36 Tempat Wisata di Simeulue Aceh Favorit Dunia (Update 2020)

Tempat wisata di Simeulue – Panas-panas begini enaknya ngapain ya? kalau menurut kaka travelers pgimana? hmm…kalau menurut min mah santuy-santuyan di tepi pantai. Hiks

Min yakin para kaka travelers juga setuju, suasana begini mah enaknya duduk santuy di pinggiran pantai sembari menikmati deburan ombak dan tiupan angin sepoy-sepoy.

Apalagi kalau ditemani di doi sambil ia tiduran di paha…owalah nanti pada menghkayal lagi.

Intinya, bagi kaka yang suka ngepantai, maka tempat-tempat wisata di Sinabang Simeulue ini sangat recommended banget buat kaka.

Pasalnya tempat wisata di sini full didominasi oleh wisata pantai. Dengan demikian, kaka akan punya banyak alternatif tempat wisata selama di sini.

Kota Sinabang

Sinabang merupakan sebuah pusat kota sekaligus ibu kota dari kabupaten Simeulue, salah satu kabupaten di Aceh.

Adapun lokasinya, Sinabang berada di sebelah timur pulau Simeulue yang merupakan sebuah kepulauan di tengah samudera Hindia.

Tentu, lokasi ini membuat Sinabang memiliki daya pikat tersendiri terutama pada pantainya yang aduhai. Nah, karena itu min mau sharing destinasi wisata di tempat ini.

Daftar Tempat Wisata di Sinabang Simeulue

Karena daerah kepulauan, maka tempat-tempat wisata pun nyaris semuanya berbentuk pantai.

Tapi jangan kuatir, kaka travelers nggak bakalan bosan meski semua tempat wisata berbentuk pantai. Beneran.

Mengapa?

Soalnya tempat wisata di sini tuh ya….aduh sulit dibayangkan. Kakak pernah ke pulau seribu? kalau pernah, gambarannya kira-kira seperti itu. Wuiiinndah banget.

Kalu nggak percaya coba baca list tempat wisatanya sebagai berikut :

31. Batu Siambong – Ambong Alafan

tempat wisata di sinabang

Batu Alafan merupakan sebuah batu besar yang menjorok ke laut dan kini menjadi objek wisata yang kece buat selfie-selfian.

untuk mengaksesnya, kaka bisa kunjungi tempat ini dengan durasi sekitar 3 jam via motor dari kota sinabang.

BACA :   10 Tempat Wisata di Takengon Aceh Tengah Terbaru & Terfavorit

Meski lumayan lama, kaka jangan kuatir, sebab sepenjang perjalanan mata kaka akan dimanjakan oleh pemandangan-pemandangan yang kece banget.

32. Pantai Thailand Simeulue

tempat wisata di simeulue

Mengapa dinamai pantai Thailand? kaka tahu? hmmmm min kasih tahu nih ya.

Dinamai pantai Thailand karena dulunya tempat ini merupakan tempat yang sering digunakan oleh orang-orang thailand.

Misalnya, pada tahun 1993 sd 2003, dermaga pantai ini sering dijadikan tempat untuk mengangkut kayu ke Thailand.

Oleh sebab itu, pantai ini kemudian disebut dengan nama Pantai Thailand.

Hanya saja, ketika terjadi peristiwa tsunami tahun 2004, orang-orang Thailand pun tidak lagi beroperasi sebagaimana sebelumnya.

Mereka lebih memilih bubar sehingga tidak tersisa lagi jejak-jejak mereka. Hmm begitu.

Soal keindahan, kaka tak perlu tanayakan lagi. Soalnya panorama pantai ini benar-benar memukau.

Paduan pasir putih dengan air laut yang berwarna hijau tosca membuat mata benar-benar nggak mau berkedip. Hehe

Ditambah lagi pantai ini masih perawan, belum ada yang menjajah. Asri dan alami banget loh ka…

Selain di atas permukaan, pantai Thailand juga menawawarkan keindahan bawah laut yang super duper kece.

Jadi kalau kaka termasuk penggemar snorkeling dan diving, kaka akan dibuat takjub oleh setiap jengkal keindahan bawah laut pantai Thailand.

Cara Menuju Pantai Thailand

Kalau kaka ingin ke sini, kaka bisa memilih salah satu dari 2 alternatif. pertama menggunakan jalur udara dan kedua menggunakan jalur laut.

Kalau jalur udara, kaka bisa turun di Bandara Lasikin yang terletak di kota Sinabang. Kemudian dari bandara ini kaka harus menempuh perjalanan lagi sekitar 1 jam.

Sementara kalau kaka pilih jalur laut, kaka bisa tuju pelabuhan Labuhan Haji yang ada di Aceh Selatan, lalu tuju pelabuhan Sinabang.

Dari Labuhan Haji ke Pelabuhan Sinabang ini kaka bisa naik via kapal feri yang durasinya sekitar 10 jam.

33. Pantai Nancala

tempat wisata di simeulue

Pantai Nancala adalah pantai yang memiliki ombak besar sehingga cocok buat aktifitas surfing. 

Ada banyak pecinta kegiatan ini yang datang setiap hari baik dari dalam maupun bule asing.

Saking kecenya nih ombak, sampae-sampe pantai ini dijadikan lomba surfing kelas dunia pada tahun 2015. Nama eventnya adalah Aceh Internatiional Surfing Championship.

