10 Tempat Wisata di Berastagi Karo Sumut (POPULER)

Tempat Wisata di Berastagi – Horass! Kaka-kaka travelers yang selaluuu min doakan kebahagiaan, kali ini min mau ajak kaka jalan-jalan lagi ke tanah Batak.

Tepatnya min mau ajak kaka buat mengeksplorasi tempat wisata di Berastagi Kabupaten Karo Sumut. Kaka mau nggak?

Rugi loh kalau nggak mau, soalnya tempat wisata di Berastagi ini sangat ekslusif dan selalu menjadi incara para wisatawan.

Pesona alamnya memikat, kultur budaya sangat baik untuk diketahui. Namun sebelum ke tempat wisata, min ingin bercerita sebentar terkait Berastagi dan Kab. Karo ini.

Berastagi Kabupaten Karo

Berastagi adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Kendati demikian, wilayah ini menyimpan seribu satu tempat wisata yang instagramable buat agenda liburan.

Menurut sumber mbah Wikipedia yang min baca, nantinya kecamatan Berastagi ini akan dijadikan kota Madya. Min nggak tahu udah apa belum. Hhehe

Satu hal yang paling dikenal dari Berastagi adalah hasil buah dan sayurnya yang melimpah hingga mampu mengekspor ke berbagai daerah bahkan negara Singapura dan Malaysia.

Lantas bagaimana dengan sektor pariwisatanya?

Daftar Objek Wisata di Berastagi Sumatera Utara

Seperti yang min katakan di atas, di sini ada banyak varietas tempat wisata. Ada wisata alam, wisata budaya, wisata religi termasuk wisata sejarah.

Dari sekian banyak destinasi wisata tersebut, min akan fokus ke 10 tempat wisata paling ngtrend aja ya. Berikut ringkasannya min sajikan buat kaka :

1. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk – Debuk

objek wisata di karo sumut

Tempat pemandian ini merupakan pemandian air panasi alami yang berasal dari sumber mata air pegunungan.

Para wisatawan meyakini kalau mandi di sini tuh memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti bisa menyembuhkan panu, jerawat, kurap dan sebagainya.

BACA :   Tempat Wisata di Subulussalam Aceh Terbaru (Update 2020)

Secara sejarah, pemandian ini dulunya sebagai cagar alam, sekitar tahun 1980 cagar alam ini diubah menjadi sebuah taman wisata seluas 7 ha termasuk kolam air panas ini.

Terutama akhir pekan, tempat ini senantiasa diramaikan oleh para wisatawan yang datang dari berbagai pelosok negeri. So, kapan kaka mau ke sini?

  • Alamat : Desa Daulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatra Utara
  • Tiket Masuk : Rp. 20.000

2. Desa Peceren

wisata berastagi sumut

Kalau kaka pengen tahu budaya yang masih dipegang teguh oleh suku Karo, datanglah ke desa ini.

Di tempat ini kaka akan menyaksikan beragam budaya dan wisata sejarah Karo dari mulai rumah adat hinga kehidupan mereka di masyarakat.

Desa yang juga dikenal dengan nama Sempajaya ini dihuni oleh 700an kepala keluarga yang kesemuanya asli suku Karo.

Nah, di desa ini ada satu destinasi wisata sejarah yang usianya sudah 121 tahuanan lebih dan memiliki tempat sejarah yang sangat penting, yaitu Rumah Adat Suku Karo.

Jumlahnya ada sekitar 6 rumah. Kaka kudu banget ke tempat ini.

  • Alamat : Desa Peceren, Berastagi Utara, Kabupaten Karo Sumut
  • Tiket Masuk : Rp. 0

3. Bukit Gundaling

wisata berastagi sumut

Nah, sekarang ayo kita ke bukit gundaling ka… di sini pemandangan dan udaranya sejuk banget. Soalnya tempat ini beradai di ketinggian 1.575 mdpl yang jaraknya cuma 3 km dari pusat kota berastagi.

Selain pemandangan, di bukit ini juga kaka bisa melihat gunung sinabung yang kemaren-kemaren mengeluarkan abul vulkanik, ditambah lagi ada banyak pohon pinus.

Jadi sudah kebayang kan betapa ademnya tempat ini.

Kalau kaka mau ke sini saran min kaka bawa kamera terbaik ya agar hasil jepretannya tidak buram. Lalu nanti jepret dengan sudut yang fokus biar hasilnya menjadi sebuah booming. wkwkw

  • Alamat : Jl. Jamin Ginting, Gundalin 1, Berastagi Kab. Karoini.
  • Tiket Masuk : Rp. 2000, parkir motor Rp.3000, parkir mobil Rp. 5.000
  • Jam operasional : 24 jam

4. Museum Pusaka Karo Berastagi

objek wisata di karo sumut

Museum ini merupakan tempat khusus untuk menyimpan benda-benda pusaka yang dimiliki masyarakat suku Karo.

