40 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur (Update 2020)

Tempat Wisata di Idi Rayeuk – Kaka-kaka yang always cool, gimana sudah pernah ke Aceh Timur? kalau pernah tentunya tahu dong kota Idi Rayeuk yang menyimpan banyak tempat wisata iniiih.

Capture wisata di sini sangat beragam loh..ada pantai, danau, alam, kuliner bahkan sampe wisata religi pun ada.

Selain tempat wisata, penduduknya juga ramah-ramah alias friendly sehingga kalau kaka kesini, kaka pasti betah dan nyaman berinteraksi dengan mereka. Bisa-bisa nggak mau pulang loh. Hiks

Idi Rayeuk Aceh Timur

Sebetulnya Idi Rayeuk itu hanya sebuah kecamatan di kabupaten Aceh Timur. Hanya saja daerah ini dijadikan pusat kota kabupaten sehingga penampakannya pun sudah maju.

Jadi kalau kaka ke sini tak perlu khawatir soal fasilitas umum termasuk ATM. Hehe

Daftar Tempat Wisata di Idi Rayeuk

Soal tempat wisata, tentu saja tak luput dari perhatian pemerintah karena bisa memberikan sumber pemasukan daerah.

Makanya setiap libur kerja semisal hari sabtu dan minggu, tempat-tempat di sini suka rame dikunjungin para wisatawan. Nah apa saja tempat wisatanya? Berikut listnya:

26. Pantai Idi Cut

wisata idi rayeuk

Pantai ini termasuk pantai favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Pasalnya, selain mengusung tema alam yang indah, pantai ini juga dekat dengan kota. Jaraknya hanya 3 km.

BACA :   67 Tempat Wisata di Jantho Aceh Besar Terbaru (Update 2020)

Kelebihan pantai idi kut ini terletak pada hamparan pasir halus yang bikin manja kaki, pohon cemara dan deburan ombak. Cocok banget buat jalan-jalan bareng si doi. Wkwk

27. Pantai Kuala Parek

wisata idi rayeuk aceh

Seperti pantai Idi Kut, pantai ini juga punya kelebihan di bibir pantainya, yaitu hamparan pasir putih halus yang membentang luas.

Di tambah lagi air lautnya masih asri dan asli, warnanya hijau tosca sehingga bisa dijadikan sarana untuk merefresh mata.

Apalagi kalau ke sini di sore hari….uuuh….anginnya sejuk, ombaknya landai, langitnya cerah….cocok banget deh buat kaka-kaka untuk berjalan santuy di sinih.

28. Pantai Kuala Beukah

wisata idi rayeuk aceh

Uniknya, pantai kuala beukah ini dikelilingi pepohonan cemara sehingga suasanya pantainya menyatu dengan suasa kebun. Gitu nggak sih?

Di tambah lagi pasirnya halus yang berwarna kecoklatan….cocok banget buat jalan-jalan bareng keluarga sembari ngasuh bocah.

Kalau kaka mau kesini, silahkan kunjungi Desa Paya Lipah, Kec. Peureulak Kab. Aceh Timur.

29. Air Terjun Weh Hilang

wisata idi rayeuk

Biar liburan kaka variatif, kaka juga bisa kunjungi wisata alam air terjun yang super kece ini. Letaknya berada di wilayah administratif Gampong Terujak, kec. Serba Jadi, Aceh Timur.

Air terjun Weh Hilang ini memiliki ketinggian 15 meter yang berada di antara pepohonan hijau.

Selain itu tempat ini memiliki cekungan di bawahnya sehingga bisa dijadikan tempat berenang santuy sembari menikmati segerrrnya alam.

30. Air Terjun Terujak

wisata idi rayeuk

Selain Weh Hilang, kaka juga bisa sambangi air terjun ini yang berada di lokasi yang sama, Gampong Terujak Kec Serbajadi.

Bedanya dengan Weh Hilang, air terjun Terunjak ini memiliki wahana unik yaitu adanya pemandian air panas yang berasal dari uap belerang.

