10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Sumut (Update 2020)

Tempat Wisata di Humbang Hasundutan – Kaka-kaka travelers, gimana kabarnya? hmmm, semoga kaka sehat selalu ya. Soalnya min mau ajakin kaka jalan-jalan ke Humbang Hasundutan. Hehe

Ya, di siang bolong kaya gini min sebetulnya lagi PeWe alias posisi wenak. Maleeees banget mau jalan-jalan.

Tapi karena tempat di Hasundutan ini eksotis banged, min jadi bangkit dan min mau jelajahi 10 tempat wisata paliiing instagramable di jagat maya.

Baaedeuwey, kaka tahu nggak kabupaten Humbang Hasundutan? hmm.. min jelasin dulu yaw.

Kota Humbang Hasundutan

Humbang Hasundutan adalah sebuah kabupaten di Sumatra Utara. Kabupaten ini dibentuk pada tahun 2003 yang ibukotanya ditetapkan di Dolok Sanggul.

Secara geografis, Hasundutan berada di ketinggian 330 sd 2075 mdpl dan menurut pak sensus, penduduk kabupaten ini sekitar 171.650 jiwa pada tahun 2010.

Selain kota Deli Serdang yang punya banyak tempat wisata, Hasundutan juga demikian. Bedanya, tempat wisata di Humbang ini tidak sebanyak tempat wisata di Deli Serdang.

Adapun soal keindahan, oooh siap diadu tuh.

Daftar Tempat Wisata di Humbang Hasundutan (Dolok Sanggul)

Dari sejumlah tempat wisata yang ada di Hasundutan, min seleksi menjadi sepuluh terbesar saja. Dan yang min tampilkan ini merupakan wisata andalan.

Tak tanggung-tanggung, pengunjungannya juga sudah sangat banyak baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Baiklah, kesemua ini tempat wisata itu min sharingkan khusus buat kaka;

1. Air Terjun Sampuren Pollung

wisata alam humbang hasundutan

Beneran deh, tempat wisata alam yang pertama ini bikin min speechles , min nggak bisa berkata-kata lagi harus bilang apa ke kaka.

Coba aja kaka perhatikan, air terjunnya besar dan tinggi hingga mencapai 65 meter. Ditambah lagi diapit oleh pepohonan dan bukit, wah indah banget.

Min yakin, kalau kaka ke sini, kaka nggak bakal kuat untuk tidak selfie. Makanya ayo cepetan ke sini ka

BACA :   40 Tempat Wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur (Update 2020)

Tapi inget, kalau kaka mau ke sini kaka harus bersabar dan harus hati-hati sepanjang perjalanannya. Soalnya jalan ke sini tuh ya masih terjal dan miring-miring begitu.

Kalau pun pake motor, upayakan motor yang baik ya…jangan yang suka mogok-mogok. Nanti malah ngerepotin.

  • Alamat : Kecamatan Onan Ganjang dan Pakat, Humbang Hasundutan.
  • Tiket : –

2. Air Terjun Simolap

wisata alam humbang hasundutan

Kalau dipotret dari angkasa, air terjun ini sangat mengagumkan. Sayangnya, lokasi air terjun ini berada di tengah hutan sehingga sulit dijangkau.

Oleh sebab itu, tak banyak para pecinta petualangan yang berani menemui air terjun ini. Hanya mereka yang berjiwa kesatria yang mampu menaklukannya.

Apakah kaka termasuk sang petualang kesatria?

Kalau iyah, ayo buktikan. Min siap nemenin…hiksss

  • Alamat : Desa Simatabo dan Desa Sampetua Kec. Parlilitan, Humbang Hasundutan.
  • Tiket : –

3. Air Terjun Sampuren Janji

wisata alam humbang hasundutan

Dalam bahasa batak, “Sampuren” aritnya janji. Mengapa dinamai demikian? jawabannya karena dahulu kala raja-raja batak mengucap janji di tempat ini sebelum berangkat ke medan perang.

So, di samping keindahan alam yang begitu memukau, kaka juga bisa menyusuri jejak-jejak sejarah yang penuh makna.

Min yakin kalau kaka ke sini kaka akan betah dan bisa jadi pengen bersantuy-santuy terus. Hmmm

  • Alamat : Desa Marbun Toruan, Kec. Bakti Raja (berhadapan dengan Danau Toba), Humbang Hasundutan

4. Geosite Sipinsur

wisata danau humbang hasundutan

Tempat ini sangat recommended banget buat kaka. Coz di tempat ini kaka bisa bersantuy-santuy sembari menikmatin indahnya danau toba.

Dengan ketinggian sekitar 1.213 mdpl, di sini kaka bisa memandang keindahan empat kabupaten sekaligus. Wwow

Apa aja?

Kaka bisa lihat kabupaten Humbang Hasundutan, kaka juga bisa lihat kabupaten Tapanuli utara, Tobassa dan juga Samosir.

Kecenya lagi, bukit ini memiliki banyak pohon pinus sehingga udara di sekitar semakin sejuk dan aduhaiiii sepoy-sepoy banget.

Selain itu, kaka juga bisa menikmatin sejumlah fasilitas seperti outbound area, camping ground, taman bermain, penginapan dan juga restaurant. Lengkap ka..

5. Bukit Bakkara

wisata alam humbang hasundutan

Kalimat “Bakara” artinya tempat tinggal yang damai dan teduh. Oleh sebab itu, bukit ini sangat menerjemahkan makna tersebut.

