Harga Tiket Hutan Kota Jombang Tangsel [2020]

Hutan Kota Jombang – Bagi kaka yang sedang berburu tempat wisata gratis, sepertinya tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik. Taman cantik yang baru saja diresmikan pekan kemarin, menambah deretan panjang referensi destinasi wisata di Tangerang Selatan.

Tempat ini sangat cocok bagi kaka yang sedang ingin bersemedi melarikan diri dari kejenuhan kota, cocok juga bagi kaka yang ingin mengajak istri dan putra-putrinya bermain.

Emak-emak kece sesekali bisa juga mengadakan arisan di sini sambil makan bareng dan ngasuh anak bareng. Dijamin arisan menjadi semakin seru dan menyenangkan.

Selain itu, bagi para remaja ababil yang hobi berfoto tentunya tempat ini pilihan kece untuk dikunjungi. Kaka yang sedang skripsi atau sedang ruwet dengan tugas pun bisa melipir kesini sambil membawa laptop dan buku-buku.

Kaka bisa mencari tempat duduk di pojokan dan mulai berkonsentrasi mengetik ditemani semilir angin sepoy-sepoy.

Taman ini bernama Kawasan Kali Mati Hutan Kota Jombang. Perjalanan menuju kesini ditempuh oleh min hanya sekitar 35 menit dari Pasar Ciputat menggunakan kendaraan bermotor. Karena tempatnya agak ke dalam, jadi min lumayan kesulitan mencarinya.

Jangan terkecoh, gerbang masuk menuju taman ini ada 2. Gerbang pertama bertuliskan balai pertanian, sehingga min tidak yakin itu adalah taman yang sedang min cari.

Setelah memaksakan diri masuk ke gerbang tersebut, ternyata barulah ditemukan ada gerbang kedua dengan tulisan “Kawasan Kali Mati Hutan Kota Jombang”. Akhirnya, min bisa tersenyum karena berhasil menemukan tempat yang dicari-cari.

Berikut min deskripsikan pengalaman kunjungan min dan juga fasilitas-fasilitas di dalamnya yah, kaka:

1. Harga Tiket Masuk & Area Parkiran

Hutan kota jombang

Setelah melalui gerbang, terdapat kawasan parkiran yang dijaga oleh petugas-petugas. Min hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 3.000,- saja untuk biaya parkir. DAN TIDAK ADA BAYAR TIKET MASUK LAGI ALIAS GRATIS. 

Area parkir ini ditunggu oleh beberapa petugas berseragam loreng orange. Tersedia area parkir untuk mobil dan motor.

Sebelum masuk ke dalam, kaka dapat jajan dulu di area dekat parkiran. Lumayan untuk camilan ketika main-main di dalam nanti.

Tersedia warung dadakan yang ditunggu oleh emak-emak kece. Tersedia makanan ringan, minuman, mie ayam sederhana, dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau laah.

2. Spot Foto

hutan kota jombang

Ketika masuk ke dalam, kaka akan mendapati kali yang sedang dibenahi agar airnya lebih bersih, min menduga itulah yang selama ini dikenal dengan kali mati.

Kemudian min mulai memasuki kawasan taman, terdapat spot foto terdepan yang tampak eye catching bertuliskan “LOVE ; TAMAN HUTAN KOTA JOMBANG”.

Spot tersebut tak pernah kosong dari orang yang berfoto sejak min datang hingga pulang lagi. Spot ini memang sengaja didesain cantik lengkap dengan hiasan bunga-bunga, batu-batu dan tangga-tangga kecil.

Terdapat juga batu prasasti yang menandakan peresmian taman oleh walikota Tangerang Selatan. Ternyata ka, taman ini baru diresmikan pada tanggal 9 februari 2020. Baru banget di hari kemarin. Waw, luarr biasa. Baru diresmikan, namun pengunjung sudah membludak dari mana-mana.

Spot foto menarik lainnya terdapat juga tembok-tembok yang dihiasi lukisan indah dan lucu berwarna-warni. Dijamin keren jika berfoto dengan latar belakang tembok ini.

Lainnya lagi, terdapat terowongan warna-warni yang tersebar di beberapa titik area,. Juga terdapat jembatan gantung dan rumah pohon yang menjadi spot foto favorit selanjutnya.

BACA :   Gunung Pancar Sentul : Tiket, Fasilitas, Wahana, Camping, Lengkap

3. Musholla dan Toilet

mushola hutan kota jombang

Musholla di taman ini cukup bersih dan rapi. Dilengkapi dengan karpet, sajadah, dan mukenah. Tak jauh dari musholla, terdapat 2 kamar mandi yang juga cukup bersih dengan air yang cukup memadai. Kamar mandi ini dipisah antara kamar mandi laki-laki dan perempuan.

