Kebun Raya Cibodas Puncak yang Kudu Diketahui

Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden) adalah objek wisata alam yang memiliki seribu satu daya tarik bagi siapa pun yang pernah atau mendengar tempat wisata tersebut.

Lingkungan alam yang bersih, fresh, romantis membuat siapa pun rindu untuk datang lagi dan lagi.

Terlebih lagi lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang popularitasnya sudah menjagat, tentu semakin menambah daya tarik KRC ini.

Oleh sebab itu  wajar jika objek wisata andalan Puncak ini begitu terkenal baik dalam negeri maupun manca negara.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Secara historis kawasan Kebun Raya Cibodas termasuk peninggalan kompeni alias penjajah Belanda sekitar tahun 1850an.

Kemudian sorang kurator Belanda berinisiatif untuk membangun sebuah kebun raya yang dulunya bernama Bergtuin te Tjibodas pada 11 April tahun 1852.

Tujuan awalnya hanya diperuntukan untuk menyimpan dan membudidayakan taman luar negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kemudian lambat laun berkembang dan namanya berubah menjadi Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. 

Lalu pada tahun 2003 statusnya berganti menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan yang berada di bawah Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Perlu diketahui, setiap tanggal 11 April senantiasa diperingati hari berdirinya kebun raya dan biasanya tiket masuk digratiskan untuk siapa pun.

Daftar Objek Wisata di Kebun Raya Cibodas

Jangan salah, di sini itu bukan hanya ada pepohonan aja sebagaimana konotasi kebun yang kita tahu.

BACA :   Bukit Puncak Pass Bogor : Kebun Teh Paling Cocok Buat Nyantuy

Justru di sini tuh ada banyak objek yang bisa kaka kunjungi. Min yakin, setiap tempat yang kaka sambangi pasti memiliki kesan tersendiri dan bisa bikin kaka rindu terus untuk kembali.

Berikut ini min sharingkan satu per satu yaw.

1. Taman Sakura yang Romantis

taman sakura cibodas

Kalau kaka sering nonton film romantis ala Jepang, pasti kaka tahu bagaimana indahnya pohon sakura di sana.

Nah, kalau pengen menikmati keindahan pohon tersebut, kaka tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang lagi.

Soalnya di Kebun Raya Cibodas ini sudah dilengkapi dengan pohon indah nan romantis itu.

Sampai di sini mungkin kaka bertanya, mengapa di Cibodas tumbuh pohon sakura dan bisakah pohon tersebut ditanam di pekarangan rumah?

Hmm…jawabannya karena daerah Cibodas berada di ketinggian 1.400 mdpl sehingga kondisi ini mendukung pertembuhan pohon sakura.

Tapi perlu dicatat, karena pohon ini hanya mekar dua kali setiap tahun maka kaka harus pastikan datang ke sini tepat pada waktunya yaitu pada bulan Februari dan Juli/Agustus.

Kalau kaka melipir ke sini, min yakin kaka bakal betah menikmati indahnya 7 jenis pohon sakura yang sangat menawan.

2. Rumah Kaca Kebun Raya Cibodas

rumah kaca kebun raya cibodas

Selain taman sakura, kaka juga bisa melipir ke rumah kaca yang menyimpan 4000an koleksi tanaman.

Di rumah ini kaka bisa mengenal kaktus dengan beragam jenisnya, anggrek dengan berbagai variannya dan juga tanaman-tanaman lainnya.

Uniknya, di tempat ini juga menyimpan koleksi-koleksi tanaman yang sudah punah di tempat lain. Ahah, makanya tempat ini tuh cocok banget buat study tour. hehe

3. Bunga Bangkai Raksasa

bunga raflesia

Sewaktu sekolah SD min sering denger nama bunga ini tetapi min tidak tahu dimana harus menemukannya. hehe. maklum sekolah di pedalaman banged.

Nah sekarang kalau kaka-kaka seperti min juga, cobalah melipir ke Puncak lalu berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Kaka pasti bisa nemuin bunga yang tingginya melebihi tinggi manusia ini.

BACA :   Info The Ranch Puncak Bogor : Tiket Terbaru, Aktifitas & Fasilitas 2020

4. Taman Lumut

taman lumut kebun raya cibodas

Kalau hanya secuil lumut mungkin kaka-kaka juga sering lihat entah di kolam deket ruamah atau di empang.