BACA :   Tempat Wisata di Subulussalam Aceh Terbaru (Update 2020)

Kalau kaka mandi di sini kaka akan mendapatkan manfaat seperti tubuh yang sehat dan segar. Pokoknya ruge deh kalau nggak mampir ke air terjun ini. Kece banget loh!

31. Situs Kerajaan Peureulak

wisata idi rayeuk aceh

Bagi kaka yang hobi banget mempelajari sejarah, barangkali kaka juga mau berkunjung ke wisata sejarah ini.

Sebagaimana kita tahu, dulu ada sebuah kerajaan peureulak yang sangat disegani di Aceh. Nama peureulak pun banyak kita temukan dalam buku-buku sejarah di sekolah.

So, untuk lebih menguatkan ingatan, kaka bisa datangi peninggalannya seperti makam raja dan masjid.

Lokasinya berada di Gampong Tualang Kec. Peureulak Kab. Aceh Timur.

32. Pantai Alur Dua Muka

wisata idi rayeuk

Mengapa dinamai Pantai Alur Dua Muka? hmmm…min benar-benar bertanya, bukan mau ngasih tahu. Coz min juga nggk tahu. hehe

Tetapi yang jelas pantai ini memiliki keindahan yang patut kaka kunjungi. Lokasinya sekitar 65 km dari kota langsa dan hanya 2 km dari kota Idi Rayeuk. Jadi dekat lah kalo dari pusat kota mah.

33. Pantai Kuala Geulumpang

wisata idi rayeuk aceh

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Idi Rayeuk, pantai ini dijadikan pantai andalan bagi masyarakat aceh timur.

Kelebihanannya karena pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, lembut dan luas.

Selain itu pemandangan di sekitarnya juga amat eksotis dan menggoda, ada cekungan, ada pulau, ada pepohonan dan sebagainya.

Kalau kaka mau kesini silahkan datangi di kec. Julok Kab. Aceh Timru. Lokasi ini pasti mudah banget untuk kaka jumpai, coz amat dekat dengan pusat kota Idi Rayeuk.

34. Pantai Kuala Peudawa

wisata idi rayeuk aceh

Gimana kaka-kaka masih semangat memantai destinasi wisata yang kami suguhkan? kalau masih kepo, barangkalai kaka kudu coba jalan-jalan ke pantai Kuala Peudawa.

BACA :   59 Tempat Wisata di Banda Aceh Kota Terbaru (Update 2020)

Pantai ini berada sekitar 6 km dari pusat kota Idi Rayeuk, jadi bisa kaka kunjungi dengan mudah.

Salah satu kelebihannya, di sini ada banyak pohon kelapa yang menjulang dan juga pepohonan lain yang rindang. Jadi kaka bisa nyantuy-nyantuy gitu deh di bawah pohon.

35. Air Terjun Paya Bili

wisata idi rayeuk

Tempat wisata terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah air terjun paya bili yang super eksotis ini.

Jaraknya hanya sekitar 12 KM dari pusat kota. Lumayan lah.

Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan waduk sekitar 20×50 meter. Ukuran ini cukup luas sehingga kaka bisa berendam di sini. Wow seger sekali tentunya.

Selain itu, pemandangan alam sekitarnya juga sangat asri. Pun dengan suara kicau burung, bakal bikin kaka betah nyantuy manja di sini.

Selain ke 10 tempat wisata di atas, masih ada tempat wisata lainnya yang belum min jelajahi, min sajikan dulu ya nama-namanya.

36. Pantai Ketapang Mameh

37. Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku

38. Pantai Kuala Simpang Ulim

39. Pantai Wisata Kuala Peudawa

40. Kerajaan Peureulak Secara Keseluruhan

Itulah destinasi wisata yang ada di Idi Rayeuk yang bisa min sharingkan buat kaka-kaka semua. Semoga tempat-tempat ini bisa kaka kunjungi ya ketika liburan nanti.

Oya, selain di kota Idi Rayeuk, kaka juga bisa kunjungi tempat wisata di Calang dan kota – kota lainnya di Aceh, Termasuk tempat wisata di Blangpidie yang hingga kini masih jadi destinasi wisata favorit masyarakat aceh.

Demikian semoga bermanfaat….bye….selamat berlibur

Leave a Reply