15 Tempat Wisata di Karimun Kepri Terbaru Paling Heboh

Tempat Wisata di Karimun – Setelah min jelajahi sejumlah tempat wisata di pulau Bintan kepulauan riau, kini saatnya min beralih ke kabupaten sebelahnya yaitu Karimun.

Tak kalah dengan tempat wisata lain, objek wisata di sini juga banyak yang kece-kece dan recommended banget buat liburan kaka-kaka sekalian.

Sebagaimana kita tahu, Karimun merupakan kabupaten yang memiliki 198 pulau yang eksotis. 67 pulau di antaranya sudah berpenghuni, sementara sisanya masih kosong.

Kendati demikian, pulau-pulau tersebut layak dikunjungi karena pesonanya yang molek aduhai banget. Nanti kaka tahu sendiri!

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Karimun Kepri

Tak jauh berbeda dengan Bintan, tempat wisata di sini juga masih diddominasi oleh wisata pantai.

Namun ada juga wisata lain seperti air terjun, gunung, wisata budaya, kuliner dan sebagainya. Untuk lebih detailnya, berikut min sharingkan sejumlah tempat wisata di Karimun yang kudu kaka kunjungi :

1. Pantai Pongkar

wisata karimun kepri

Bagi masyarakat setempat, pantai termasuk pantai favorit yang sering mereka jadikan tempat bersantuy ketika liburan.

Makanya ketika wisatawan luar mengunjungi pantai ini, mereka akan berbaur dengan penduduk lokal sehingga bisa mengenal satu sama lain.

Soal keindahan, kaka tak perlu ragu karena ombak di sini cukup besar dengan hamparan pasir putih yang cukup support buat lari-larian mah.

  • Alamat : Pantai Pongkar berada di wilayah administratif desa pongkar, kec. tebing, kab. Karimun.
BACA :   008 Tempat Wisata di Lingga Kepulauan Riau [2020]

2. Air Terjun Pantai Pongkar

wisata alam karimun kepri

Selain menikmati indahnya pantai, kaka juga bisa ngeluyur ke wisata alam air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pantai.

Air terjun imut dan bikim gemez ini berada di kaki gunung Jantan desa Pongkar. Jadi, sekali berwisata dua tempat bisa terlewati. Kereeen!

Kalau kaka ingin mencobanya, kaka bisa lakukan hiking terlebih dahulu ke perbukitan, sungai dan sebagainya. Baru kemudian bisa berjumpa dengan objek utamanya.

Ketika sampai di sini, kaka akan melihat air yang seakan-akan keluar dari batu yang kemudian turun ke perbukitan yang rendah hingga memenuhi kolam. Nah, di kolam ini kaka bisa berendam.

3. Pantai Pelawan

wisata karimun kepri

Tak jauh berbeda dengan pantai lainnya, pantai pelawan juga memiliki daya tarik tersendiri yang kudu kaka ketahui.

Gambaran sederhananya, pantai ini memiliki pasir halus yang membentang di bibir pantai.

Di pasir halus ini kaka bisa berjalan santuy sembari menikmati suasana deburan dombak, desiran pasir, dan hembusan angin sepoy-sepoy.

4. Gunung Jantan

wisata alam karimun kepri

Tadi min udah singgung di air terjun pongkar yang berada di kaki gunung Jantan. Nah, sekarang min mau ajak kaka untuk mendaki. mau?

Gunung Jantan ini termasuk spot favorit di kalangan travelers untuk berselfie dan untuk menikmati keindahan kabupaten karimun dari ketinggian.

Selain itu, dari ketinggian ini juga kaka bisa menyaksikan berbagai aktifitas kapal, termasuk kapal feri yang sedang menuju ke Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Aaah…pokoknya recommended banget deh!

5. Pantai Telunas

wisata karimun kepri

Pantai Telunas adalah pantai yang super indah yang terletak di Pulau Sugi. Kaka bisa menempuhnya dengan durasi sekitar 60 menitan dari Ibukota Tanjung Balai Karimaun via perahu.

BACA :   25 Tempat Wisata di Anambas Kepri Paling Romantis (2020)

Selain pemandangan yang super eksotis, di sini juga sudah dilengkapi dengan resort mewah sehingga kaka bisa menikmati liburan dengan santai.

