34 Tempat Wisata di Mentawai Sumbar Terbaru 2020

Tempat Wisata di Mentawai – Setelah 3 harian min reses dari penjelajahan tempat wisata, kini min hadir lagi untuk berbagai curhatan seputar perpariwisataan.

Kalau kemaren-kemaren min kupas tuntas sejumlah tempat wisata di Dharmasraya, kini min ingin ajak kaka ke pulau mentawai. Wooow!!!

Menurut para netizen, tempat wisata di sini tuh sesuatu banget loh, kata mereka kalau kaka berkunjung ke sini, nantinya nggak mau pulang. Ya sakin indahnya gitu, bikin pewe dan santuy.

Mendengar statment-statment begitu min semakin kepo dan semakin bersemangat untuk melakukan penyisiran. Hmm….kaka mau ikut? lets goooo!!

Tempat Wisata Terfavorit di Kepulauan Mentawai

Sebagaimana kita tahu, kepulauan mentawai memiliki kelebihan tersendiri dalam konteks perpariwisataan, yaitu jagonya wisata pantai.

So, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika kebanyakan tempat wisata di sini mengusung tema pantai. Tapi ingat, wispan di sini berbeda dengan wispan di tempat lain.

Beneran deh, nanti kaka bakal speechles ketika min ajak menjelajahi beberapa pulau yang mengagumkan.

Meski memang agak mirip dengan pantai-pantai di kepulauan nias, karena sama-sama memiliki ombak besar, tetapi capture pantai di sini ada sisi lain terutama pada pemandangannya yang aduhai.

Apa saja objek wisata yang bisa kita jelajahi, berikut min uraikan satu per satu yaw :

26. Pulau Siberut, Fakta Unik yang Sering Terlupakan

pulau di mentawai

Pulau Siberut adalah pulau terbesar yang ada di kepulauan mentawai. Pulau ini menjadi objek wisata andalan di kalangan travleres.

BACA :   36 Tempat Wisata di Agam Sumbar Terbaru (Update 2020)

Rasanya tak afdol jika jalan-jalan ke Mentawai tapi tak mampir ke pulau ini. Bahkan boleh dikata, kaka belum dianggap pernah ke Mentawai kalau belum ngajenjehe di pulau ini. Hmm

Di samping pemandangan pantai yang aduhai merona, kaka juga bisa belajar banyak hal selama di pulau ini.

Misalnya kaka bisa belajar budaya dengan cara memperhatikan kehidupan masyarakat mulai dari aktifitas mencari ikan, cara bersosial, cara mengelola dan memanfaatkan alam dan sebagainya.

Dengan demikian, kakan akan punya pengalaman lain yang lebih dari sekedar rekreasi biasa.

Selain itu, kaka juga bisa berkunjung ke taman nasional siberut. Ahah…. lagi-lagi, di sini kaka bisa belajar lebih banyak lagi terkait flora dan fauna. Terlebih lagi udaranya sejuk dan makyusss!

Singkat kata, pulau ini sangat recommended buat kaka!

27. Pulau Sipora, Pemandangan Cantik Bak Gadis Desa

wisata pulau mentawai

Di pulau sipora ini kaka bisa bermain di beberapa pantai yang aduhai cantik menggoda. Misalnya kaka bisa jalan-jalan ke pantai Mapadenggat, Pantai Jati, dan lain-lain.

Kelebihan disajikan pantai-pantai ini ada dua yaitu bawah laut dan atas laut. Adapun bawah laut, kaka akan dimanjakan dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang aduhai gemes.

Tentu saja kegiatan ini bisa kaka lakukan dengan alat snorkeling. Adapun keindahan atas laut yaitu kaka bisa menikmati suasana pantai yang indah, jalan-jalan di pesisir yang yang lebih kece lagi menikmati sunset. Waw!

Selain itu, ternyata di pulau Sipora juga terdapat air terjun Pujujurug yang bisa jadi alternatif tambahan ketika kaka sudah jenuh dengan wisata pantai.

28. Pulau Pagai, Pulau Chori-Chori Cupke-Cupke

pulau di mentawai

Apakah kaka tahu film india chori-chori cupke-cupke? apa hubungannya? hmm…sebenarnya nggak ada sih. Tapi karena suasana di film tersebut seperti permen nano-nano, maka min kait-kaitkan saja lah.:)

BACA :   15 Tempat Wisata di Padang Lawas Sumut Terpopuler

Maksudnya karena keindahan pulau ini aduhai banget sehingga sulit digambarkan, maka min gambarkan suasana hati min aja yang nano-nano. Hehe.

