76 Tempat Wisata di Sijunjung Sumatra Barat (Update 2020)

Tempat Wisata di Sijunjung – Tak henti-hentinya min jelajahi seluruh daratan dan lautan dari sabang sampai marouke. Tujuannya agar kaka-kaka travelers senantiasa memiliki info ketika hendak bertamasya.

Baru saja min selesai dari penjelajahan tempat wisata di painan , sekarang min lanjutkan lagi ke kabupaten Sijunjung, masih di provinsi Sumatra Barat.

Kalau min perhatikan dunia maya, nampaknya info terkait wisata sijunjung masih kurang publikasi. Buktinya, situs penyedia info wisata di sini masih sangat minim.

Karena itu min berusaha menggali berbagai info agar dapat disajikan kepada para pembaca setia min.

Untuk lebih detailnya berikut min uraikan ya:

Daftar Objek Wisata di Sijunjung Sumatra Barat

Sebagai sebuah wilayah yang masih bersandar pada alam, maka tak heran jika berbagai objek wisata mengagumkan pun terbentuk secara alami.

Beneran loh ka, wisata alam di sini sangat berbeda dengan objek wisata alam lainnya. Ketika min lihat satu persatu, min sampe nggak bisa ngomong buat jelasin ke kaka.

Di sini ada telaga, air terjun, danau dan sebagainya. Kesemua itu semakin menunjukan kalau kabupaten Sinjunjung punya saham besar dalam perpariwisataan berbasis alam.

Kalau kaka nggak percaya dengan apa yang min katakan barusan, coba perhatikan satu per satu sebagai berikut :

67. Ngalau Talago, Patahan Surga Jatuh di Sijunjung

wisata alam di sijunjung

Bagi pecinta treking, caving dan petualangan, tempat ini pasti akan jadi tempat favorit untuk mereka kunjungi.

BACA :   46 Tempat Wisata Di Dharmasraya Sumatra Barat Paling Heboh

Soalnya tempat wisata yang berada di Sijunjung ini memiliki kondisi alam menantang sekaligus eksotis. Pake banget.

Sakin eksotisnya, tempat ini acapkali didatangi oleh para jurnalis, peneliti dan juga pecinta alam.

Dengan berupa gua yang memiliki keunikan, Ngalau Talago memang sebuah tempat yang recommended banget buat kaka.

Kalau mau nyoba, silahkan kunjungi Nagari Silokek Kab. Sinjunjung. Lalu kaka akan berjalan sepanjang 1,5 KM untuk mencapai lokasi.

Sepanjang perjalanan ini kaka akan dihadapkan pada trek yang menantang dan valueable banget untuk didokumentasikan. Di samping itu, ketika kaka sampai di gua, semua lelah akan sirna.

Bagaimana tidak???

Gua yang dipenuhi dengan hiasan stalagtif dan stalagmit yang kemudian menetaskan banyak butiran air bening membuat cahaya terpantul seperti manik-manik.

Sungguh, min yakin kakan akan dibuat terpana olehnya. Jangan lupa ya, abadikan dengan camera super canggih agar gambarnya tidak ngeblurrr 🙂

68. Danau Hijau Bukit Bual, Wisata Alam Paling Mengagumkan

wisata alam di sijunjung

Selain gua yang barusan min bahas, kaka juga bisa nyobain yang satu ini, Danau Hijau Bukit Bual. Min yakin, kesannya nggak kalah dengan objek wisata di atas.

Danau ini terbentuk akibat lubang menganga bekas penggalian batubara yang sudah ditinggalkan.

Akhirnya tempat tersebut terisi oleh air yang lambat laun seperti danau alami. Hingga saat ini air danaunya sangat anteng berwarna hijau dengan pemandangan alam di sekitarnya.

69. Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

wisata alam di sijunjung

Sungai Batang Kuantan memiliki aliran sungai yang cukup deras sehingga cocok untuk dijadikan arena arung jeram.

Tak heran jika akhirnya pemerintah mengakomodasi keinginan banyak orang untuk menjadikan sungai ini sebagai objek wisata alam untuk arum jeram tersebut.

BACA :   39 Tempat Wisata di Lima Puluh Kota Sumatra Barat Joss Banget

Benar saja, saat ini ada banyak pengunjung yang ingin mencobanya dan menurut mereka, kegiatan arung jeram di sini sangat menantang. Luar biasa.

