50 Tempat Wisata di Simalungun Sumut [2020]

Tempat Wisata di Simalungun – Dear kaka2 travelers yang berbahagia, yang nggak bahagia nggk dear ya :). Di pagi yang cerah ini min mau curhat lagi nih, mau denger?

Ettss, jangan salah, mun bukan mau curhat soal asmara tetapi curhat petualangan destinasi wisata.

Kemaren kan min baru saja menjelajahi tempat wisata di serdang begadai, uh kesannya tuh masih ada ampe sekarang.

Target min sih di akhir bulan ini udah kelar menjelajahi semua tempat wisata di sumut, tapi kalau nggak selesai, kaka2 jangan bosan untuk pantau situs wisataterbaru.net ya.

Soalnya min akan update informasi setiaaaaaaap hari. Hmmm

Kabupaten Simalungun Sumatra Utara

Simalungun adalah sebuah kabupaten di sumut yang dihuni oleh suku batak asli. Ibukotanya berada di Kota Raya sebagaimana yang ditetapkan tahun 2008.

Sebelum itu, ibukota yang dipilih adalah Pematangsiantar.

Dengan luas wilayah 438 hektar dan 32 kecamatan, kabupaten Simalungun termasuk tentu saja memiliki saham tempat wisata yang patut kita jelajahi.

Apalagi beberapa kecamatan di antaranya memang sudah terkenal seperti kecamatan Hatonduhan, Jawa Maraja Bah Jambi dan sebagainya.

Kepo kan apa saja objek wisata terkece?

Daftar Destinasi Wisata di Simalungun Sumatra Utara

Karena wilayahnya yang luas, maka wajar jika tempat wisata di sini sangat beragam.

Ada yang berupa wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah bahkan wisata kuliner.

Untuk lebih detailnya mari kita intip satu persatu sebagai berikut :

37. Kebun Teh Sidanamik

wisata di simalungun

Apa yang bakal kaka lakukan ketika kaka sedang galau? maen game online, ngaffee, atau jalan-jalan ke pemandangan hijau?

Kalau min sih mendingan jalan-jalan. Soalnya kalau mata sudah dapat ‘vitamin’ biasanya akan ngefek ke otak sehingga galau pun segera sirna.

Nah, kalau kaka orang sumatra utara, kaka bisa pilih kebun teh sidamanik ini. Dijamin ka, rasa galau kaka akan hilang dan seketika itu pula kaka jad ploong.

  • Alamat : Kec Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumut
BACA :   68 Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Sumut yang Ter Ter

38. Air Terjun Mamabu

wisata di simalungun

Masih soal wisata alam di Simalungun, kaka juga bisa sambangi air terjun yang super kece ini. Letaknya berada di desa Aek Komangin, sekitar 1 jam dari kota Siantar.

Seperti air terjun pada umumnya, air terjun di sini juga cantik banget ka. Curah airnya besar dan tinggi.

Kalau dipake backround selfie, min yakin foto kaka bakal jadi booming. So, ayo catat air terjun ini sebagai destinasi liburan kaka yang sebentar lagi tiba.

  • Alamat : Desa Aek Komangin, Kec. Hatonduan, Kab. Simalungun Tanah Jawa, Sumut.

39. Air Terjun Tonduhan

wisata di simalungun

Untuk mencapai air terjun ini tidak terlalu sulit karena jalannya sudah diaspal. Apalagi kaka bakal melewati kebun sawit sehingga suasanya semakin adem.

Namun karena letaknya berada di bawah, kaka harus turun menggunakan tangga yang sudah disediakan oleh warga. Ya seperti tangga pada umumnya.

Kalau pun males turun, kaka bisa mantau dari atas aja, toh masih tetap dapat view nya dan bisa diabadikan di hp kaka.

  • Alamat : Desa Buntu Bayu kec. Tonduhan, Kab Simalungun, Sumut.