Jangan khawatir kamar mandinya dilengkapi dengan pilihan WC jongkok dan WC duduk. Jadi, kaka bisa memilih sesuai kebiasaan dan kenyamanan.

4. Kursi-kursi, meja, dan gazebo untuk bersantuy bersama sahabat

suasana rindang hutan kota jombang

 

Di tempat ini, kaka akan menemukan banyak sekali meja dan kursi yang disediakan pengelola. Jadi, kaka bisa memilih mau ngobrol santuy bareng teman-teman di sebelah mana saja. Jangan khawatir kehabisan meja dan kursi.

Pengelola menyediakan juga 2 buah gazebo tempat santuy sambil rujakan khas emak-emak milenial. Buat yang mager, tempat ini paling cocok untuk rebahan sambil menikmati angin sepoy-sepoy.

Tapi sayangnya, di sekitar tempat bersantuy ini belum tersedia fasilitas colokan kabel dan wifi. Jadi, kalau mau mengetik buat tugas maka bersiap untuk mengisi baterai hp dan laptop dari rumah yaa.

Kalau terpaksa banget nanti ada colokan satu-satunya yang min temui di musholla, siapkan saja rol kabel panjang. Hehe.

5. Permainan Anak-Anak

mainan anak anak di hutan kota jombang

Sangat membantu emak-emak sekali keberadaan taman ini. Jika bingung mau mengajak putra-putrinya bermain sambil berlari-lari dimana, maka disinilah tempatnya.

Permainan anak-anak sangat lengkap di taman ini. Min sih lihat bukan hanya anak-anak saja yang memainkan fasilitas ini, bapak-bapak juga ada yang ikut seru-seruan loh. Hehe… mungkin sambil mengenang masa lalunya dulu.

Beberapa permainan anak antara lain sbb :

  • Ayunan besar dan kecil,
  • Serodotan,
  • Papan titian,
  • Tiang gelantungan,
  • Area joging track,
  • Fitness outdoor,
  • daaan yang tak kalah seru adalah terdapat kejutan air mancur.
BACA :   Jungleland Sentul : Tiket, Wahana, Fasilitas, Lengkap

Ketika sedang ramai-ramainya, tertiba saja air mancur itu dinyalakan. Maka tampak hebohlah anak-anak bermain di sekitar air mancur itu.

Apa yang mereka lakukan? Bermain ciprat-cipratan air mancur. Haha. Sepertinya jika kaka membawa putra-putri yang masih kecil harus bersiap membawa pakaian ganti yah.

6. Jembatan Gantung dan Rumah Pohon

hutan kota jombang

Jembatan gantung ini terdapat tepat di tengah taman. Tingginya sekitar lima meter. Terdapat rumah pohon juga di ujung jembatan gantung tersebut.

Karena cukup tinggi, pengelola memberikan warning agar anak dengan tinggi badan di bawah 90 cm didampingi orangtua ketika menaikinya.

Banyak hal bisa dilakukan di jembatan gantung dan rumah pohon ini. diantaranya berfoto atau bisa juga berkontemplasi di rumah-rumah pohon yang disiapkan. Untuk rombongan pelajar, bisa juga sambil diskusi kelompok kali yah. Pasti seru deh.

Wah, min jadi kepikiran kalau di taman ini disediakan juga ruang-ruang belajar dan perpustakaan bagi anak-anak dan remaja. Pasti semakin keren euy.

Naah, itulah fasilitas-fasilitas yang tersedia di taman ini. selain itu, taman ini kebersihannya cukup terjaga. Udaranya segar berasal dari pepohonan besar yang banyak berjajar di sekitar taman.

Tak hanya itu, petugasnya pun cukup ramah. Jadi tak perlu segan jika harus bertanya-tanya seputar taman.

Masihkah kaka ragu untuk berkunjung? Min yakin pastinya tidak. Iya kan?? Kuylah melipir…

air mancur

air mancur di hutan kota jombang

wisata hutan kota

gazebo di hutan kota jombang

kali mati jombang

suasana di hutan kota jombang

rumah pohon hutan kota

jembatan rumah pohon di hutan kota jombang

wisata gratis hutan kota jombang

gerbang masuk hutan kota jombang

hutan kota jombang

foto dari atas jembatan & rumah pohon

gazebo di hutan kota jombang

gazebo di hutan kota jombang

Leave a Reply