10 Tempat Wisata di Batu Bara Sumut Terpopuler

Tempat wisata di batu bara – the travelers yang kece-kece, setelah min lelah menjelajahi seluruh tempat wisata di banda aceh dan seluruh pelosoknya, kini min beralih ke sebelah selatan yaitu provinsi sumatra utara.

Selama beberapa minggu ini min ingin menemani liburan kaka-kaka di sumut, tepatnya lagi di kabupaten Batu Bara.

Perlu kaka tahu, tempat ini sebetulnya jarang banget dikunjungi para wisatawan. Padahal pariwisata di sini indaaaaah banget. Kalau yang udah pernah mah, mereka sering sebut tempat ini sebagai surga yang tersembunyi di sumut.

Kota Batu Bara

gedung kabupaten batu bara

Batu Bara adalah sebuah kabupaten yang terbilang baru di sumatra utara, yaitu diresmikan sebagai kabupaten pada tahun 2007 melalui undang-undang yang disetujui DPR tahun 2006.

Kabupaten ini merupakan pemekaran dari kabupaten asahan.

Meski terbilang baru, tetapi jangan salah loh ka, soal tempat wisata mah kota ini merupakan jagoannya di antara kota-kota lain di sumut.

Min yakin, kalau kaka ke sini, nanti kaka akan ketagihan dan bisa-bisa nggak mau pulang. wkwkwkw

Daftar Tempat Wisata di Batu Bara Sumut Terbaru

Tempat wisata di Batu Bara sangat variatif, ada wisata alam seperti pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi dan sebagainya.

Dari sekian banyak tempat wisata itu min hanya akan sharingkan 10 saja buat kaka. Dengan info ini semoga kaka bisa mengunjungi satu per satu ya,

1. Singapore Land Waterpark Batubara

waterpark di batu bara

Waterpark ini termasuk tempat wisata yang paling ramai di Batu Bara. Oleh sebab itu, min sangat merekomendasikan banget buat kaka kunjungi.

Di tempat wisata ini kaka bisa nikmati berbagai permainan air yang bisa menguras adrenalin. Di samping itu, kaka juga bisa bersantuy di beberapa spot. Cocoklah buat wisata keluarga.

BACA :   10 Tempat Wisata di Dairi Sumut Terbaru (Update 2020)

Hanya saja, menurut para wisatawan yang lain, tempat ini agak bikin jengkel karena setiap fasilitas butuh uang. parkir bayar, toilet bayar, makan bayar, ya iya lah. wkwkw

Tapi kalau menurut min mah enjoy aja, seru dan bikin otak jadi fresh. Soal uang mah, ya nggk gede-gede juga kali …paling berapa sih. ciee

  • Alamat : Jl. Lintas Sumatra Utara Km 141, Sei Balai, Perkebunan Sei Balai, Batubara Sumut.
  • Tiket Masuk : –

2. Pantai Bunga

pantai di batu bara

Sesuai namanya, pantai ini terbilang manis-manis sedap. Debur ombak yang landai, angin yang sepoy-sepoy dan pemandangan yang indah merupakan modal yang jadi daya tarik wisatawan.

Hanya saja, memang pada beberapa fasilitas nampaknya kurang terurus. Contohnya tempat wudhu di mushala, kurang rapi dan kurang bersih.

Belum lagi soal toilet yang tarifnya lumayan mahal bagi orang kampung mah, Rp 5000 loh ka. Hehe

Kendati demikian, soal keindahan tempat wisatanya mah oke saja. Cocok buat jalan bareng si doi atau bersama teman-teman.

  • Alamat : Jl. Pariwisata Tanjung Tiram, Batubara Sumut.
  • Tiket Masuk : Rp. 10.000 dan untuk parkir kendaraan Rp. 5.000

3. Wisata Alam Datuk

wisata alam di di batu bara

Untuk wisata keluarga, tempat ini sangat recommended banget buat kaka. Tempatnya nyaman, banyak pohon rindang, sejuk dan beberapa spot sangat selfieable. 

Selain itu, di alam datuk juga ada beberapa satwa yang bisa menghibur para wisatawan.

Kalau kaka mau ke sini, jangan lupa untuk membawa camera yang bagus agar jepretan kaka bisa diabadikan sehingga kalau nanti kangen, kaka bisa lihat foto tersebut. hehe

  • Alamat : Kwala Indah, Sei Suka, Batubara Sumut
  • Tiket Masuk : –

4. Istana Niat Lima Laras

wisata sejarah di batu bara

Tempat ini merupakan wisata sejarah yang kudu kaka kunjungi. Sebab dengan mengunjungi tempat ini kaka akan mendapatkan berbagai info dan pengetahuan kesejarahan.

Boleh dikata tempat ini termasuk wisata edukasi yang bisa memberikan manfaat bagi para pengunjung.

Berdasarkan cerita yang menyebar di masyarakat, dahulunya istana ini pernah dihuni oleh 12 raja dengan raja yang terakhir bernama Datuk Muhammad Yuda yang cicitnya masih ada di sekitar Istana tersebut.

