik, situs Istana Kota Baru, dan Rumah Jeal yang menjadi bekas peninggalan zaman Belanda di tahun 1936. Waah, wisata sejarah yang seru dan mengagumkan.

5. Replika Istana Damnah

Replika Istana Damnah

Wisata sejarah lainnya dapat kaka temukan di Istana Damnah. Tempat ini mengandung nilai sejarah yang memukau. Lokasinya berada di dalam hutan belantara di Kampung Damnah, Lingga, Kepulauan Riau.

Konon sejarahnya, istana Damnah ini dibangun oleh Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi, Yang Dipertuan Muda Riau X pada 1857-1899 M.

Proses pendiriannya ditujuan untuk kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II. Sebelumnya Sultan ini berdiam di Istana Kota Baru.

6. Museum Linggam Cahaya

Museum Linggam Cahaya

Kaka dapat melanjutkan wisata sejarah ke Museum Linggam Cahaya, yaitu salah satu museum di Lingga yang didirikan pada tahun 2002.

Tujuan pendiriannya adalah agar benda-benda bersejarah di Kabupaten Lingga dapat dijaga dan dilestarikan sebaik-baiknya, supaya tidak punah dimakan waktu.

7. Masjid Jami’ Sultan

Masjid Jami’ Sultan

Bagi kaka traveler yang mau sholat dulu dalam perjalanan, bisa melipir dulu ke Masjid Jami’ Sultan di Desa Daik, Lingga.

Bukan sekedar masjid loh, ka. Masjid ini ternyata peninggalan bersejarah dari Kesultanan Melayu Riau-Lingga.

Konon katanya, didirikan sejak tahun 1800 di bawah pemerintahan Sultan Mahmud Syah III.

8. Pulau Benan

Pulau Benan

Pulau Benan ini dikenal sebagai berandanya Lingga. Pulau ini adalah pulau terluar Lingga, dengan suasana yang alami dan masih sepi. Cocok bagi kaka yang sedang membutuhkan suasana yang menenangkan hati.

BACA :   13 Tempat Wisata di Pelalawan Riau Terbaru Paling Fotogenik

Kaka bisa bersantai ditemani air laut yang tenang, bisa juga sambil snorkeling, atau diving. Pokoknya, sepulang dari sini kaka bisa kembali semangat menjalani kehidupan.

Leave a Reply