46 Tempat Wisata di Panyabungan Mandailing Natal

Tempat Wisata di Panyabungan – Gimana kabarnya kaka-kaka traveling lovers? min berharap semoga kaka-kaka baik selalu ya.

Meskipun udara saat ini cukup panas sehingga bikin badan gerah, tapi kita tak boleh patah semangat dalam menjalani semua aktifitas kita.

Nah, kemarin baru saja min jelajahi tempat wisata di langkat sumut yang kece-kece buanget. Sekarang min mau ajak kaka untuk melancong ke panyabungan mandailing natal sumatra utara.

Tempat wisata di sini tuh ka rame banget, pengunjungnya pun berasal dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri.

Bukan itu saja, varietas objek wisatanya juga beragam sehingga kita nggak bakal bosan selama di sini.

So, sebelum liburan tiba sebaiknya kaka pantau dulu list tempat wisata di panyabungan sumut ini. Nanti, pasti liburan tiba kaka nggak bingun lagih.

Daftar Tempat Wisata di Panyabungan Madina Sumut

Umumnya tempat wisata di sini mirip dengan tempat wisata di kabupaten lain di sumut yaitu mengusung tema wisata alam.

Hanya saja, tempat-tempat wisata ini eksotis banget dan juga sangat buanyak. untuk lebih detailnya, berikut min sharingkan untuk kaka secara lengkap :

1. Air Panas Sibanggor

wisata di panyabungan

Pemandian air panas ini tak jauh dari Mandailing Natal loh ka, lokasi tepatnya berada di Desa Sibanggor Tonga Kec. Puncak Sorik Merapi Kab. Mandailing Natal.

Apa saja sih kelebihan wisata air panas sibanggor?

Hmm,,, soal kelebihan tentu saja berasal dari air panasnya itu sendiri yang bisa kaka gunakan untuk mandi dan bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan.

Terlebih lagi pemandian ini sangat alami sehingga memiliki capture alam yang eksotis. Makanya pemandangan di sini juga jadi nilai penambah bagi daya tarik objek wisata ini.

BACA :   97 Tempat Wisata di Medan Paling Romantis Sepanjang Masa

Soal fasilitas, kaka juga jangan khawatir. Soalnya di sini sudah ada kamar ganti, toilet, mushola, warung dan sebagainya.

  • Harga Tiket Masuk Terbaru : Rp. 5000

2. Pantai Natal

wisata di mandailing natal sumut

Pantai natal termasuk destinasi wisata favorit di kalangan traveler lokal. Soalnya pantai ini masih asri, alami, dan udaranya seger.

Salah satu kelebihan yang dimiliki pantai ini terletak pada pasir putihnya yang membentang luas dan jauh di sepanjang bibir pantai.

Bisa dibayangkan ka, kalau sore-sore jalan santuy di tepi pantai, ahhhh seru banget. Apalagi kalau jalannya bareng si doi…uuuh. kece banget.

  • Harga Tiket Masuk Terbaru : Rp. 5000 per orang

3. Payabulan

wisata di mandailing natal sumut

Payabulan adalah objek wisata terkece di Mandailing Natal. Landscape pemandangan yang alami merupakan satu-satunya daya tarik tempat ini.

Pada akhir pekan, payabulan selalu diramaikan oleh para pengunjung yang ingin bersantu-santuy bersama kerabat, teman-teman dan keluarga.

Pemandangan gunung, sawah, danau dan pepohonan menjadikan tempat ini semakin indah sehingga pernah dijadikan lokasi syuting film “Biola Namabugang”.

Kalau kaka kpengen ke sini silahkan datangi aja ya lokasinya di kaki Gunung Sorik Merapi Desa Pangkat, Kec. Lembah Sorik Merapi, Panyabungan Madina.

4. Gunung Sorik Marapi

wisata di panyabungan

Bagi para pecinta pendakian, alangkah baiknya kaka coba taklukan gunung yang satu ini. Beneran ka, gunung ini bakal jadi saksi apakah kaka termasuk petualang sejati atau cemen.

Selain medannya yang sangat menantang, gunung ini juga punya keindahan tersendiri di kalangan pendaki.

Terlebih di sini terdapat danau tertinggi di sumatra. Kalau kaka mendaki, nanti bakal berjumpa dengan danau yang eksotis itu. Min yakin, kamera kaka pasti pengen segera jepret sana jepret situ.

Adapun ketinggiannya, gunung Sorik mencapai 2.145 mdpl. Tentu cukup menantang bagi seorang pendaki.

5. Desa Tradisional Sibanggor

wisata di panyabungan

Di awal min sudah katakan, di desa ini tuh terdapat pemandian air panas yang kudu kaka kunjungi.

Nah selain pemandian tersebut, kaka juga bisa menikmati kekhasan tradisionalitas desanya.

BACA :   35 Tempat Wisata di Nias Barat Lahomi Sumut Paling Populer

Di sini kaka akan banyak belajar tentang budaya dan juga kearifan lokal warga sekitar. So, selain jalan-jalan berarti kaka juga akan belajar dalam waktu bersamaan.