Tapi ingat ya, bermain arung jeram di sini membutuhkan keahlian karena treknya bikin merinding.

Kalau kaka ingin ke sini, silahkan datangi Nagari Silokek Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung Sumatra Barat.

70. Pulau Andam Dewi

wisata alam di sijunjung

Siapa yang suka ngajengjehe di tempat tropis? hmmm…kalau kaka termasuk orangnya, cobalah kunjungi pulau andam dewi ini.

Di sini kaka akan menemukan sebuah pegunungan terjal yang ditengahnya terdapat hutan tropus.

Selain itu, kaka juga akan berjumpa dengan masyarakat yang menghuni pulau ini, mereka sangat cinta dengan alam sehingga mereka selalu menjaga keasriannya.

Di tambah lagi beberapa tempat juga sudah ada gazebo yang dibangun oleh pemerintah guna memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Wah pokoknya kaka kudu banget deh berkunjung ke pulau ini. Ciuuusss!

71. Telabang Sakti, Wahana Bermain Anak-Anak

wisata di sijunjung

Kalau weekend sebaiknya kaka berkunjung ke tempat wisata keluarga ini. Tujuannya agar si dede bisa berenang untuk mengaktifkan motoriknya.

Selain itu, di sekitar tempat ini juga ada outbond yang bisa kaka nikmatin. Jadi bisa dibayangkan tuh, sambil liburan sambil ngasuh bocah plus sambil nyantuy-nyantuy. Uhhhh

72. Lokomotif Uap

wisata sejarah di sijunjung

Kalau yang satu ini merupakan wisata sejarah yang bisa kaka kunjungi selama di Kab Sijunjung. Ya lokomotif uap merupakan peninggalan bangsa penjajah Jepang.

So, kalau kaka bersantuy di sini berarti kaka akan berwisata sejarah sehingga bisa menambah sedikit pengetahuan. Wowww!!!

73. Air Terjun Batang Taye

wisata alam di sijunjung

Seperti yang min katakan di atas, air terjun juga bisa kaka temukan selama di Sijunjung. Nah, salah satunya Batang Taye ini yang memiliki keunikan tersendiri pada debit airnya.

BACA :   19 Tempat Wisata di Siak Riau Paling Recommended

Coba kaka perhatikan, air terjun ini memiliki 8 tingkatan yang super indah. Ditambah lagi bagian bawahnya ada kolam yang bisa kaka manfaatkan untuk berendam.

Kalau pun ngak mau basah-basahan, kaka bisa duduk santai saja di batu-batu besar di sekitarnya.

74. Pasir Putih

wisata alam di sijunjung

Pasir Putih termasuk objek wisata terkenal di kab. Sijunjung. Salah satu keunikannya, pasir putih ini tidak berada di pinggir pantai melainkan hanya di pinggir sungai.

Kendati demikian, keindahannya tidak kalah indah dengan pasir putih di pantai pada umumnya. Kaka, kudu banget jalan-jalan kemari.

75. Kampung Adat Sijunjung

wisata budaya di sijunjung

Bagi orang kampung, mungkin pemandangan kampung bukanlah sesuatu yang menarik. Tetapi berbeda dengan orang kota, pemandangan kampung justru menjadi incarannya untuk merefresh pikiran mereka.

Kalau kaka termasuk traveler yang ingin rekreasi ke perkampungan, sebaiknya kaka kunjung kampung adat Sijunjung ini.

Soalnya di sini kaka bisa belajar banyak hal terkait kehidupan mereka baik secara ekonomi, seni, budaya, sosial dan sebagainya.

76. Simpang Tugu

wisata di sijunjung

Objek wisata terakhir yang bisa kaka sambangi selama di Sijunjung adalah Simpang Tugu yang tak lain merupakan Landmark Kabupaten Sijunjung.

Di sekitar tugu ini ada kantor pemerintahan yang setiap malam ada para pedagang di sekitarnya.

Selain itu, pada waktu-waktu tertentu tempat ini juga sering dipake untuk event-event tertentu sehingga kalau berbarengan dengan jadwal touring kaka, event ini bisa diabadikan dalam memori perjalanan kaka.

Demikian sejumlah tempat wisata yang bisa min sharingkan, Moga bermanfaat yaw:

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Pasaman Barat Terpopuler

Leave a Reply