Tetapi apa jadinya jika lumut ini sangat banyak bahkan jenisnya saja mencapai 235 jenis. Woww pasti fantastis.

Begitulah jika kaka ke Kebun Raya Cibodas, kaka bisa jumpai pemandangan lumut yang sangat melimpah.

5. Araucaria Avenue (Jalan Batu)

Araucaria Avenue

Selain tempat-tempat di atas kaka juga bisa menimati sensasi berjalan di atas jalan batu besar dari wisma tamu hingga ke kolam besar (nanti min jelasin di bawah).

Mengapa jalan di atas batu ini sangat mengesankan?

Tentu saja selain besar dan rapi, kaka juga bisa menyaksikan pohon Araucaria yang ada di kiri dan kanan sepanjang jalan.

Uniknya, konon pohon ini sudah tumbuh sejak 154 tahunan yang lalu tepatnya sejak tahun 1866 M.

6. Air Terjun Cibereum

Air Terjun Cibereum

Selain spot santuy dan romantis, kaka juga bisa coba mendaki tempat menantang seperti air terjun ini.

Soalnya untuk menuju ke tempat ini kaka harus menyusuri rute yang sama dengan rute ke gunung gede pangrango.

Nah, rute ini bisa kaka tempuh melalui cibodas.

7. Taman Rhododendron

Taman Rhododendron

Kalau kaka pecinta bunga, kaka bisa puaskan di taman ini. Min yakin berbagai jenis tanaman dari berbagai negara ini bisa bikin kaka heppy selama berwisata.

Bayangkan aja pemandangan yang indah, bunga-bunga yang beragam, angin sepoy-sepoy,,ooooh please ke sininya bareng doi ya. wkwk

8. Wahana Jalan Air

jalan air

Kaka travelers yang pengen terapi kaki nampaknya bisa memanfaatkan air yang alirannya berasal dari sungai Cibogo Gunung gede.

Soalnya air di sini jernih dan dingin banget sehingga siapa pun yang menurunkan kakinya min yakin akan merasa seperti menginjak es.

BACA :   Kampung Puncak Pinus Cikalongkulon Cianjur

Bisa dibayangkan tuh betapa maknyusnya respon urat-urat kaki dan secara tidak langsung tubuh kaka pun akan ikut merasakan adem.

9. Kolam Besar

kolam besar cibodas

Kolam besar ini merupakan tempat habitat tumbuhan air. So, selain menikmati suasana yang memang indah, kaka juga bisa belajar banyak hal termasuk mempelajari berbagai habitat ini.

Di tambah lagi di sini juga ada koleksi tanaman paku, tentu semakin menambah keragaman ekosistem.

Oya, ngomong-ngomong suka nggak ke tanaman paku? kalau min mah suka banget. hehe

Kelebihan Kebun Raya Cibodas

Sebetulnya tak perlu berpanjang kalam lagi min ceritain keindahannya. Soalnya berbagai spot yang udah min jelasin di atas sudah membuat kita terbayang betapa beautiful nya ni kebun.

Dengan berbagai jenis koleksi tanaman dan pepohonan itu tak heran jika kebun raya ini sudah termasuk Botanical Garden.

Pun dengan spot-spot kece yang selfieable, pasti bikin kamera kaka manja jepret sana sini.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Soal fasilitas umum, kaka juga tak perlu khawatir karerna di sini sudah dilengkapi semua kebutuhan kaka seperti toilet, shelter, gazebo buat ngajengjehe (nyantuy), mushola, petunjuk arah dan sebagainya.

Begitu juga dengan tempat parkiran, pokoknya tak perlu bingun.

Selain itu di sini juga ada fasilitas wara wiri yaitu minibus yang digunakan untuk mengantar wisatawan untuk berkeliling kebun. Biayanya cuma Rp. 10.000

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

  • HTM : Rp. 16.500 per orang
  • Wara Wiri : Rp. 10.000
  • Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Parkir Mobil : Rp. 16.000
  • Jam Operasi : 08.00 sd 17.00 WIB

Alamat : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Demikian yang bisa min sharingkan, semoga bermanfaat ya

Leave a Reply