40. Air Terjun Katasa

wisata di simalungun

Air terjun ini memiliki satu keunikan dibanding dengan air terjun sebelumnya yang udah min sebutkan.

Keunikan itu terletak pada air terjunnya yang berjumlah 2 aliran. Makanya tak heran jika warga sekitar sering menyebut air terjun ini dengan nama air terjun kembar.

Kalau kaka ingin berkunjung ke tempat ini kaka bisa sambangi kecamatan Hatonduan yang jalannya akan melewati kebun sawit PTPN.

Selain itu, di atas air terjun juga terdapat Titi (sebuah jembatan) yang dibuat oleh pemerintahan Jepan pada masa lampau.

Oleh masyarakat, jembatan ini dijadikan tempat penyebrangan.

  • Alamat : Kec. Htonduan, Kab. Simalungun, Sumut.

41. Museum Simalungun

wisata sejarah di simalungun

Bosan dengan wisata air terjun, kaka juga bisa sambangi wisata sejarah yang sangat penting ini, namanya museum simalungun. Letaknya di tengah kota Pematan Siantar.

Meski mirip dengan rumah Bolon (rumah adat sumut) tetapi museum ini sangat berbeda. Pertama karena bangunan ini khas asli simalungun, kedua ornamennya juga beda, yang sama hanya fungsinya.

Yaitu ruang lantai 2 dijadikan ruang utama. Menurut min, nggak salahnya kaka nyoba ngeluyur ke tempat ini.

  • Alamat : Kota Pematang Siantar, Simalungun, Sumut
BACA :   44 Tempat Wisata di Nias Selatan yang Masih 'Perawan'

42. Pemandian Swimbath

wisata alam di simalungun

Kalau kaka ingin nyoba mandi di tempat pemandian alami, cobalah datang ke Swimbath. Soalnya, tempat pemandian ini airnya sangat jernih dan berasal dari mata air.

Secara historis, kolam yang super kece ini dibangun pada masa pemerintahan belanda. So, kalau kaka ke sini sekalian berwisata sejarah deh.

  • Alamat : Nagori Naga Soppah, Kec Banda Huluan, Kab. Simalungun, Sumut

43. Siantar Zoo

kebun binatang di simalungun

Ahah, kalau kaka bingun mau liburan keluarga ke mana, sebaiknya kaka kunjungi aja Siantar Zoo ini.

Soalnya tempat ini cocok banget buat wisata keluarga. Di samping bisa mengenal berbagai satwa, tempat ini juga memiliki udara yang sejuk.

Dengan demikian, suasanya pun menjadi tenang dan galau bisa hilang.

Selain itu, di siantar zoo juga ada dua bagian, yaitu tempat hewan dengan berbagai spesias dan juga museumnya zoologinya.

Ditambah lagi, sebetulnya masih tempat bermain sehingga anak-anak bisa merasakan kebebasan alam dengan sebebas-bebasnya.

  • Alamat : Jl. Kapt. MH. Sitorus No 10 kota Pematang Siantar, Simalungun, Sumut.

44. Air Terjun Bah Biak

wisata di simalungun

Wiiih air terjun yang satu ini memang kece ka…alirannya ada 4 dan daerah sekitarnya sangat fotongenik.

Selama di sini kaka bisa bersantuy di atas bebatuan sembari menghirup udara segar di sekitarnya.

Untuk mencapainya, kaka bisa pilih 2 opsi, yaitu rute saintar dan rute tiga runggu.

Kalau kaka orang medan, kaka bisa pilih rute siantar karena rute ini lebih dekat.

Sementara kalau kaka orang Tanah Karo, kaka bisa pilih rute Tiga Rungu yang lebih dekat ke lokasi.

  • Alamat : Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumut

45. Pemandian Alam Aek Manik

wisata alam di simalungun

Lagi-lagi, di tempat ini kaka bisa merefreshhhh semua kegalauan kaka. Bagaimana tidak, airnya jernih, bening dan menyegarkan.

