35 Tempat Wisata di Nias Barat Lahomi Sumut Paling Populer

Tempat wisata di nias barat – Aduh kaka – kaka kuuuh, saat ini cuaca sangat panas. Bagaimana masih mau lanjut berwisata? Kemarin kan min udah jelajahi tempat wisata di nias, skrg kalau min ajak lanjut mau nggk?

Mengapa min bertanya demikian?

Soalnya objek wisata di kepulauan nias masih buanyak banget, nggak cukup dijelajahi semuanya dalam waktu sehari.

Min harap, meskipun cuacanya panas seperti ini, kaka tetap mau nemenin min untuk mencari tempat-tempat santuy yang ada di seluruh pelosok nias barat.

Memangnya ada apa sih di nias barat?

Ettt jangan salah, wisata di nias barat ini tak kalah kece dari destinasi wisata lain yang ada di sumatra utara. Tak tanggung-tanggung, wisata di sini sudah dikenal sampe ke luar negeri. Makanya banyak bule yang datang.

Nggk percaya?

Mari kita buktikan!

Tempat Wisata di Nias Barat Paling Instagramable

Soal tema, memang tempat wisata di sini hampir sama dengan objek wisata di nias secara keseluruhan yaitu masih mengusung tema wisata alam.

Lebih khusus lagi wisata pantai.

Tapi jangan khawatir, min yakin kaka nggak bakal bosan selama di sini. Soalnya keindahannya primadona banget ka, lautnya biru dan bersiiiiih. Uh…bikin takjub dah ke gusti Allah.

Mari kita telusuri satu per satunya ya :

26. Pulau Hinako

wisata pantai di nias

Pulau hinako adalah pulau terbesar di antara gugusan pulau-pulau kecil yang ada di nias barat. Keindahan yang dimiliki pulau ini benar-benar bikin min speechles.

Kalau kaka ke sini, kaka bakal nemuin banyak bule yang bersantuy dan menikmati indahnya pemandangan.

BACA :   36 Tempat Wisata di Serdang Bedagai Sumatra Utara

Selain view yang memang aduhai, ombak pantai di sini juga cukup tinggi sehingga cocok buat kegiatan surfing alias berselancar.

Kalau kaka nggak bisa bermain ini, kaka bisa nikmati fasilitas lain seperti snorkeling agar dapat melihat pemandangan bawah laut yang super cantik.

27. Pulau Hamatula

wisata pantai di nias

Pulau Hamatula adalah pulau sepi yang tak berpenghuni. Kendati demikian, tempat ini bisa dijadikan objek wisata lantaran keindahannya bagaikan gadis desa.

Salah satu kelebihan pulau ini adalah keindahan di malam hari yang suka jadi buruan para petualang.

Hanya saja, karena pulau ini merupakan pulau terluar di nias, maka tidak mudah menjangkaunya. Dibutuhkan beberapa kali transit untuk mencapai pulau ini.

Tapi semua lelah itu akan hilang ketika kaka sampai di sini. Suasananya yang tenang sangat memungkinkan untuk kaka menenangkan diri.

28. Pulau Asu

wisata di nias barat

Nama asu dalam konteks ini tidak berkonotasi negatif ya. Soalnya kalau kita denger kata asu, makna yang langsung muncul di benak kita adalah “anjing”.

Padahal nama ini memang dari sononya, dan mungkin lantaran keindahannya yang menawan.

Terlebih lagi penduduk pulau ini tidak terlampau banyak sehingga cocok banget buat bersantuy dan menenangkan pikiran.

Singkatnya, pulau asu boleh dikata merupakan wisata hati dalam arti wisata bagi orang-orang galau. Hehe (becandaaa)

kalau kaka ingin ke sini silahkan kunjungi alamatnya di Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat, Sumut.

29. Pantai Sirombu

wisata di nias barat

Dari sekian banyak destinasi wisata di nias barat, pantai Sirombu merupakan objek wisata paling dibanggakan.

Meski pantai ini pernah diterjang tsunami tahun 2004, tetapi pantai ini sudah banyak dibenahi sehingga memiliki daya tarik tersendiri di kalangan travelers.

Ditambah lagi ombaknya cukup kencang sehingga cocok buat bermain selancar.

