59 Tempat Wisata di Banda Aceh Kota Terbaru (Update 2020)

Tempat Wisata di Banda Aceh – Sebelumnya kita sudah bahas tempat-tempat wisata yang ada di provinsi aceh entah itu di kabupaten Calang, Idi Rayeuk, Bireuen dan sebagainya.

Sekarang min mau ajak kaka-kaka travelers untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada di kotanya, yaitu Banda Aceh.

Min yakin banyak di antara kaka2 yang pengen traveling ke kota Banda Aceh. Di samping karena wilayah ini unik, menggunakan syariat Islam, mungkin kaka juga kepo dengan destinasi wisatanya.

Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh adalah ibu kota dari provinsi Aceh itu sendiri. Tempat ini sangat terkenal karena aturan kehidupan sehari-harinya menggunakan syariah.

Embel-embel syariah pun merebak ke berbagai sektor termasuk pariwisata. Di sini ada wisata syariah, ada hotel syariah, kuliner syariah dan sebagainya. Lantas bagaimana dengan tempat wisatanya?

Daftar Tempat Wisata di Banda Aceh

Kalau tempat wisata di Karang Baru Aceh Tamiang banyak mengusung wisata alam, dan tempat wisata di Idi Rayeuk banyak mengusung wisata pantai, maka di kota banda aceh ini banyak mengusung wisata modern.

Misalnya ada tempat wisata dalam bentuk museum, atau wisata sejarah yang sudah direnovasi dengan sentuhan modern dan sejenisnya. Untuk lebih detailnya, berikut min infokan list wisata di Banda Aceh.

51. Museum Tsunami

wisata banda aceh

Museum Tsunami terinspirasi dari bencana Tsunami yang pernah terjadi pada tahun 2004.

Tujuan dibangunnya museum ini tiada lain untuk mengenang peristiwa tersebut. Dengan demikian generasi berikutnya akan tahu kalau di negerinya pernah terjadi Tsunami.

Uniknya, arsitek bangunan museum ini ternyata dibuat oleh Ridwan Kamil yang saat ini sedang menjabat sebagai gubernur Jawa Barat.

Kalau min perhatikan, konsep bangunan ini mengandung nilai sejarah yang luar biasa.

BACA :   16 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Terbaru (Update 2020)

Pintu masuknya saja berbentuk lorong sempit dan gelap. Ditambah lagi di samping kiri dan kanannya berbentuk dinding air sehingga ketika kita masuk, kita akan merasakan sensasi Tsunami.

Adapun bagian dalam museum, dindingnya dihiasi oleh Tarian Saman yang merupakan tarian tradisional khas Aceh.

Selain itu ada juga tulisan nama-nama korban tsunami yang diabadikan di sini. Begitu juga dokumentasi ketika kejadian dan pasca kejadian. lengkap ada di sini.

Kalau dilihat dari atas, bentuk museum tsunami terlihat seperti gelombang tsunami. Unik banget deh. Kaka kudu nyoba berkunjung ke sini.

52. Monumen Kapal Apung

wisata banda aceh

Monumen yang satu ini tidak lepas dari tragedi tsunami. Soalnya kapal apung yang ada di daerah Punge, Blangcut ini adalah hasil dari terjangan dahsyatnya tsunami.

Mulanya kapal ini digunakan sebagai kapal pembangkit tenaga listrik, tetapi ketika tsunami terjadi, kapal ini terbawa hanyut hingga 5 KM.

Padahal kapal ini besar banget loh, panjangnya 63 meter, luas 1,900 meter dan bobotnya 2,600 ton. Wow….bisa dibayangkan tuh betapa dahsyatnya tenaga tsunami.

Saat ini bangkai kapal ditata ulang dan desain sedemikian rupa. Begitu juga dengan fungsinya, sudah dialihkan menjadi tempat wisata edukasi.

Jadi, kalau kaka berkunjung ke Aceh, sempetin ya berkunjung ke monumen ini.

53. Gunongan

wisata banda aceh

Gunongan adalah tempat wisata bersejarah peninggalan para raja Aceh terdahulu.

Secara harfiah, Gunongan berarti gunung kecil yang konon dibuat oleh sultan Iskandar Muda yang tujuannya untuk membahagiakan permaisurinya, Putroe Phang.

Saat itu Putroe Phang sedang teringat kampung halamannya, lalau Sultan menghiburnya dengan cara membuatkan gunung ini. Ih keren banget kan???

Di sekitar Gunongan ini ada dua taman yaitu Taman Sari dan Taman Ghairah.

Areal Taman Ghairah sangat luas karena di sini dulunya dilengkapi dengan tempat pemandian Putroe Phang bersama para dayangnya.

Selain itu, di areal ini juga ditanami dengan bunga-bunga hias dan kebun. Pokoknya speechles deh buat jelasinnya. Kakak traveler wajiiiiiib banget berkunjung ke sini.

