25 Tempat Wisata di Calang Aceh Jaya Terbaru (Update 2020)

Para travelers yang selalu cool, setelah kita jelajahi tempat wisata di blangpidie, sekarang kita beralih ke tempat wisata di Calang yang super kece. Tempat wisata di sini tak kalah serunya loh dari tempat wisata lain di Aceh.

Tempat-tempat wisata di sini sangat beragam, ada yang berupa pantai, air terjun, pulau dan lain-lain. Maka dari kaka-kaka kudu tahu daftar wisata di sini sebelum go to Calang.

Calang Aceh Jaya

Calang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Jaya. Sebagaimana lazimnya ibu kota, Calang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan daerah.

Begitu juga soal fasilitas, kaka jangan khawatir. Di sini sudah lenkap. Ditambah lagi caputre masyarakatnya juga ramah dan sopan santun. Pokoknya, dijamin betah deh kalau pelesiran ke sini mah.

Daftar Tempat Wisata di Calang

Sekarang kalau kaka kepo with sejumlah wisata di sini berikut min sharingkan infonya. Dengan demikian, ketika kaka ke sini….kaka nggk bingung lagi mau kemana.

Beneran loh dulu min jalan-jalan, setiba ditujuan min bingung mau ke mana, padahal sayang banget kalau tempat-tempat kecenya terlewatkan.

Hal ini akan berbeda kalau kita persiapan terlebih dahulu dan tahu tujuan yang akan kita jelajahi. Hmm…yaudah deh ini dia list wisata terbaru dan terkece di Calang Aceh Jaya :

17. Pulau Tsunami

wisata calang

Masih inget dengan kejadian tsunami tahun 2004? pasti dong. Coba berapa jumlah korban kala itu? hiks…min juga lupa.

BACA :   Tempat Wisata di Deli Serdang Sumut (Update 2020)

Nah bencana ombak besar yang konon mencapai ketinggian pohon kelapa itu ternyata menyisakan efek bagi perwisataan di Calang, salah satunya Pulau Tsunami ini.

Sebab pulau tsunami di Calang ini terbentuk karena tsunami tersebut. Maksudnya daratan yang membentuk pulau ini muncul setelah bencana tsunami. Wow..kece kan?

Soal keindahan, kaka tak perlu tanya. Di sini sangaaat eksotis banget. Bagaimana tidak, dengan diapit oleh perairan hijau tosca, pulau ini punya magnet tersendiri yang bisa menarik para wisatawan.

18. Puncak Lageun

wisata calang

Tempat wisata berikutnya adalah Puncak Lageun yang jaraknya cuma 15 menitan dari Calang.

Puncak ini bener-bener bakal bikin kaka betah selama di sini. Pemandangan yang indah, pepohonan yang hijau dan jika melihat ke bawah, kaka bakal saksikan indahnya pantai.

Hebatnya lagi, di pantai ini kaka bisa saksikan kawanan lumba-lumba yang biasa berlompatan ke udara. Wow!

Bisa dibayangkan, sambil duduk-duduk santuy bersama secangkir kopi, kaka bisa nikmati pemandangan sepuasnya.

Oya, karena sudah dikelola dengan profesional maka untuk ke tempat ini kaka akan dikenakan biaya HTM sebear Rp. 5000 sajah.

19. Puncak Gunung Geurutee

tempat wisata di calang

Masih soal puncak, kaka juga bisa sambangi puncak yang satu ini. Bedanya dengan puncak Lageun yang bisa lihat lumba-lumba, di sini kaka bisa lihat indahnya gugusan pulau-pulau kecil.

Sembari santuy menikmati kuliner atau seruput kopi, kaka bisa nikmati eksotisnya pemandangan sekitar. Uhh….pasti jadi plooong banget!

