014 Tempat Wisata di Muara Bungo Jambi Paling Instagenik

Tempat Wisata di Muara Bungo – Hei kaka traveler yang berbahagia! Kabar baik bagi kaka, karna kali ini min akan berbagi destinasi wisata di tempat yang kece baday. Dimana lagi kalau bukan di Muara Bungo Provinsi Jambi.

Destinasi wisata di Muara Bungo ini menjadi daya magnet bagi siapapun yang berkunjung ke Jambi, baik dari masyarakat penduduk Jambi maupun pengunjung dari daerah lainnya.

Terdapat destinasi wisata sejarah dan taman-taman kota yang menarik disini. Tentunya, dilengkapi dengan pemandangan yang kece dan terdapat spot foto yang instagramable loh. Kaka bisa memilih tempat yang cetaar untuk berpose se-sabi mungkin.

Berikut beberapa tempat yang min rekomendasikan untuk kaka-kaka traveler.

1. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri

Air terjun berlokasi di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Kaka dapat menempuh perjalanan sekitar 31 km dari pusat kota Muara Bungo.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 26 meter. Pemandangannya masih sangat alami dan tersembunyi, sehingga jangan kaget kalau tempat ini masih jarang pengunjung.

Namun hal positifnya, kebersihan dan keasrian tempat ini masih sangat terjaga dengan baik. Penduduk setempat sangat apik menjaga kebersihannya.

2. Air Terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando

Air terjun ini berlokasi di Desa Buat, kecamatan Bathin III Ulu. Pemandangannya sangat eksotis dan masih sangat alami.

Suasananya sejuk dan asri, sangat cocok untuk kaka yang sedang ingin berkontemplasi seorang diri.

Kaka jangan khawatir, kebersihan tempat ini sangat terjaga. Bersih dari sampah apapun, loh. Pihak pengelola dan penduduk setempat memiliki mekanisme tersendiri untuk menjaga kealamian dan kebersihan tempat ini.

3. Lubuk Beringin

Lubuk Beringin

Naah, jika kaka ingin mencari tempat favorit di Muara Bungo, Jambi, maka inilah tempatnya. Namanya Lubuk Beringin.

BACA :   46 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal (Jambi) Terbaru

Lubuk Beringin adalah tempat pemandian alami yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena kesegaran airnya.

Jika akhir pekan dan hari libur, maka pengunjung tak pernah berhenti berdatangan. Terdapat fasilitas yang semakin membuat betah, diantaranya adalah gapura, homestay, tempat kuliner dan lainnya.

Pemandian ini lokasinya sekitar 50 km dari pusat kota Muara Bungo. Tepatnya berada di Kecamatan Bathin III Ulu, kabupaten Bungo.

Kebetulan nama Lubuk Beringin diambil nama kampung tempat pemandian ini berada.

4. Taman Kota Muara Bungo

Taman Pusparagam

Jika kaka mencari tempat wisata yang berada tepat di jantung kota Muara Bungo, maka jawabannya adalah wisata Taman Kota Muara Bungo.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang menarik sehingga kaka bisa lama-lama berbetah-betah di tempat ini.

Pemandangannya pun sejuk dengan kesegaran alami yang didapat pepohonan yang berjajar kokoh juga kebun bunga di sekitarnya.

Kalau mau melihat keramaiannya, kaka dapat mengunjungi pada sore hingga menjelang malam hari. Kuylah kita nongki-nongki di mari.

5. Semagi Water Park

Semagi Water Park

Tempat favorit lainnya di Muara Bungo adalah Semagi Water Park. Wisata ini berupa kolam renang yang paling terkenal di kabupaten Bungo.

Selain kolam renang, kaka bisa mendapati berbagai wahana menarik di sini. Diantaranya adalah air tumpah, sepeda air, gokart, flying fox, papan seluncuran dan wahana yang masih banyak lagi.

Cocok banget kalau kaka mengajak putra dan putri kaka bermain di sini. Apalagi sambil holiday panjang setelah ambil raport semesteran. Pasti akan menambah keseruan.

Alamatnya di Desa Sungai Mengkuang, kecamatan Rimbo Tengah, Kota Muara Bungo. Buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00

6. Dam Semagi

Dam Semagi

Ini adalah tempat romantis yang cocok untuk kaka dan pasangan. Sepulang dari sini, keluarga kaka akan semakin harmonis. Tak percaya? Ayo kunjungi saja Dam Semagi.

Kaka bisa merasakan suasana indahnya hutan dilengkapi dengan aliran air diantara bebatuan sungai yang ukurannya lumayan besar.

Makin eksotisnya lagi, Dam Semagi ini dikelilingi area perbukitan. Beuuh, pemandangannya semakin rupawan mempesona.

Tempat ini berlokasi di Desa Pelayang kecamtan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo. Kaka dapat mencapainya sejauh 40 km dari pusat kota Muara Bungo.

BACA :   10 Tempat Wisata di Kerinci Jambi (BARU 2020 Update)

7. Air Terjun Pujung Empat

wisata muara bungo

Air terjun ini tampak keren sekali, loh ka. Air terjunnya masih sangat alami, dan kaka dapat sekalian mengunjungi gua alami yang terdapat di bagian hulu air terjun.