BACA :   Tempat Wisata di Subulussalam Aceh Terbaru (Update 2020)

54. Pasar Aceh

wisata kota banda aceh

Setelah lelah menjelajahi wisata di Kota, kaka bisa rehat sejanak ke tempat perbelanjaan, terutama di Pasar Aceh.

Di pasar ini kaka bakal nemuin beraneka souvenir dan oleh-oleh khas aceh yang bisa kaka beli untuk kenang-kenangan.

Selain itu, berbagai barang dan kuliner pun turut dipamerkan, ada topi, batik, baju, aksesoris, kopi, makanan dan sebagainya. Pokoknya lengkap.

untuk mengaksesnya pun sangat gampang karena pasar ini terletak di belakang komplek Masjid Baiturrahman.

55. Simpang Mesra

wisata kota banda aceh

Apa yang teringat di benak kaka-kaka ketika mendengar simpang mesra? kalau min tebak, kayaknya kaka ingat mantan ya, betullll?

Padahal ni ya, Simpang Mesra itu tempat kuliner khas Aceh.

Jadi kalau kaka berkunjung ke sini, kaka akan dihadapkan pada aneka ragam kuliner mulai dari ikan bakar, ikan goreng, rendang,,,pokoknya lengkap deh.

Selain kuliner, di tempat ini juga terdapat bangunan bersejarah yaitu Tugu Pena yang merupakan penanda gerbang menuju Daarussalam.

Daarussalam ini adalah lokasi yang terdapat dua universitas yaitu UIN Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala.

Singkatnya, kalau kaka berkunjung ke tempat ini kaka akan mendapatkan nilai kuliner, nilai sejarah dan juga nilai edukasi.

56. Kerkhoff Peucut

wisata banda aceh

Tempat ini merupakan tempat bersejarah yang lokasi berada di belakang museum Tsunami.

Kerkhoff Peucut sendiri adalah kuburan masal prajurit Belanda yang mati dalam Perang Aceh.

Di dalamnya ada sekitar 2000 kuburan prajurit yang berasal dari berbagai daerah seperti Ambon, Madura dan Jawa. Mereka semua bergabung dengan angkatan Bersenjata Hindia Belanda.

Jadi, kalau kaka ke sini, kaka akan mendapatkan banyak pengetahuan kesejarahan yang sangat penting.

57. Taman Hutan Kota Banda Aceh

wisata kota banda aceh

Setelah selesai mengunjungi berbagai tempat wisata, sebaiknya kaka sempatkan berkunjung ke taman hijau seperta hutan kota ini.

Di sini kaka bakal menjumpai rawa-rawa kecil yang ditumbuhi ikan dan tanaman bakau. Karena itu, tempat ini sangat cocok untuk bersantuy dan berselfie.

BACA :   93 Tempat Wisata di Sabang Aceh Terpopuler (Update 2020)

Pemandangannya indah banget loh. Pun dengan udaranya, sejuk dan bikin pewe.

58. Taman Bustanussalatin

wisata kota banda aceh

Di bagian atas tadi kaka bilang kalau di taman Ghairah itu ada bekas peninggalan Putroe Phang berupa tempat pemandian dan bunga-bunga.

Nah tempat ini sekarang diubah menjadi Taman Bustanussalatiin. Dengan renovasi yang super cantik, taman ini cocok untuk kaka kunjungi.

Apalagi tempat ini sering dimanfaatkan oleh anak-anak muda terutama ketika mereka mengadakan event-event kreatif baik formal atau non formal.

Kalau sore hari, tempat ini dipadati para pengunjung hingga tengah malam. Wow!

59. Masjid Baiturrahman

masjid baiturrahman aceh

Khusus list yang terakhir ini, kaka bakal dibuat takjub. Sebab masjid Baiturrahman merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur ketika peristiwa terjadi.

Padahal kala itu semua bangunan yang ada di sekitarnya luluh lantak tak tersisa.

Siapa pun yang menyaksikan peristiwa ini pasti hatinya akan takjun pada Yang Maha Kuasa.

Selain itu berbagai pesitiwa ajaib pun turut terjadi bersamaan kokohnya masjid ini.

So, kalau kaka berkunjung ke sini, kaka akan mendapatkan banyak nilai. Nilai sejarah, nilai wisata dan juga yang tak kalah penting adalah nilai religi.

Itulah kesembilan tempat wisata di Kota Banda Aceh yang lagi hits dikunjungi para wisatawan.

Sebetulnya masih banyak tempat wisata lain terutama yang baru-baru yang bisa kaka kunjungi. Misalnya di sini ada Ulee Lhee, Kapal Tsunami Lampulo, Warung Kopi Aceh, Mie Aceh dan sebagainya.

Tapi menurut min tempat2 wisata tersebut sudah cukup dan memadai buat agenda liburan kaka tahun ini.

Nanti kalau tahun depan mau liburan lagi ke aceh, kaka buka lagi ya situs wisataterbaru.net, coz min akan selalu update perkembangan termutakhir seputar tempat wisata.

Demikian, terima kasihhhh…..

Baca Juga : Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Terbaru

Leave a Reply