BACA :   15 Tempat Wisata di Pakpak Bharat Sumatra Utara

Karena sudah berabad-abad, wajar jika benda – benda yang ada di sini memiliki nilai yang sangat tinggi. Saran min, kaka kudu banget menyambangi tempat wisata sejarah ini.

Selain menambah wawasan, kita juga akan mengerti bagaimana landscape budaya dan cara hidup mereka di masa lalu.

  • Alamat : Jl. Perwira Keluarahan Gundaling 1, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo Sumatera Utara
  • Tiket masuk : –
  • Jam operasional : Pagi sampe sore

5. Funland Mickey Holiday

objek wisata di karo sumut

Tempat yang super kece ini memiliki sekitar 40 wahan bermain. Jadi kalau kaka ke sini, kaka akan puas dengan berbagai permainan yang ditawarkan.

Misalnya disini ada roller coster, tornado dan sejenisnya yang bisa menguras adrenalin kaka.

Jangan lupa, kalau kaka mau ke sini, ajak keluarga ya atau ajak teman-teman kaka. Jangan cuma ngajak si doi doang, kurang zerrrrru.

  • Alamat : Jl. Lenjen Jamin Ginting, Desa Pecen, Kec Berastagi, kab Karo Sumut
  • Tiket masuk : Rp. 120.000 (sudah termasuk seluruh permainan)

6. Bukit Kubu Berastagi

wisata berastagi sumut

Lagi-lagi, bukit ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga. Pasalnya, selain udaranya sejuk dan pemandangannya hijau, areal bukit ini juga cukup luas sehingga anak-anak bisa bermain dengan bebas.

Selain itu, di bukit ini juga ada berbagai fasilitas yang bisa kaka coba, misalnya da flying fox, ada kuda dan lain-lain.

Ditambah lagi, tempat ini sangat mudah diakses karena dekat dengan pusat kota. Adapun fasilitas umum seperti tolet, tempat parkir, tempat makan dan penginapan, juga sudah tersedia di sini.

  • Alamat : Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi Kab. Karo
  • Tiket Masuk : Rp. 15.000 (tanpa kendaraan) dan Rp. 30.000 (pake kendaraan motor) dan Rp. 100.000 (pake kendaraan mobil)

7. Pasar Buah Berastagi

objek wisata di karo sumut

Wowwww….pernahkah kaka belanja ke sebuah pasar yang khusus menyediakan buah-buahan? hmmm…kalau belum pernah, berarti kaka kudu banget berkunjung ke sini.

Ya, di pasar buah berastagi ini akan disajikan beragam jenis buah seperti manggis, stroberi, markisa, jeruk, mangga, pokoknya lengkap.

BACA :   50 Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang (Update 2020)

Hebatnya, kesemua buah-buahan ini bukan berasal dari luar daerah apalagi impor melainkan berasal dari kebun penduduk yang ada di kab Karo. Wah hebat ya.

  • Alamat : Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.

8. Air Terjun Sikulikap

wisata berastagi sumut

Rasanya tak bosan-bosan kita ngomoning air terjun. Ya gimana lagi, karena di Sumut itu memang banyak wisata alam.

Kemarin waktu kita ngomong tempat wisata Humbang Hasundutan Sumut, banyak sekali air terjun. Kece-kece lagi.

Nah di sini juga ada air terjun yang bisa kaka coba kunjungi, namanya Skulikap.

Apa kelebihan air terjun sikulikap ini?

Selain bisa menikmati pemandangan yang asri, kaka juga bisa bertemu dengan kawanan monyet di sini. iiiiiih. monyet jenis Gibon lagi yang suka bergelantungan di pohon.

  • Alamat : Jl Jamin Ginting Km 54 desa Goulu kecamatan Berastagi Kabupaten Karo

9. Danau Lau Kawar

wisata berastagi sumut

Nah danau ini kece banget buat wisata romantis. Pemandangan yang indah, pepohonan yang hijau, apalagi kalau langit lagi cerah bakal bikin kaka betah berlama-lama di sini.

Perlu kaka tahu, kalau tempat ini juga ternyata sering dipake berkemah. So, bagi kaka ingin ingin menghabiskan akhir pekan bersama kawan-kawan, kaka bisa enjoy di tempat ini.

10. Kebun Raya Tongkoh

objek wisata di karo sumut

Kebon Raya Tongkoh sangat recommended buat kaka. Soalnya di tempat ini kaka bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara.

Selain itu, ranum pepohonan dan berbagai buah yang ada di sini bisa kaka petik secara langsung.

Ada 3 macam buah yang menjadi favorit untuk dipetik diantaranya buah markisa, buah jeruk dan buah stroberi.

Pokoknya min jamin, kalau kaka berkunjung ke sini kaka nggak bakal nyesel.

Itulah ke 10 tempat wisata unggulan di Berastagi Kabupaten Karo Sumatra Utara. Jangan tunda lagi, ayo masukan tempat ini ke daftar tempat wisata yang mau kk kunjungi di tahun ini.

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Deli Sumut Terpopuler

 

Leave a Reply