10 Tempat Wisata di Kerinci Jambi (BARU 2020 Update)

Tempat Wisata di Kerinci – Hi travelers yang selalu kece, gimana masih semangat ikutin petualangan min? tentunya iya dong karena min mau jelajahi sejumlah destinasi di Kerinci Jambi.

Meskipun cuaca cedeum – cedeum begini dan enaknya pewe aja di kasur, tapi min yakin kalau udah denger tempat wisata, kaka-kaka pun pasti tertarik kepo untuk mengikutinya.

Nah kaka tahu daerah Kerinci?

Itu loh sebuah kabupaten di Jambi yang konon punya keindahan alam fantastis. Makanya berbagai objek tempat wisata pun masih didominasi oleh wisata alam.

Nama Kerinci sendiri berasal dari kata Kurinji yang merupakan bahasa tamil. Nama Kurinji ini merupakan sebuah bunga yang tumbuh di negera India selatan.

Lantas apa saja nama-nama objek wisata Kerinci, berikut min sharingkan satu per satu buat kaka-kaka ya.

1. Danau Kaco

Danau Kaco kerinci

Min mau mulai dari wisata alam, salah satunya adalah Danau Kacau yang terkenal dengan warna airnya yang biru.

Dinamai danau Kaco karena mirip dengan kaca yang bisa memantulkan bayang-bayang benda yang berada di atasnya.

Danau ini terletak di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut.

Sakin eloknya, danau yang berukuran sekitar 30 x 30 meter ini pun semakin bikin kepo para netizen.

Makanya setiap wisatawan yang berkunjung ke sini, pasti merasa betah bersantuy lama di depan danau ini.

Kendati airnya bening, tapi kedalamnya masih misterius. Pasalnya setiap kali peneliti menyelang ke dasar, tabung oksigen mereka selalu tidak cukup sebelum sampai di dasar.

BACA :   10 Tempat Wisata di Muaro Jambi (Sengeti) BARU Update 2020

Makanya hingga kini kedalamannya belum bisa diperkirakan.

  • Alamat : Sei Penuh, Desa Lempur, Kec. Gunung Raya, Kerinci.

2. Danau Kerinci

Danau Kerinci

Rugi banget kalau kaka tahu nama Kerinci tetapi nggak tahu Danau Kerincinya. Soalnya, danau ini cukup iconic loh ka, kaka kudu banget ngeluyur ke sini.

Danau yang super kece ini memiliki luas sekitar 4200 hektar, dalamnya sampe 110 m dan berada di ketinggian 783 mdp dengan diameter keliling mencapai 70 km.

Makanya sangat wajar jika danau Kerinci merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba. Waaaah!

  • Alamat : Kaki Gunung Raja, Kec. Danau Kerinci, Kerinci, Jambi

3. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Jangan ngaku petualang sejati kalau kaka belum nyoba mendaki gunung yang super kece ini.

Dengan medan yang cukup sulit ditempuh, nyali petualangan kaka akan diuji dengan trayek yang super menantang ini.

Tapi jangan kuatir, ketika kaka sampai di puncak, kaka akan lupa segala lelah perjalanan karena keindahan pemandangan di sini bisa melupakan semua itu.

Beneran ka, kalau kaka pendaki sejati, min merekomendasikan banget naek ke gunung ini.

4. Danau Lingkat

Danau Lingkat kerinci

Dengan luas sekitar 12 hektar dan berada di ketinggian 1.100 mdpl, danau ini cukup recommended buat kaka kunjungi.

Selain memiliki pemandangan yang bisa memanjakan kamera kaka, danau ini juga terbilang masih alami. Jadi, mata kaka bisa dicharge dengan hijaunya pemandangan sekitar.

Selain itu, di sini juga kaka bisa menjelajahi danau dengan menaiki rakit. Melalui rakit ini nantinya kaka bisa melihat batu belang di spot-spot tertentu di dasar air.

  • Alamat : Desa Lempur Mudik, pinggir hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi.

5. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun

Kalau kaka masuk ke Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) kaka akan bertemu dengan air terjun yang super cuantik ini.

BACA :   14 Tempat Wisata di Batanghari Jambi Paling Populer

Karena letaknya di dalam hutan, maka wajar jika rute menuju sini penuh dengan semak belukar.

Saking menantangnya, tempat ini belum banyak dijamah para traveler. Padahal keindahannya kece banget ka, gile bener….air terjunnya aja punya 12 tingkat. Uhh.

  • Alamat : Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi

6. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Kalau di Sumatra, taman ini merupakan taman nasional terbesar. Di dalamnya menyimpan seribu satu flora dan fauna.

Untuk flora sendiri, setiaknya ada 4 ribu spesies termasuk bunga Rafflesia Arnoldi dan juga bunga Titan Arum (bunga tertinggi di dunia).

Adapun fauna, di sini kaka bisa menemukan gajah sumatre, harimau sumatra, beruang madu, tapir melayu, macan dahlan dan berbagai jenis burung yang tak kurang dari 350 an spesies.

7. Bukit Khayangan

Bukit Kayangan

 

Pernah dengar negeri di atas awan? nah, kalau kaka ingin mengunjunginya, kaka bisa temukan negeri tersebut di Kerinci ini.

Di puncak bukit ini kaka akan saksikan keindahan alam semesta yang memukau, apalagi kalau saat ada awan. Uuuh….bisa seperti lagi di atas negeri khayangan tuh.

  • Alamat : Desa Renah Kayu Embun, Kerinci, Jambi.

8. Puncak Rindu Kayu Aro

Puncak Rindu Kayu Aro

Kalau kaka lagi galau dan membutuhkan suasana santuy, maka tempat ini jawabannya.

Soalnya puncak yang berada di antara kawasan kebun teh kayu aro ini memiliki memandangan yang adem dan cocok buat relaksasi.

Dengan memandang hamparan kebun teh dan disertai dengan semilir angin sepoy-sepoy, maka dalam sekejap saja galau kaka bisa hilang. Mau nyoba? hiks.

9. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro

Kalu tadi bisa memandang kebun teh dari puncak, kalau sekarang kaka nyantuy di kebunnya langsung.

Bagaimana rasanya tuh, bermain-main di antara petakan-petakan kebun teh, pasti bikin kaka lupa segala persoalan. Berlebihan nggak sih?

BACA :   014 Tempat Wisata di Sarolangun Jambi Paling Viral (BARU 2020 Update)

Soalnya kadang min itu greget, mereka yang galau-galau itu nggak mau nyoba jelajahi tempat-tempat alami yang hijau. Padahal tempat beginian ampuh banget buat ngehilangin pening.

10. Goa Kasah

Goa Kasah kerinci

Goa kasah adalah goa yang dihuni oleh berbeagai jenis burung dan kelalawar.

Di kalangan para pendaki, tempat seperti ini cukup diminati. Tapi min nggak tahu ya kalau sudah ada opini virus corona yang konon berasal dari kelalawar, apakah masih ada pendaki yang berani ke sini? hmmm

Selain dihuni binatang, gua ini juga termasuk tempat yang memiliki sejarah karena didalamnya terdapat dinding tua yang terdapat lukisan kuno.

  • Alamat : Desa Renah Kasah, Kec. Kayu Aro, Kerinci, Jambi.

Demikian ke 10 objek wisata alam terfavorit di jambi yang bisa min sharingkan. Semoga bermanfaat ya. Dan semoga kaka-kaka bisa berkunjung ke tempat-tempat ini.

Oya kabari min, kalau ada perubahan-perubahan informasi yang belum min ketahui. Byeeee!

Leave a Reply