16 Tempat Wisata di Blangpidie Aceh Terbaru (Update 2020)

Tempat Wisata di Blangpidie – Hai, kaka-kaka…Punya niat mau keliling kota Serambi Mekkah? Waah, asik banget tuh. Jangan lupa pelajari dulu destinasi wisata yang ada di sana yah.

Agar kaka bisa pilih-pilih tempat sejak sekarang, dan perjalanan wisatanya menjadi lebih efektif, seru, menyenangkan dan mengesankan.

Mimin pernah waktu wisata ke salah satu kota, tidak menyiapkan perencanaan. Eh, disana mimin malahan sibuk cari-cari tempat. Akhirnya, waktu liburan mimin jadi tidak efektif dan tidak efisien.

Waktu berlibur pun habis, sementara destinasi wisata hanya sedikit yang terjamah. Kalau teringat itu mimin jadi pengen nangis. Maka dari itu, kaka-kaka mulai plan dari sekarang yah. Biar gak kejadian kayak mimin.

Blangpidie Aceh Barat Daya

Seperti yang sudah kaka ketahui, Serambi Mekkah itu memiliki sejuta pesona budaya dan kearifan lokal yang luar biasa keren.

Itulah yang menjajdi magnet para wisatawan untuk datang jauh-jauh ke kota ini.

Naah, di Serambi Mekkah ini, ada tersembunyi satu kabupaten yang memiliki sejuta pesona indah, tersembunyi ibarat mawar di tepi jurang, ciyee. Namanya adalah kabupaten Aceh Barat Daya atau disingkat Abdya.

Singkat cerita, kabupaten Abdya ini mempunya ibu kota kabupaten yang bernama Blangpidie.

Jangan kaget, karena jaraknya sangat jauh, yaitu sekitar 357,9 km dengan waktu tempuh kira-kira 6 jam perjalanan darat dari Banda Aceh.

Tapi jangan fokus di jauhnya yah, karena perjalanan panjang ini begitu mengesankan dan sejuk di pandang mata.

BACA :   Tempat Wisata di Kisaran Asahan Medan Paling Recommended

Rugi deh kalau tidur dalam perjalanan. Ada banyak gugusan pegunungan sejuk di sepanjang jalan ini.

Destinasi Wisata di Blangpidie Abdya

Berikut mimin share beberapa destinasi wisata yang seru, mengesankan dan menyenangkan yang ada di Blangpidie. Kaka bisa pelajari lalu tentukan daftar destinasi yang akan dikunjungi ya.

9. Pemandian Putroe Ijoe

Wisata di Blangpidie

Pemandian ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Pucok Krueng. Letaknya di Desa Alue Seulaseh, Kecamatan Jumpa.

Jaraknya sekitar 7 km dari Blangpidie dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit perjalanan darat.

Pemandian ini menjadi primadona wisata karena suasana asri dan alaminya. Kolam kecil bebatuannya berasal dari pegunungan Putro Aloh menambah kesejukan suasana di pemandian ini.

Jika menyusuri aliran sungai, maka pengunjung akan mendapat kejutan berupa kolam eksotis yang berada di bawah air terjun putroe ijoe.

10. Gua Seumancang Kuta Tinggi

Wisata di Blangpidie

Gua ini memiliki pesona indah stalakmit dan stalaktit yang tidak tersentuh coretan tangan iseng manusia.

Letaknya di desa babah Lhung kemukiman Kutatinggi dengan jarak 3,24 km dari ibukota kabupaten.

11. Pulau Gosong

tempat eksotis di Blangpidie

Pulau Gosong? Lucu ya namanya. Pulau ini destinasi wisata yang sangat populer di Abdya. Lokasinya di Kecamatan Susoh, sekitar 4 km dari Blangpidie.

Saat speed boat mendekati pulau ini, akan tampak indah gradasi air laut dengan karang yang sangat jelas terlihat karena airnya yang begitu jernih.

Pulau mungil ini dilengkapi pasir yang berpadu indah dengan pepohonan cemara. Indah sekali.

Ikan-ikan yang indah dan menakjubkan seperti ikan nemo tampak cantik diantara terumbu karang yang tampil mempesona.