BACA :   Tempat Wisata di Kisaran Asahan Medan Paling Recommended

Belum lagi soal sunset yang memang selalu diincar oleh para wisatawan. Wah, pokoknya kalau kaka ke sini yakin dah rame banget.

30. Pantai Fari’i

wisata pantai di nias

Pantai Fari’i  adalah pantai yang ada di pulau kecil di desa Himberua Na’a Kec. Sirombi.

Landscape pantai ini masih mengusung tema keindahan alam. Angin yang sepoy-sepoy dan ombak yang landai membuat para wisatawan merasa nyaman selama di sini.

Ditambah lagi, tempat ini juga kerapkali dijadikan tempat memancing yang banyak ikannya. Jadi, kaka bisa banyak melakukan banyak hal selama di sini.

Hanya saja, untuk mencapainya kaka harus menyewa perahu nelayan dan kaka harus pandai-pandai menawar. Tetapi kalau air laut sedang surut, kaka bisa mencapainya dengan jalan kaki saja.

31. Pantai Gu’u

wisata pantai di nias

Selain menikmati keindahan pulau dan pantai, kaka juga bisa menyaksikan para nelayan yang sedang menangkap ikan.

Dari ikan-ikan hasil tangkapan nelayan ini kaka bisa membeli secara langsung kepada mereka. Uh bagus sekali tuh makan ikan segerrrr.

Ketika sore datang, kaka juga bisa menyaksikan fenomena sunset yang merupakan pemandangan eksotis dan menjadi buruan para wisatawan.

32. Pulau Bogi

wisata di nias barat

Pulau ini seperti patahan surga yang jatuh di nias Barat. Soalnya, pulau ini memiliki air laut yang amat benih banget sekali. Sampe-sampe, terumbu karenag yang ada didasar laut bisa kaka lihat. Woww

Selain terumbu karang, kaka juga bisa menyaksikan ikan yang beranega warna dan biota laut lainnya.

Jadi, menurut min mah, kaka nggak perlu melakukan sonrkeling karena sudah bisa dilihat dengan mata telanjang dari permukaan laut.

33. Air Terjun Luaha Ndroi

wisata alam terbaru di nias barat

Jika kaka udah bosan dengan objek wisata pantai, kaka juga bisa beralih ke wisata lain yang lebih menyejukkan. Salah satunya adalah air terjun.

BACA :   97 Tempat Wisata di Medan Paling Romantis Sepanjang Masa

Nah, di nias barat sendiri kaka bisa kunjungi tempat wisata yang satu ini, namanya air terjuan Luaha Ndroi.

Di si kaka bisa menikmati alam yang sangat sejuk.

Ditambah lagi berbagai suara kicau burung akan semakin menambah kesan traveling kaka.

Untuk air terjunnya sendiri terdapat beberapa tingkatan yang ukurannya berbeda-beda. Karena itu, air terjun ini tidak terkesan tinggi sehingga ramah untuk berenang terutama di bagian bawah yang ada cekungannya.

34. Desa Bawomataluo

wisata di nias barat

Desa ini berada di ketinggian 270 mdpl. Kalau kaka ke sini, kaka bisa menyaksikan keindahan dan kearifan masyarakat sekitar.

Begitu masuk ke kawasan ini, kaka akan melihat batu berundak seperti kuburan bertingkat. Nah, wisatawan akan melawati ini yang jumlahnya sekitar 7 tingkat di level 1 dan 70 tingkat di level berikutnya.

Setelah selesai melewati tingkatan ini, kaka akan melihat perumahan desa yang unik dan rapi.

Lalu kaka juga akan menemukan susunan batu yang ada di area terbuka. Nah, tempat ini biasa dipake untuk upacara adat dan kegiatan ritual lainnya.

Salah satu kegiatan turun temurun adalah upacara lompat batu yang tingginya melebihi ketinggian manusia. Uh keren banget deh ka!

35. Pulau Herunga

wisata pantai di nias

Itulah sekelumit destinasi tempat wisata yang ada di nias barat. Semoga kaka dapat mengunjunginya satu per satu.

Jangan lupa, nanti bawa kamera yang bagus ya agar jepretan kaka tidak buram. Jangan lupa pula, ambil sudut yang fokus agar menjadi sebuah booming. hehe

Baca Juga :

Tempat Wisata di Panyabungan Mandailing Natal Sumut

 

Leave a Reply