Kalau kaka beruntung, kaka dapat menemukan sarang-sarang burung wallet yang harganya mahal di dalam gua ini. mudah-mudahan sih penduduk setempat belum memanennya. Hehe.

Air terjun Pujung Empat ini berlokasi di Desa Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

Kuylah kaka kemari, siapa tau pulang-pulang bisa membawa oleh-oleh berupa burung wallet. Hehe. Tapi kalau mau bawa, izin dulu ke pengelola ya.

8. Taman Pusparagam

Taman Pusparagam

Taman lainnya di Muara Bungo yang selalu ramai pengunjung diantaranya adalah Taman Pusparagam.

Tempat ini jadi tempat favorit untuk bersantuy ria, sambil menikmati pemandangan yang cukup oke dan menarik.

Tiket masuknya gratis alias tidak ada pungutan biaya sepeserpun. Meskipun begitu, fasilitas pendukungnya sangat menarik bagi para pengunjung.

Lokasinya terletak di Desa Jaya Setia, kecamatan Pasar Muara Bungo, kabupaten Bungo, Jambi. Dibuka setiap hari selama 24 jam.

9. Taman Hijau

Taman Hijau

Tempat ini berupa ruang terbuka hijau yang terdapat di Desa Bungo Barat kecamatan Pasar Muara Bungo, kabupaten Bungo.

Cocok juga untuk tempat kaka nongkrong bersama sahabat tercinta. Sambil begadang semalaman boleh laah. Karena setiap harinya buka selama 24 jam. Et, tapi jangan lupa pulang yah. Nanti kaka dicariin mamah papah. Ups..

Tempat ini juga gratis loh, karena itulah pengunjung selalu ramai berdatangan kemari untuk bersantai-santai sambil ngobrol ngalor ngidul bersama teman-teman dekatnya.

10. Batu Tapak Sembilan

Batu Tapak Sembilan

Kali ini min ajak kaka berkunjung ke destinasi wisata sejarah yang keren di Jambi nih. Namanya Batu Tapak Sembilan. Tempat ini adalah sebuah situs peninggalan purbakala dahulu kala.

Tepatnya sebuah batu menhir yang terdapat didalamnya tapak manusia dan hewan purbakala. Konon katanya berasal dari zaman Megalitikum dan Neolitikum. Wawww, great banget euy.

Ini menunjukan bahwa Kawasan ini sudah ditinggali oleh manusia sejak zaman pra sejarah, loh ka. Hadeuh, min jadi penasaran ingin segera berkunjung juga kesini.

BACA :   10 Tempat Wisata di Tebo Jambi, Bikin Betah Nggak Mau Pulang

Alamatnya berada di Desa Senamat Ulu kecamatan Bathin III Ulu kabupaten Bungo.

11. Taman Tampoenek

Taman Tampoenek

Taman Tampoenek ini berlokasi di Desa Cadika, kecamatan Rimbo Tengah, kabupaten Bungo. Persis di depan Gedung DPRD kabupaten Bungo. Tempat ini baru saja diresmikan pada tahun 2018.

Taman kota ini memiliki area seluas 1,5 hektar. Buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 sampai malam pukul 22.00.

Kaka dapat bergaya dengan beragam pose di spot-spot instagramable yang sudah disiapkan oleh pengelola tempat ini.

12. Dam Tapus Tanah Tumbuh

Dam Tapus Tanah Tumbuh

Dam Tapus Tanah Tumbuh adalah destinasi wisata sejarah berupa situs bersejarah di Kabupaten Bungo.

Konon katanya, Dam ini dibangun di zaman penjajahan Belanda pada 1787 masehi. Ow, luar biasa. Ternyata sudah tua juga usianya yah.

Lokasinya terdapat di Desa Tebing Tinggi Uleh, kecamtan Tanah Tumbuh, kabupaten Bungo.

13. Masjid Al Falah Desa Empelu

Masjid Al Falah Desa Empelu

Masjid megah ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata bagi kaum muslim. Tempatnya megah, mewah dan indah.

Konon dari cerita yang beredar, masjid Al-Falah ini sudah dibangun sejak tahun 1812 dengan proses pengerjaan yang bertahap dan penuh kehati-hatian.

Penasaran kan? Kuy lah kaka merapat ke Desa Empelu kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, kabupaten Bungo.

14. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai

Jika kaka pergi ke Desa Rantau, kecamatan Rantau Pandan, maka kaka dapat menemukan bunga bangkai yang pernah fenomenal itu. Tempatnya sekitar 24 km dari pusat kota Muara Bungo.

Kaka bisa melihat dua jenis bunga bangkai, diantaranya adalah Amorphopallus Titanum dan Rafflesia Arnoldi. Keduanya masih dari satu rumpun yang sama yaitu Areceal Vegetation (keladi).

Umumnya bunga bangkai ini tingginya sekitar 1-3 meter. Waw, lumayan juga tingginya yah. Kalau bunganya sedang mekar, kaka harus bersiap-siap untuk menghirup aroma amis dan bau bangkai yang menyengat. Jadi, kaka jangan lupa membawa sapu tangan.

Demikian 14 tempat yang min rekomendasikan untuk kaka kunjungi di Muara Bungo, Jambi. Semoga liburan kaka tambah menyenangkan yaah. Good luck.

Leave a Reply