Tempat Wisata di Kutacane Aceh Tenggara Terbaru (Update 2020)

Tempat Wisata di Kutacane – Chori chori….chupke chupke…et dah min langsung inget ajah tu lagu. Kaka sendiri inget nggak lagu ini? kalau kaka penggemar lagu India pastinya inget dong.

Mengapa min inget lagu ini? karena kata “Kutacane” ko mirip-mirip bahasa India ya..apa jangan-jangan terambil dari bahasa India? hmm entahlah …min bukan ahli sejarah.

Sebetulnya min ingin sekali mendalami hal itu dari aspek kesejarahan, tetapi sayangnya kali ini mina cuma ingin sharing tempat wisata di Kutacane ke kaka.

Kota Kutacane

Kutacane adalah Ibu Kota Kabupaten Aceh Tenggara. Tempat ini merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Gunung Leuser yang juga merupakan tempat wisata.

Kalau secara administratif, kota Kutacane masuk ke kecamatan Babussalam. Seperti yang min tulis sebelumnya, tempat wisata di subulussalam sangat eksotis dan didominasi wisata alam.

Nah, tempat wisata di Kutacane juga kece banget ka…. kalau kaka punya kesempatan bermain ke Aceh, kaka bisa mampir ke sini.

Daftar Tempat Wisata di Kutacane

Sejumlah tempat wisata di Kutacane ini banyak yang mengusung tema alam. Karena itu cocok banget buat liburan keluarga atau buat santuy-santuyan bareng teman-teman.

Di sini ada wisata perbukitan, wisata arung jeram, wisata air terjun, pantai bahkan wisata religi. Berikut min sharingkan secara lengkap khusus buat kaka.

1. Bukit Cinta Kutacane

tempat wisata kutacane

Sesuai namanya, pasti bukit ini sangat romantis. Hehe. Min yakin, kaka pun akan kebayang si doi kalau lihat gambar bukit ini.

BACA :   40 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur (Update 2020)

Lihat ka, pemandangannya indah banget. Rerumputan yang hijau, pemandangan gunung, awan dan sebagainya.

Selain itu, kalau kaka berkunjung ke sini kaka akan menemukan para penjual Kopi Gayo yang merupakan kopi khas Aceh.

Jadi, sambil menikmati indahnya alam, kaka juga bisa nikmatin secangkir kopi. Enaaaak tenangg.

Oh iya, lokasi bukit ini berada Gampung Mbarung yaitu sebuah kampung yang jaraknya sekitar 1 km dari Kutacane Aceh Tenggara

2. Arung Jeram Sungai Alas

wisata kutacane

Selesai dari wisata alam bukit, kaka bisa beralih ke wisata yang menguras adrenalin, yaitu bermain arung jeram di sungai alas.

Di tempat ini kaka akan merasakan sensasi yang nggak bakal terlupakan. Airnya jernih, suasananya sejuk, pepohonan di sekitar bikin rindang dan satu lagi, kaka bisa berpetualangan sepanjang sungai.

Kalau mau ke sini silahkan kunjungi kawasan taman nasional gunung leuser ya

3. Taman Nasional Gunung Leuser

tempat wisata di kutacane

Pernahkah kaka touring ke sebuah taman nasional? min yakin, sensasi taman nasional yang pernah kaka jelajahi akan kalah dengan keindahan taman nasional ini. Beneran!

Pasalnya taman nasional gunung leuser ini merupakan taman nasional terbesar di asia tenggara. Bisa dibayangkan tuh ka… dengan luas sebesar ini, kira-kira ada berapa ya jenis flora dan faunanya?

Hmm yang jelas pasti banyak.

Kalau kaka mau kesini, sebaiknya kaka ajak keluarga ya, coz tempat ini cocok banget buat wisata edukasi sehingga keluarga kaka bisa banyak belajar tentang alam.

4. Air Terjun Lawe Dua

wisata kutacane

Pada hari weekend tempat wisata air terjun ini termasuk tempat favorit di kalangan travelers lokal dan luar kota.

Daya tariknya terletak pada pemandangan alam yang super alami dan super indah. Sejuknya udara, indahnya air terjun, hijaunya alam sekitar dan sepoy-sepoynya angin merupakan alasan mengapa mereka berkunjung ke sini.

Kalau kaka tertarik mau ke sini silahkan datangi desa Lawe Dua di Kec Bukit Tusam Kutacane.

BACA :   06 Wisata di Labuhanbatu Utara, Patahan Surga Jatuh di SUMUT

5. Lawe Gurah

tempat wisata kutacane

Bagi kaka yang hobi camping di alam terbuka, tempat ini sangat recommended banget buat kaka.

Banyak di antara para pecinta alam yang camping di sini. Alasannya sederhana, keindahan alamlah yang jadi magnet mereka berkunjung.