Ada satu resort lagi yang bikin malam kaka nggak bakal terlupakan kalau nginap di sini. Namanya Telunas Beach Resort yang lokasinya berada di atas air. Woow! mirip banget dengan resort di Maladewa.

So, kapan mau ke sinihhh?

6. Pantai Gading

wisata karimun kepri

Pantai Gading adalah pantai berbatu yang kudu kaka kunjungi. Di sini terdapat tangga misterius loh ka, beneran. Tangganya mengarah ke makam tua. Ihhh

Lebih anehnya lagi, jumlah anak tangga ini suka berubah-ubah. Ketika kaka menghitungnya sambil naik, hasilnya akan berbeda dengan ketika kaka turun. Coba aja!

Tetapi yang terpenting, pantai ini tuh memiliki banyak batu dengan beragam bentuknya. Jadi, fenomena ini bisa kaka abadikan melalui camera canggih kaka. Pasti hasilnya viraaal!

7. Pantai Batu Limau

wisata karimun kepri

Pantai Batu Limau adalah pantai unik karena terdapat bebatuan yang membuat formasi super kece.

Pantai ini terletak desan Batu Limau, Kec. Ungar, Karimun.

So, kalau kaka ke Kepri, saran min sempatkan ngeluyur ke pantai ini. Kali aja kaka betah. hehe

8. Makam Sibadang

wisata sejarah karimun kepri

Sembari liburan ke objek wisata ramai, tak ada salahnya jika kaka juga mampir ke objek wisata religi seperti Makam Sibadang ini.

Makam ini banyak dikunjungi orang lantaran Badang merupakan hulubalang kerajaan Riau-Lingga. Ia adalah orang yang sakti mandraguna.

Oleh masyarakat sekitar, si Badang merupakan pahlawan yang berhasil penumpas para perompak yang kerapkali membuat resah kawasan tersebut.

Makanya tak heran jika saat ini makamnya selalu ramai.

9. Coastal Area Tanjung Balai Karimun

wisata santuy karimun kepri

Tempat ini merupakan kawasan terpadu yang letaknya berada di pesisir pantai. Di tempat ini, kaka bisa ngeluyur ke berbagai tempat perbelanjaan, kuliner, wahana bermain, atau sekedar nongkrong.

BACA :   19 Tempat Wisata di Siak Riau Paling Recommended

Jangan salah, pemandangan di sini kece banget ka. Min yakin kaka bakal betah selama di sini. Beneran!

10. Masjid Agung Karimun

wisata religi karimun

Kalau kaka udah lelah berwisata ke berbagai penjuru, cobalah kaka sempatkan berkunjung ke wisata religi seperti masjid yang satu ini.

selain untuk mencharge keimanan, masjid ini juga memiliki beberapa keunikan baik dari segi bangunannya, warna catnya, suasananya, termasuk sosial dan budayanya.

11. Pantai Ketam

wisata karimun kepri

Tak kalah dengan pantai lainnya, pantai ketam juga memiliki keindahan yang patut kaka perhitungkan. Lokasinya berada di desa Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun.

Meskipun namanya ketam, tetapi bukan berarti tempat ini penuh dengan binatang. Penamaan ini diambil karena dulunya aja yang memang merupakan penangkaran ketam. Sekarang nggak lagi!

12. Pantai Tanjung Ambat

wisata karimun kepri

Pantai ini cukup recommended buat kaka kunjungi. Susananya masih sangat alami apalagi memiliki pasir halus yang bisa kaka jadikan buat bermain.

13. Kolam Renang Tamara

kolam renang di karimun kepri

Terletak di desa Pongkar, Kec. Tebing, Karimun, tempat ini menjadi objek wisata favorit di kalangan warga sekitar.

Bagaimana tidak, kolam renang yang dulunya milik pribadi ini menawarkan sejumlah fasilitas kepada pengunjung, mulai dari kolam, suasana yang sejuk dsb. Cocok banget buat liburan keluarga.

14. Pantai Timun

15. Pantai Tanjung Ambat

Itulah kelimat belas objek wisata di kabupaten karimun kepuluauan riau yang bisa min sharingkan  ke kaka travlers. Semoga kaka bisa mengunjunginya satu per satu ya. Bayeeeeee!!!

Leave a Reply