20. Pulau Sungai Keluang

wisata calang

Masih tema wisata bahari, kaka juga bisa coba jelajahi pulau yang super cantik ini. Letaknya berbatasan dengan pulau Tsunami sehingga dalam sehari bisa sobat kunjungi lebih dari satu tempat wisata.

Kelebihan wisata plau sungai keluang ini antara lain karena pemandangannya yang aduhai. Bebatuan besar di bibir pantai, spot-spot untuk selfie, dan hijaunya air laut bakal memanjakan kaka2.

BACA :   67 Tempat Wisata di Jantho Aceh Besar Terbaru (Update 2020)

21. Pulau Reusam

wisata calang

untuk mencapai pulau Reusam, kaka harus menyewa jasa speed boat dengan harga yang tidak tentu. Maksudnya, kaka harus pandai menawar ongkosnya ya…coz kadang mahal bingit.

Tapi soal keindahan, wah jangan ditanya lagi deh…..di Calang ini memang menyimpan banyak pulau indah seakan-akan surga tersembunyi di Aceh.

22. Arung Jeram Sungai Teunom

wisata calang

Kalau kaka sudah bosan dengan wisata pantai, sekarang kaka bisa coba destinasi wisata yang menguras adrenalin ini.

Sungai yang super kece ini bisa kaka sambangi di desa Sarah Raya. Dengan bebatuan dan derasnya air, kaka bener-bener akan tertantang buat nyoba arung jeram.

Lebih seru lagi kalau ke sininya bareng teman-teman. Maka dengan menyewa perahu karet, kaka hanya akan diminta Rp. 10.000 saja per orang. Murah banget kan???

23. Nisan Meureuhom Daya

wisata sejarah di calang

Bagi kaka pecinta sejarah, mungkin makam seoerang Raja di Lamno ini bisa jadi alternatif wisata sejarah selama di Calang.

Berkunjung ke tempat ini tentu saja memiliki dampak positif karena akan tahu bagaimana heroiknya perjuangan melawan penjajah.

Selain makam, di sini juga kaka akan menemukan peninggalan benda bersejarah seperti meriam dan tank milik kolonial belanda.

24. Kampung Mata Biru Lamno

kampung bule di calang

Ahah, wisata ini bener-bener min rekomendasikan banget buat kaka-kaka. Sebab di kampung ini, rata-rata warganya memiliki mata berwarna biru.

Padahal kebanyakan orang asia biasanya bermata coklat. Hmm…

Usut punya usut ternyata faktornya karena warga kampung ini merupakan keturunan dari hasil pernikahan dengan orang-orang eropa.

Karena itu wajar jika fisiknya pun menyerupai orang bule.

Hanya saja, pasca bencana tsunami tahun 2004 silam, banyak mata-mata biru yang juga turut meninggal sehingga jumlahnya saat ini semakin berkurang.

BACA :   36 Tempat Wisata di Simeulue Aceh Favorit Dunia (Update 2020)

25. Desa Batee Tutong

wisata di calang

Desa Batee Tutong merupakan tempat yang sangat unik di kalangan wisatawan. Pasalnya desa yang ada di Calang ini memiliki fenomena alam yang boleh dikata aneh.

Terutama pada musim pancaroba, seluruh pepohonan di desa ini mendadak layu seperti terbakar.

Hanya saja fenomena tersebut nampaknya sudah tidak ada lagi kini hari. Ya mungkin karena faktor cuaca yang sudah berobah.

Tetapi jangan kuatir, kaka masih bisa menikmati sejumlah wisata lain seperti kuliner dan wisata alam lainnya.

Demikian kedepan tempat wisata yang bisa min infokan buat kaka-kaka. Selain itu, ada juga destinasi lain seperti teluk rigaih, pantai kuala dhoi, pasir saka dan sebagainya.

Semoga kaka-kaka bisa jelajahi semua tempat wisata di Kota Calang ini. Terima kasih!

BACA JUGA :

Tempat Wisata di Bireuen Aceh yang Lagi Rame

 

Leave a Reply