Selain itu, di sini juga ada tempat pemandian air panas yang bisa menyegarkan tubuh kaka. Bisa dibayangkan tuh, pagi-pagi kan masih dingin, terus kaka mandi di sini. Uhhh…bakal betah dah.

6. Gua Lawe Sikap

tempat wisata kutacane

Masih seputar wisata alam, kaka juga bisa berpetualang ke gua yang satu ini. Di sini kaka akan menyaksikan indahnya alam dan uniknya bebatuan yang tersusun alami memebentuk dinding gua.

7. Taman Nasional Hutan Ketambe

tempat wisata di kutacane

Pernah lihat orang utan? hehe…kalau belum pernah berarti kaka kudu banget berkunjung ke aman ini.

Di sini kaka akan menemukan beragam jenis flora dan fauna yang nggk bakal kaka temuin di kota-kota. Selain itu kaka juga bisa lakukan kegiatan rafting yang bisa bikin kaka senang selama di sini .

8. Taman Kota Lapangan Ahmad Yani

tempat wisata di kutacane

Selain taman nasional, kaka juga bisa berkunjung ke taman kota ahmad yani ini. Di sini kaka bisa nongkrong bersantuy-santuy bersama teman-teman atau bersama keluarga.

Kalau di malam hari, tempat ini dipadati para pedagang dan permainan anak-anak sehingga kaka bisa sekalian jajan atau ngasuh bocah. Hehe

9. Air Terjun Ketambe

wisata kutacane

Meskipun debit airnya kecil, tetapi tidak salah kalau kaka berkunjung ke tempat ini. Ya hitung-hitung memperbanyak pengalaman lah.

Pasalnya air terjun ketambe ini sering juga dikunjungi para wisatawan lokal terutama saat akhir pekan.

Meskipun hanya sekedar menikmati alam tapi kita harus ingat, berwisata yang paling indah itu bukan soal tempat apa yang akan kita kunjungi, tetapi juga bersama siapa kita kesana. Sweeeet:)

10. Pantai Timur

tempat wisata di kutacane

Entah apa alasannya, yang jelas tempat wisata ini dikenal dengan nama Pantai Timur. Padahal di sini tidak ada pantai dan juga tidak ada pasir.

BACA :   67 Tempat Wisata di Jantho Aceh Besar Terbaru (Update 2020)

Di sini hanya ada bendungan irigasi yang kemudian dijadikan objek wisata.

Kendati demikian, tidak ada salahnya kalau kaka mau ke sini. Coz di sini juga ramai ko, bahkan ada sejumlah permainan bebek-bebekan.

Sayangnya tempat yang mulai banyak dikunjungi wisatawan ini tidak ditopang dengan sejumlah fasilitas umum seperti toilet dan lain-lain.

Padahal para wisatawan sangat membutuhkan fasilitas ini terutama seusai mereka mandi.

Kalau kaka mau ke sini silahkan kunjungi desa Lawe Kinge ya..

11. Air Terjun Lawe Sikap

wisata kutacane

Air terjun lawe berada di kab. Aceh Tenggara yang jarak tempuhnya sekitar 10 menitan dari kota Kutacane.

Capture pemandangan di sini mirip dengan bukit cinta sebagaimana yang min jelaskan di nomor 1.

Tempat ini cukup recommended buat kaka kunjungi. Pokoknya, berkunjung ke tempat wisata banda aceh, sebaiknya kaka juga obok-obok semua tempat wisata di pelosok daerah Aceh.

12. Air Panas Lawe Ger – Ger

tempat wisata di kutacane

Nah, tempat wisata ini cocok banget buat kaka yang sedang ngasuh bocah-bocah. Sambil membiarkan si dede bermain air hangat, kaka bisa duduk bersantuy di kursi-kursi yang ada di pinggirnya.

13.  Masjid Agung At-Taqwa Kutacane

tempat wisata kutacane

Terakhir, setelah kaka lelah melancong ke berbagai sudut kota Kutacane, barangkali kaka juga perlu berwisata ke tempat religi ini.

Masjid At-Taqwa ini memiliki keindahan pada kubahnya karena menggunakan bahan emas. Terlebih lagi ada lebih dari satu kubah di masjid ini.

Selain itu, masjid ini juga sangat besar yang bisa menampung sekitar 6000 jamaah.

Kalau kaka mau ke sini silahkan berkunjung ke kecamatan Babussalam Aceh Tenggara, ya.

Demikian ke 13 destinasi wisata di Kutacane yang bisa min sharingkan ke kaka. Semoga bermanfaat ya.

Oh iya, selain Kutacane, kaka juga bisa jelajahi tempat wisata di Sabang Aceh  yang banyak didominasi oleh wisata pantai. Kece banget deh ka

 

 

Leave a Reply