Cocok sekali bagi kaka yang bertujuan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Kaka disini akan menemukan sejengkal tanah surga yang jatuh di tengah lautan. Indahnya tak terlukiskan.

BACA :   Tempat Wisata di Kutacane Aceh Tenggara Terbaru (Update 2020)

Biaya speed boat yang digunakan untuk menyeberang ke pulau Gosong ini sekitar Rp. 300.000,- untuk biaya kolektif.

12. Pantai Ujung Manggeng

tempat Wisata di Blangpidie

Pantai ini terletak di Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya.

Jaraknya sekitar 386 km dari pusat kota Banda Aceh dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam perjalanan darat.

Jika dari Blangpidie hanya 18 km dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit saja.

Dari ibukota kecamatan Manggeng, kaka masih harus menempuh perjalanan 10 km lagi dengan kondisi jalan yang sudah bagus.

Pantai ini sangat eksotis, dengan pasir yang keabu-abuan tampak serasi dengan pepohonan cemara, kelapa dan rerumputan hijau.

Angin yang berhembus dan hempasan air laut menambah suasana asri dan nyaman. Pastilah kaka akan dibuat menjadi segar kembali setelah lelah dalam perjalanan.

Oiya, pantai ini menjadi salah satu primadona wisata bahari di Abdya, loh. Rugi kalau kaka ndak menyempatkan datang kesini.

13. Taman Laut Ujung Manggeng

Wisata di Blangpidie

Jika kaka bertanya, dimanakah tempat terindah di Abdya? Tentu jawabannya adalah Taman Laut Ujung Manggeng. Taman hijau ini berpadu indah di pinggir pantai.

Suasana hijau dan alami taman ini, kerapkali disebut sebagai surga oleh para wisatawan yang datang.

Biaya transport dari Blangpidie kisarannya adalah Rp. 60.000,- hingga Rp. 100.000,-. Destinasi ini berlokasi di desa Ujung Raja, sekitar 3 jam 19 menit dengan perjalanan darat.

14. Pantai Wisata Ujong Ketapang

Wisata di Blangpidie abdya

Ini adalah tempat romantis dengan keindahan pasir putih yang menghampar mengelilingi birunya sang banyu.

Suasana romantis dapat bertambah dengan pesona sunset dan suasana senja yang menyejukkan hati. Datanglah bersama pasangan hidup anda, ka..

15. Pemandian Krueng Baru

Wisata di Blangpidie

Pemandian Krueng Baru adalah pemandian alami berupa sungai yang dilengkapi dengan keindahan bebatuan dan aliran air jernih.

BACA :   31 Tempat Wisata di Meulaboh Aceh Barat (Update 2020)

Lokasinya di Kecamatan Lembah Sabil. Jaraknya 27 km dari Blangpidie, sehingga kaka membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan perjalanan darat dengan biaya ongkos kisaran Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Fasilitas di dalamnya cukup lengkap, terdapat kafe dan tempat peristirahatan bagi para pengunjung.

Untuk biaya masuk, kaka hanya dikenai tarif retribusi Rp. 5.000,- dan parkir motor Rp. 2.000,-. Tempat ini tepat sekali jika dijadikan tempat peristirahatan ketika lelah dan penat melanda. Hee.

16. Pantai Jilbab

pantai Wisata di Blangpidie

Mendengar nama pantai ini, kaka merasa unik bukan? Pantai Jilbab..hee.

Pantai ini dinamakan begitu karena setiap pengunjung perempuan harus memakai jilbab alias kerudung, sesuai syariat Islam yang diberlakukan di Aceh.

Pantai ini letaknya di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Jaraknya sekitar 4 km dari Blangpidie.

Pantai jilbab ini memiliki pasir yang indah dan luas. Selain itu, terdapat juga pemandangan indah dari pulau Gosong dan samudera Hindia.

Pasti membuat kaka seratus persen akan betah berlama-lama di tempat ini.

Oya, jangan khawatir juga bagi kaka yang butuh rest area, di pantai ini disiapkan juga deretan pondok sebagai tempat bersantai yang cocok baik bagi jomblo maupun keluarga.

Kalau sudah bosan dengan wisata di sini, kaka juga bisa coba kunjungi wisata lain seperti wisata di bireuen yang juga di provinsi Aceh. Semoga bermanfaat ya kaka….bye

Leave a Reply