BACA :   10 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Terbaru

Seperti bukit sipinsur, tempat ini juga kece banget yang berada di Barat Daya Danau Toba sehingga wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Toba.

Selain itu, dari bukit ini juga kaka bisa memandang hamparan sawah yang membentang dan juga aliran sungai yang berkelit-kelit.

Pun dengan pemandangan perkampungan, semua itu bisa kaka bidik dengan sudut kamera yang canggih sehingga menjadi sebuah booming. Hiksss

  • Alamat : Kecamatan Bakti Raja, Humbang Hasundutan.
  • Tiket : –

6. Pesona Pulau Simamora

wisata pulau di humbang hasundutan

Pulau Simamora adalah pulau kecil yang tak berpenghuni yang berada di tengah Danau Toba. landscape pemandangannya berupa pantai berbatu dengan daratan berbukit dan rerumputan.

Kalau kaka kepengen ke tempat ini, kaka bisa naik perahu. Nanti pas datang di pulau, kaka akan dimanjakan oleh keindahan pulau dan rerumputan hijau.

Apalagi kalau kaka sampe di sini sekitar 09 sd 10, uhh…pemandangan di waktu ini merupakan puncak dari keindahan yang amat banget memukau sekali. Hehe

  • Alamat : Desa Tipang, Bukit Baktiraja, Humbang Hasundutan.
  • Tiket : –

7. Air Terjun Sipulak

wisata alam humbang hasundutan

Air terjun sipulak memiliki ketinggian mencapai 70 meter dan lebar mencapai 3 meter. Dengan ketinggian segini, pasti berkorelasi dengan keindahan alam yang fotogenik.

Hanya saja, karena kucuran air terjun ini sangat deras, kaka tak boleh coba-coba mandi di area ini. Soalnya, pusaran air yang diakibatkan air terjun bisa berpotensi merobek-robek tubuh kaka.

So, kaka cukup memandang dari kejauhan dan mengabadikannya melalui jepretan kamera kaka.

Ditambah lagi, air terjun ini belum dikelola secara apik karena memang lokasinya juga sangat terpencil dan sulit dijangkau.

Ya tapi kalau kaka nekat mau ke sini saran min kaka harus ekstra hati-hati ya.

  • Alamat : Desa Pakkat Hauagong, Kec. Pakkat, Humbang Hasundutan

8. Danau Tao Silosung

wisata danau humbang hasundutan

Kaka tahu apa arti Tao Silosung? pasti nggk tahu kan. Tao artinya Danau sementara Silosung artinya Lesung tempat numbuk padi.

Mengapai danau ini dinamai Tao Silosung?

Min junga nggk tahu. Hehe. mungkin bentuknya kali ya yang mirip-mirip lesung. Tapi, yang penting danau ini punya keindahan yang menjadi daya pikat para wisatawan.

BACA :   Tempat Wisata di Deli Serdang Sumut Terbaru

Beneran loh, meskipun belum dikelola secara profesional, tetapi tempat ini acapkali dikunjungi para pelancong terutama pada hari-hari libur.

  • Alamat : Desa Sinambela, Kec. Baktiraja, Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan.
  • Tiket : –

9. Istana Sisingamangaraja

wisata budaya hasundutan

Selain wisata alam, kaka juga perlu sekali-kali mengunjungi wisata budaya dan wisata sejarah. Nah di Humbang Hasundutan sendiri, kaka bisa kunjungi istana ini, dan kudu banget.

Soalnya nama raja Sisingamangaraja  XII sendiri termasuk pahlawan nasional, jadi buat nambah wawasan lah.

Selain itu di tempat ini juga ada beberapa bangunan rumah adat yang berbeda-beda fungsinya. Ada yang digunakan untuk kegiatan seni dan budaya, ada yang digunakan untuk kerajinan dll.

Dahulu kala, istana ini pernah dua kali dibakar yaitu oleh pasukan Tuanku Rau (Bonjol) pada tahun 1825 dan juga oleh pasukan Belanda pada tahun 1878.

Hanya saja pada tahun 1978 istana ini dibangun lagi oleh pemerintah dan masyarakat dengan bentuk seperti sedia kala.

  • Alamat : Kec. Baktiraja, Humbang Hasundutan. Jaraknya sekitar 16 km dari kota Dolok Sanggul

10. Restoran Apung Desa Tipang

restaurant di humbang hasundutan

Nah, tempat wisata terakhir yang kudu kaka coba adalah restoran apung desa tipang. Tempat ini tak jauh dari air terjun janji raja seperti yang min tulis di bagian awal.

Tempat wisata kuliner ini akan menyajikan ikan bakar khas ala tipang loh, tahu gimana rasanya? ah…pasti weeeeenak banget.

Pemilihan jenis ikannya, penyajian bumbunya, cara membakarnya, waw kebanyang tuh.

Ditambah lagi pemandangan sekitar juga oke banget. Jadi, sambil nyantap makanan sambil nikmatin pemandangan.

Oh ya, di sini juga ada homestay yang bisa kaka sewa buat menginap. Bangunan ini cukup besar, ada 4 lantai dan 20 kamar.

So, kaka tak perlu khawatir ketika plesiran ke tempat ini.

Itulah ke 10 tempat wisata terkece, terindah, terpopuler yang ada di Kab. Humbang Hasundutan. Silahkan kaka jelajahi satu per satu yaw..terima kasih

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Dairi Sumut Terfavorit

 

 

Leave a Reply