14 Tempat Wisata di Dumai Riau Paling Romantis

Tempat Wisata di Dumai – Apa yang ada dipikiran kaka ketika mendengar kata DUMAI? Hmm… jangan-jangan kaka kepikiran Dunia Maia. Hehe. Bukan itu yang min maksud ya.

Tapi Dumai yang min maksud adalah sebuah kota cuantik di Riau Sumatra.

Menurut berbagai khobar yang min dapatkan, tempat ini menyimpan seribu satu keindahan destinasi tempat wisata yang patut kita ketahui.

So,,, apakah kaka mau ikutin petualangan min?

Selayang Pandang Kab. Dumai

Kota Dumai adalah kota yang merupakan hasil pemekaran dari kab. Bengkalis. Kota Dumai ini diresmikan pada tahun 1999 berdasarkan UU No 16 tahun 1999.

Setelah menjadi kabupaten, kota ini mengalami peningkatan di berbagai sektor. Peningkatan ini dimulai sejak tahun 2000.

Tak tanggung-tanggung, berbagai kemajuan pun berhasil dicapai seperti pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas mutu pendidikan, dan bahkan sektor pariwisata.

Hmmm,, tentu saja masih banyak kemajuan lainnya yang bisa min tampilkan, hanya saja min hanya fokus pada sektor pariwisata. Oleh sebab itu, min lansung meluncur ke destinasi objek wisata ya.

Daftar Tempat Wisata di Dumai Riau

Karena suasanya yang masih alami, maka tak heran jika kebanyakan objek wisata di sini masih bernuansa alam.

Kendati demikian, ada juga tempat-tempat wisata yang sudah disentuh tangan-tangan modern.

BACA :   20 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Kepri Paling Hot [2020]

Sekarang mari perhatikan berbagai tempat wisata itu sebagai berikut :

1. Taman Bukit Gelanggang

wisata hijau kota dumai

Taman Bukit Gelanggan merupakan taman hijau yang sering dikunjungi warga. Pada pagi dan sore hari, tempat ini biasa digunakan untuk olah raga, bersantuy, berselfie dan sebagainya.

So, bagi kaka-kaka yang ingin nyantuy bareng teman-teman, nggak ada salahnya jalan-jalan ke tempat ini. Apalagi di sini sudah tersedia WIFI gratis. Bisa bikin lebih nyantuyyy.

Selain itu, tempat ini juga kadang-kadang dipake untuk event-event tertentu. Jadi, sangat kebetulan kalau kaka ke sini ketika ada acara tersebut.

  • Alamat : Kec. Dumai Timur, Dumai, Riau.

2. Danau Bunga Tujuh

wisata kota dumai

Tempat santuy nan romantis berikutnya adalah Danau Bunga Tujuh. Sebuah tempat yang cocok buat kaka-kaka yang lagi galau atau yang pengen jallan barreng si doi.

Di sini tuh tempatnya asri banget. sejuk, indah, alami dan fotogenik. Ditambah lagi dengan keberadaan gazebo, pasti tambah betah.

Selain itu, di sekitarnya juga masih banyak pepohonan-pepohonan menghijau sehingga menambah kealamian alam sekitar. Menurut min, kaka bener2 kudu nyobain tempat ini.

  • Alamat : Kel. Bukit Batrem, Dumai Timur, Dumai , Riau.

3. Hutan Mangrove Dumai

wisata alam dumai riau

Di mana-mana, yang namanya hutan mangrove tuh emang bikin romantis. Apalagi kalau hutan mangrovenya yang kaya di dumai ini. Uhh..bisa jalan-jalan di atas papan yang membelah hutan.

Selain itu, tentu saja tempat di sini juga memiliki udara yang sangat sejuk, indah, fresh dan bikin mata menjadi segar kembali.

Kalau kaka ke sini, jangan lupa bawa kamera keren ya, biar jepretan kaka menghasilkan gambar yang berkualitas.

  • Alamat : Desa Ratu Sima, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai.

4. Hutan Wisata Dumai

wisata alam dumai riau

Pernah jalan-jalan ke hutan wisata seperti bogor? hemmm…. kalau udah pernah, cobalah kaka juga kunjungi hutan yang ada di bogor ini.