BACA :   25 Tempat Wisata di Calang Aceh Jaya Terbaru (Update 2020)

Saat ini istana Niat Lima Laras diurus oleh Dinas Purbakala RI agar dapat dilestarikan dan dijaga keutuhannya.

Kalau kaka tertarik untuk berkunjung, silahkan datang ke Tj Tiram yaw….

  • Alamat : Jl. Rakyat, Lima Laras, Tj. Tiram, Batu Bara Sumut.
  • Tiket Masuk : –

5. Pantai Jono

pantai di batu bara

Pantai Jono adalah pantai terluas di pulau Sumatera. Karena itu, pantai ini sangat menarik untuk kaka sambangi.

Salah satu kelebihan yang dimiliki pantai ini terletak pada pasir putihnya yang memanjang di bibir pantai.

Di pasir ini kaka bisa berjalan-jalan santuy sembari menikmati deburan ombak landai dan tiupan angin yang sepoy-sepoy.

Ditambah lagi pemandangan sekitar sangat fotogenik sehingga bisa kaka jadikan backround selfie atau welfie bersama teman-teman kaka.

  • Alamat : Des. Lalang, Medang Deras, Batu Bara Sumut
  • HTM : –

6. Danau Laut Tador

danaud di batu bara

Danau ini termasuk tempat wisata santuy yang diminati para pengunjung. Oleh sebab itu, sangat recommended banget buat kaka.

Dengan luas sekitar 8 hektar dan dikelilingi banyak pepohonan, wajar jika danau laut tador memiliki udara yang sejuk.

Apalagi di bagian tengah danau ada pulau kecil yang bisa kaka sambangi dengan menggunakan perahu. Wah indah banget tuh.

Selain itu, di tempat ini juga kaka bisa menyaksikan jenis flora langka yang usianya sudah ratusan tahun. Bisa dibayangkan tuh ka, betapa berharganya flora tersebut.

  • Alamat : Kebun Laut Tador, Kec. Sei Suka, Batu Bara Sumut.
  • HTM : –

7. Pulau Salah Namo

pantai di batu bara

Mengapa dinamai pulau salah namo/nama? pernahkah kaka tanyakan hal itu ke mbah google. Hehe. Baiklah kalau kaka belum tahu, min akan kasih tahu. Tapi inget, kaka nggk boleh ngebuly min ya…

Ceritanya begini, sebelumnya pulau ini bernama ‘anu’ alias salah satu bagian organ intim perempuan. Lalu karena kaum perempuan tidak terima, maka mereka tidak menjawab tatkala ditanya tentang pulau ini.

BACA :   20 Tempat Wisata di Langkat SUMUT (Update 2020)

Kalau pun menjawab, mereka akan memalingkannya. Misalnya kaka bertanya ke perempuan di sini “Dek, pulau itu namanya apa ya?” maka si perempuan akan menjawab “Itu pulau salah namo” hehe

Dari penyebutan ini akhirnya orang-orang mulai menyebut dengan nama tersebut. Sementara nama yang terambil dari bagian intim perempuan lambat laun meredup dan hilang.

Keren kan…???

Pokoknya recommended banget buat kaka. Silahkan berkunjung yaw..

  • Alamat : Kabupaten Batu Bara
  • HTM : –

8. Pantai Bogak

pantai di batu bara

Pantai bogak termasuk destinasi wisata yang cocok untuk jalan-jalan sore. Hal itu karena pantai ini memiliki pemandangan yang super kece dan seru untuk membidik matahari terbenam.

Kalau kaka mau ke sini, sebaiknya ajak si doi ya…bisa dibayangkan tuh betepa indahnya sambil menikmati suasana pantai.

9. Dogi Park Waterboom Indrapura

waterpark di batu bara

Ahaha, tempat kece kaya gini ketemu lagi. Yaps,,,Dogi Park Waterboom termasuk objek wisata yang kudu kaka coba.

Di sini tempatnya bagus-bagus loh ka buat foto-foto santuy. Ditambah lagi ada kolam renangnya yang bisa memanjakan tubuh kaka.

Selain itu, biaya masuknya juga relatif murah kaka sehingga cocok kalau kesininya bareng-bareng.

10. PT Inalum

perusahaan alumunium di batu bara

Inalum kependekan dari Indonesia Asahan Alumunium. PT ini merupakan perusahaan milik BUMN yang konsen di bidang peleburan alumunium.

Bagi masyarakat setempat, PT ini termasuk sesuatu yang dibanggakan karena bisa menyuntik perekonomian masyarakat dan juga bernilai edukasi.

Kalau kaka ingin berkunjung ke sini untuk mengetahui seluk beluk peralumuniuman, kaka harus datang bersama kelompok, tidak bisa sendiri.

Selain itu, kaka juga harus izin terlebih dahulu ke perushaan. Jika sudah mendapat izin, nantinya kaka dan rombngan akan dibimbing oleh seorang guide yang sudah disediakan perusahaan.

Guide ini akan mengajak kaka untuk mengetahui berbagai hal yang ada di PT ini dan juga memberikan penjelasan secara detail.

Itulah kesepuluh tempat wisata kece di kabupaten Batu Bara yang bisa min sharingkan ke kaka….moga bermanfaat ya..

Baca Juga :

10 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Terbaru

Leave a Reply