Nah pulau pagai ini ada 2 objek yang bisa kaka pilih, yaitu Pagai bagian utara dan Pagai bagian selatan. Keduanya memiliki spot wisata super molek.

Kalau di Pagai Utara, kaka akan berjumpa dengan pantai Silabu yang terkenal sebagai medan berselancari terfavorit di mentawai.

Sementara Pagai Selatan, kaka bisa berkunjung ke Goa Pamintaijat dan beberapa pantai yang min udah lupa namanya, yang jelas di pantai ini tuh kaka bakal dapat kesan tak terlupakan sampe kapan pun.

29. Pulau Awera, Bank Pantai Paling bikin Kedip-Kedip

wisata mentawai

Karena bawah pantai di pulau ini bak kerajaan, maka aktifitas snorkeling dan diving sangat recommended banget selama di sini.

Jangankan kalau udah nyebur ke pantai, waktu pertama kali datang aja kaka bakan terhipnotis dengan indahnya alam sekitar.

Bisa dibayangkan tuh ka, sambil maen pasir sambil nikmatin suasana yang aduhai.

Belum lagi kalau kaka konsen sampe sore yaitu membidik keindahan sunset, uh bakal lebih seru lagi tuh.

Apalagi kalau nyobain kuliner di restoran, ahaaaah,,,yakin dah kaka bakal pede bilang dunia ini milik kaka saja. 🙂

30. Pulau Karamajat, Fakta Berselancar Sesungguhnya

pulau di mentawai

Sebagian netizen mengelu-elukan tempat ini untuk dijadikan pengalaman terbaik dalam berselancar.

Pasalnya ombak di tempat ini memang menantang. Makanya kebanyakan wisatawan yang datang biasanya berasal dari atlet-atlet lokal dan asing.

Tapi jangan kuatir, kalau kaka nggak bisa maen beginian, kaka juga masih bisa menikmati sejumlah objek lain seperti pemandangan, wisata budaya, tarian tradisional dan sebagainya.

31. Dermaga Tuapeijat

wisata mentawai

Tuapeijat adalah ibukota kepulauan mentawai. Maka ketika kaka berkunjung ke sini, objek wisata yang pasti ketemu pertama kali adalah dermaga Tuapeijat.

BACA :   10 TOP Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Recommended

Tak seperti dermaga lainnya yang biasanya biasa-biasa saja, dermaga ini memiliki capture pemandagan yang menawan.

Bisa dibayangkan tuh, baru sampe dermaga saja kaka sudah speechles.

Misalnya, dari dermaga ini kaka bisa melihat ikan-ikan kecil di sekitarnya, bisa melihat pemandangan mangrove, bisa melihat kapal-kapal dan juga pulau-pulau. Wow!!!

32. Pantai Jati

wisata mentawai

Sekitar 1 km dari dermaga tuapeijat ini kaka bisa bertemu dengan pantai jati, sebuah pantai yang banyak dikunjungi.

Di pantai ini, biasanya para turis pada nyantuy-nyantuy melakukan aktifitas snorkeling sembari menunggu sunset tiba. Ooooo!!!

Karena jaraknya yang dekat dari dermaga bahkan cuma 5 menitan, saran min sebaiknya kaka sempetin ya berkunjung ke sini. Hiksss

33. Taman Patung Sikerei, Wisata Sejarah yang Heroik

wisata kepulauan mentawai

Sikerei merupakan nama seorang tokoh di Mentawai. Karena itu, sosoknya diabadikan dalam sebuah patung yang diletakan di sebuah taman.

Patung ini diletakan di atas bola dunia yang didepannya terdapat bangku-bangku untuk tempat duduk wisatawan.

Jadi sambil duduk santai, sebaiknya kaka nikmatin suasan ini yaw!

34. Pulau Umat Siteu

wisata pulau mentawai

Kalau ingin lebih seru lagi, kaka bisa jelajahi hutan mangrove yang ada di pulau ini, jarak tempuhnya cuma 5 menit dari dermaga jika menggunakan boat. 

Nanti kalau udah sampe, kaka bisa masuk ke labirin mangrove yang berkelompok-kelompok sehingga bikin kaka punya kesan yang luar biasa sepulangnya nanti.

Jangan lupa, nanti kalau ke sini bawa kamera yang bagus ya biar jepretannya berkualitas sehingga menjadi booming. 

Demikian sejumlah info wisata di kepulauan mentawai yang bisa min sharingkan, semoga bermanfaat ya…

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Kepulauan Nias Sumut Paling Recommended

Leave a Reply