BACA :   008 Tempat Wisata di Lingga Kepulauan Riau [2020]

Memang apa sih kelebihannya?

Tentu saja karena di sini terdapat pemandangan yang fresh dengan suhu udara yang sejuk.

Bagi kaka yang setiap harinya berhadapan dengan laptop, android dan sebagainya, rasanya sangat perlu untuk ngajengjehe di tempat ini.

  • Alamat : Desa Bukit Timah, Kec. Dumai Selatan, Kab. Dumai. Riau

5. Goa Pelintung

wisata alam dumai riau

Secara leluri, cerita dari mulut ke mulut, konon dulunya goa ini digunakan untuk menyimpan harta karun seorang bajak laut. Cuma, entah kenapa hingga saat ini nggak ada wujudnya tuh harta karun. Hoax kali ya.

Kendati demikian, yang jelas tempat ini kudu banget kaka kunjungi. Soalnya pemandangannya indah banget ka, punya karisma dan bikin terkenang terus.

Jangan lupa bawa kamera bagus ya, biar fotonya nggk ngblur. hehe

  • Alamat : Kel. Pelintung, Kec. Medang Kampai, Riau

6. Tugu Lancang Kuning

wisata hijau kota dumai

Tugu yang berbentuk kapal ini berada di taman Gelanggan seperti yang udah min bahas di atas. Jadi, kalau kaka ke Taman Gelanggang, pasti kaka berkesempatan untuk berkunjung ke sini.

Salah satu keunikannya karena tugu ini menyimpan perpustakaan mini di bagian bawahnya.

So, cobalah kaka berkunjung ke sini bareng keluarga biar dedek-dedek bisa sambil membaca sekaligus bisa berwisata.

  • Alamat : Kec. Dumai Timur, Dumai, Riau.

7. Pantai Purnama

wisata pantai kota dumai

Pantai ini cukup recommended buat kaka dan teman-teman. Selain pemandangan yang aduhai, angin di sini juga sepoy-sepoy sehingga kalau kaka ke sini bareng doi, pasti makin romantiz.

  • Alamat : Dumai Barat, Kota Dumai, Riau

8. Pantai Teluk Makmur

wisata pantai kota dumai

Selain Purnama, pantai ini juga tak kalah molek. Saking kecenya, ketika weekend tiba tempat ini senantiasa dikunjungi para wisatawan terutama kaum muda mudi.

BACA :   26 Tempat Wisata di Batam Paling Seru [2020]

Ya meskipun hanya sekedar nongkrong dan ngobrol, tetapi nampaknya tempat ini memiliki kesan tersendiri di kalangan muda mudi tersebut.

  • Alamat : Teluk Makmur, Medang Kampai, Dumai Riau

9. Masjid Agung al-Manan

wisata religi dumai riau

Lelah dengan wisata alam dan pantai, kini saatnya kaka masuk ke tempat pengecashan hati, yaitu masjid. Di samping pemandangannya yang cukup indah, berwisata ke tempat religi juga bisa bikin hati menjadi tenang.

  • Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Bagan Besar, Dumai Timur, Bukit Batrem, Dumai

10. Taman Telaga Tirta Bukit Datuk

wisata hijau kota dumai

  • Alamat : Bukit Datuk, Kab. Dumai, Riau

11. Pantai Koneng

wisata pantai kota dumai

  • Alamat : Medang Kampai, Dumai, Riau

12. Pantai Marina

wisata pantai kota dumai

  • Alamat : Teluk Makmur, Medang Kampai, Dumai, Riau

13. Tapak Harimau Sakti

wisata alam kota dumai

  • Alamat : Pelintung, Medang Kampai, Dumai, Riau

14. Taman Danau Wisata Bunga Tujuh

wisata hijau kota dumai

  • Alamat : Bukit Batrem, Dumai Timur, Dumai

Itulah ke 13 destinasi tempat wisata yang ada di Kabupaten Dumai Riau. Semoga kaka bisa mengunjunginya satu per satu ya. Byeeeeeeeee.

Leave a Reply