Perlombaaan ini diikuti oleh peselancar dari berbagai negara seperti Prancis, Jerman, Australia, Kanada dan lain-lain.

BACA :   Tempat Wisata di Subulussalam Aceh Terbaru (Update 2020)

Adapun juaranya, ternyata dimenangkan oleh peselancar Indonesia yang berasal dari Bandung. Dia adalah Dede Suryana.

Fasilitas Pantai Nancala

Karena sudah semakin maju, apalagi pasca event internasional di atas, pantai ini pun sudah memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap. Di antaranya :

  • Penginapan yang tarifnya mulai dari Rp. 100 ribuan hingga Rp. 1.000.000 an. Tentu saja di dalam penginapan ini ada toilet, tempat parkir dan sebagainya termasuk alat-alat surfing
  • Masjid/Mushola
  • Rumah makan dengan berbagai menu seafood seperti udang, lobster dll

Singkatnya, kalau kaka touring ke pantai Nancala, kaka bisa melakukan beberapa aktifitas di sini seperti <

  • surfing
  • hunting foto
  • menikmati kuliner
  • bersantuy-santuy di pinggir pantai

34. Pantai Busung

tempat wisata di sinabang

Pantai busung termasuk pantai favorit yang banyak dikunjungi para wisatawan. Selain keindahan, letak pantainya juga tidak jauh dari kota Sinabang sehingga mudah diakses.

Pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai bakal bikin manja kaki kaka untuk berjalan-jalan santuy di pantai ini.

Apalagi kalau sambil renang dan maen-maen air, min yakin kaka bakal betah berwisata di pantai ini.

Fasilitas Pantai Busung

Karena sudah ramai dikunjungi para pelancong, fasilitas di pantai ini pun sudah berbenah. Di antara fasilitas yang ada misalnya :

  • Tempat penginapan dengan fasilitas lengkap termasuk kolam renang dan tempat mancing
  • Mushala
  • Toilet
  • Mini Cafe

Selain keindahan pantai yang super kece, di sini juga kaka bisa menikmati keindahan tanaman bawah laut yang memukau.

Itu berarti, kaka bisa melakukan aktifitas snorkeling dan diving selama di sini.

Pokoknya kalau mau ke sini ajak-ajaklah si doinya biar kaka punya banyak kenangan. Hiks.

35. Pantai Pasir Tinggi

tempat wisata di simeulue

Mengapa dinamai pantai pasir tinggi? kaka tahu? soalnya pantai ini berada di desa Pasir Tinggi, oleh sebab itu dinamai sesuai lokasinya. hmm

Seperti halnya tempat wisata di singkil yang banyak bernuansa pantai, di sini juga sama ka. Nah, dari sekian pantai termasuk yang min jelaskan di atas, pantai pasir tinggi ini termasuk wisata favorit ka.

BACA :   40 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur (Update 2020)

Mengapa demikian?

Karena nuansa di sini tuh ya aduhai banget deh. kaka bisa lakukan segala hal di sini. Bisa relaksasi, bisa fotografi, bisa santuisasi…lengkap deh.

Selain itu, pantai ini juga punya gelombang ombak yang cukup besar sehingga cocok buat kegiatan surfing.

Fasilitas Pantai Pasir Tinggi

Sejumlah fasilitas juga bisa kaka nikmatin selama di sini misalnya :

  • guide lokal yang bisa disewa
  • sewa peralatan snorkeling
  • parkir kendaraan
  • tempat berkemah/camping
  • dll

Cara Menuju Pantai Pasir Tinggi

Misalnya kaka sudah traveling ke tempat wisata di kota banda aceh, lalu ingin coba-coba berkunjung ke tempat wisata pantai pasir tinggi, maka kaka tinggal tempuh via pesawat Susi Air, durasinya cuma 40 menitan.

Kalau dari kota medan, kaka bisa naik Wings Air tujuan kota Sinabang lalu ke tempat ini pake kendaraan darat.

Kalu jalur laut, kaka bisa tuju Labuhan Haji, lalu naik kapal feri menuju pulau Simeulue, lalau naik kendaraan lokal menuju pantai ini.

36. Pantai Ganting

tempat wisata di sinabang

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang memiliki gelombang ombak besar, pantai ini justru sebaliknya, adem ayem. Tenang pisan tuh ombak.

Jadi kalau kaka lagi penat nih ya, pengen situasi tenang, mungkin pantai ini sangat cocok buat kaka kunjungi.

Di sini kaka bisa tidur-tiduran di bawah pohon cemara sembari menikmati hembusan angin yang sepoy-sepoy. Uhh bisa dibayangkan tuh…posisi wenak banget yah

Fasilitas Pantai Ganting

Soal fasilitas umum, kaka nggak perlu khawatir. Soalnya di sini sudah ada :

  • mushola tempat beribadah
  • warung kuliner
  • toilet umum
  • parkiran kendaraan
  • penginapan dan resort
  • dll

Kelebihan Pantai Ganting

Ada beberapa kelebihan pantai ini sehingga kaka bisa melakukan beberapa aktifitas kece. Di antaranya adalah :

  • menikmati sunset
  • hungting foto
  • bersantuy-santuy di tepi pantai
  • air pantainya tenang/tidak berombak

 

Demikian tempat wisata favorit yang ada di Sinabang Simeulue Aceh yang diminati dunia lokal dan interlokal.

Semoga bermanfaat ya dan semoga kaka bisa berkunjung ke sini.

Baca Juga :

Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Terbaru

Leave a Reply