Hal itu wajar karena banyak curah mata air yang mengalir ke sini.

Hanya saja, untuk mencapainya kaka harus turun menyusuri puluhan tangga. Pasti bikin pegel. Tapi kaka jangan kuatir, karena keindahan wisata ini bakal menghapus semua letih. Wow!

Sebetulnya pemandian ini bernama Bah Damaik sebagaimana penamaan yang dibuat oleh pengelolanya. Namun masyarakat sekitar lebih sering menyebut Aek Manik.

  • Rute : Kota Siantar – Prapat – Simpang 3 – belok kanan menuju Sidamanik
  • Alamat : Desa Huta Lama, Kec Sidamanik, Simalungun, Sumatra Utara
BACA :   25 Tempat Wisata di Nias Sumut Ter Update

46. Wisata Alam Simarjarunjung

wisata alam di simalungun

Puncak Simarjarunjung termasuk tempat wisata alam yang kudu kaka coba. view di sini aduhai banget ka.

Apalagi kalau naik ke spot-spot yang ada di atas pohon. Bisa dibayangkan, sambil nyantuy sambil mandangi danau toba, sunrise, sunset dan sebagainya.

Min yakin, camera hp kaka bakal manja banget selama di sini.

  • Alamat : Jl Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumut.

47. Tugu Becak Pematang Siantar

wisata di pematangsiantar

Sebetulnya tugu ini masih baru, soalnya baru didresmikan pada 15 Oktober 2016 oleh gubernur Sumut waktu itu, T Erry Nuradi.

Karena iconic kota Pematang Siantar, akhirnya banyak para pengunjung yang ke sini meskipun hanya sekedar berfoto.

Di samping itu, tugu ini juga terbilang unik karena menggunakan gambar  motor Birmingham Small Army (BSA).

Motor ini adalah motor langka yang mesti dilestarikan. Soalnya di dunia pun tak banyak dijumpai.

Tetapi karena becak bermesin motor ini dipake sebagai kendaran di Pematangsiantar, akhirnya bisa dilestarikan hingga kini.

  • Alamat : Jl. Merdeka Kota Pematangsiantar, Simalungun, Sumut.

48. Martoba Waterpark

waterpark di simalungun

Nah kalau yang satu ini cucok banget buat bawa bocah-bocah. Terutama di akhir pekan, tempat ini suka ramai loh, banyak banget yang bermain di sini.

Kalau kaka ingin bawa adek-adek, silahkan kunjungi alamatnya di desa tanjung pinggir ya.

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
  • Jam operasi : 09.00 sd 17.00
  • Alamat : Des. Tanjung Pinggir, Kec. Martoba Kota Siantar, Sumut

49. Pemandian Manigom Nauli

wisata alam di simalungun

Mulanya tempat ini terabaikan, apalagi lokasinya jauh sehingga sangat jarang traveler berkunjung ke tempat ini.

Namun setelah muncul ke dunia sosmed, akhirnya banyak traveler yang kepo dan akhirnya memutuskan untuk berpetualangan.

  • Alamat : Buntu Bartong, Tiga Dolok, Kab. Simalungun, Sumut

50. Pemandian Alam Sejuk Pas

wisata alam di simalungun

Wisata pemandian yang terakhir ini cukup ramai, kalau kaka ke sini mungkin kaka akan dapat kenalan. 🙂

Daya tariknya terletak pada airnya yang segar dan mengalir. Terlebih lagi jaraknya hanya 5 km dari pusat kota. So, yuk ke sini:)

  • Alamat : Dolok Hataran, Siantar, Kec Siantar, Kab. Simalungun Sumut

Demikian itulah sejumlah tempat wisata yang bisa kaka sambangi selama di kab Simalungun. Semoga bermanfaat ya….

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Pulau Samosir Sumut Terpopuler 

 

Leave a Reply