6. Sopotinjak

wisata di mandailing natal sumut

Sopotinjak adalah tempat ketinggian yang memiliki pemandangan yang super indah.

Dari tempat ini kaka bisa menyaksikan beberapa spot kece seperti lembah, bukit, bahkan taman nasional batang gadis.

Min yakin, kalau kaka ke sini setidaknya rasa penat yang ada dibenak kaka akan hilang. Apalagi kalau lagi galau, uh cocok banget ke sini ka.

Selain itu kaka juga bisa menikmati beberapa fasilitas di temapt ini semisal gamping ground, warung, dan sebagainya.

Pokoknya yuk kita kunjungi ke desa Soptinjak Kec Batang Natal Kab Madina.

7. Bukit Sikara-Kara

wisata di panyabungan

Masih soal pemandangan, alangkah baiknya kaka juga sambangi bukit sikara-kara ini. Soalnya di sini kaka bakal lihat pemandangan laut biru dan hijaunya bebukitan.

Ditambah lagi anginnya sepoy-sepoy banget sehingga bisa bikin kaka menjadi ploooong selama di sini.

8. Air Terjun Sigala-Gala

wisata di mandailing natal

Memang benar, wisata air terjun merupakan wisata yang tak pernah bikin kita bosan. Meskipun berkali-kali berkunjung tetapi berkali-kali itu pula kita kangeng. Gitu nggak sih?

Waktu kaka jelajahi berbagai air terjun di tempat wisata humbang hasundutan, uuuuh,,,kaka terkesima sekali melihat berbagai fotonya.

Lalu ketika kaka jelajahi air terjun di madina ini, ternyata eksotismenya sama sekali tak kalah.

Singkatnya, air terjun ini recommended banget buat kaka para pecinta alam.

Namun perlu min sampaikan, trek menuju air terjun ini cukup menantang sehingga membutuhkan kesabaran agar bisa menikmati hasilnya.

Lokasinya sendiri berada di desa Pagaran Singolot, Kec. Panyabungan Selatan, Madina Sumatra Utara.

9. Pulau Unggeh

wisata di mandailing natal sumut

Kalau kaka sudah bosan dengan wisata alam pegunungan, cobalah kaka beralih ke tempat wisata yang jarang dikunjungi orang yaitu wisata pulau.

Nah di Mandailing Natal sendiri ada satu pulau yang super cantik bernama Pulau Unggeh.

BACA :   26 Tempat Wisata Pulau Samosir Sumut Terbaru

Pulau ini sangat unik, kecil, mungil dan tidak berpenghuni. Namun demikian, suasana pasir putihnya bakal bikin kaka pedekate dan pewe selama di sini.

Apalagi di pulau ini terdapat banyak burung UNGGEH yang cantik n bisa bikin kaka kepo untuk menfotretnya.

Untuk lokasinya sendiri pulau ini berada di kec. Natal. Jadi silahkan berkunjung dengan menaiki kapal nelayan dengan tarif yang beragam. Kaka harus pandai menawar yaw..

10. Pantai Batu Rusa

wisata di mandailing natal sumut

Pantai Batu rusa merupakan wisata bahari yang menawarkan view kece buat kaka.

Ya, pantai yang berada di kab. Mandiling ini adalah tempat terbaik para wisatawan dalam ‘memburu’ sunset di sore hari.

Beneran loh ka, suasanya romantis banget dan bikin ketagihan.

Selain pemandangan, kaka juga bisa berenang di sini, terlebih airnya jernih dan bening. Cocok banget buat nyantuy di pantai.

Selain ke 10 di atas, masih ada sejumlah tempat wisata di Mandailing Natal yang belum min review satu per satunya. Di antaranya yaitu :

11. Kawah Gunung Sorik Merapi

12. Bukit Muhasabah

13. Air Terjun Caroce

14. Danau Pondok Limo

15. Singkuang

16. Taman Nasional Batang Gadis

17. Pulau Tamang

18. Jembatan Desa Huta Godang

19. Bagas Ijuk

20. Sungai Bangkelang

21. Sampuran Sopo Ijuk

22. Pantai Galon

23. Bukit Runcing

24. Sibanggor Julu

25. Gunung Sorikmarapi

26. Singkuang

27. Pantai Batahan

28. Pantai Batu Badaun

29. Taman Raja Batu

30. Pemandangan Gunung Sorikmarapi

31. Beranda Madina

32. Alahan Kae

33. Masjid Nur ‘Alannur

34. Pantai Teluk Lalang

35. Pantai Kerambir

36. Desa Manyabar

37. Panyabulan

38. Pantai Barat

39. Bagas Godang

40. Pagaran Gala-Gala

41. Tapian Siri-Siri Syariah

42. Aek Nabontar

43. Alahan Kae

44. Teluk Lalang

45. Pantai Singkuang

46. Bukit Runcing

Itulah sejumlah objek wisata yang bisa kaka telusuri selama di mandailing natal sumatra utara. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply