08 Tempat Wisata di Bireuen Aceh Paling Baru

Tempat Wisata di Bireuen – Kaka2 mau jalan-jalan ke kota Beruen? Kalau benar berarti kaka2 kudu baca daftar tempat wisatanya. Tujuannya agar jangan sampai ketika di kota ini kaka2 malah bingung mau kemana.

Sebelumnya kita harus tahu dulu kalau Bireuen itu merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nanggro Aceh Darusaalam (NAD).

Sebagai sebuah kota, tentu saja Bireuen memiliki berbagai destinasi tempat wisata yang memberikan kontribusi untuk pemasukan daerah. Di samping itu, sebuah kota juga akan ditata sedemikian rupa termasuk berbagai fasilitas di dalamnya.

Nah sekarang mari kita kenali tempat wisata apa saja yang ada di Bireuen.

Daftar Tempat Wisata di Bireuen Aceh

Oya kaka2, Bireuen ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu terletak pada keindahan alamnya. Boleh dikata, tempat ini eksotis lah kalau kata orang gaul mah. Pun dengan masyarakatnya, terkenal dengan ramah alias sopan santun.

Soal budaya dan kuliner, kaka2 juga jangan kuatir ya…pokoknya kalau kakak2 kesini pasti deh seru dan amat menyenangkan. Coba kita perhatikan daftar tempat wisatanya sebagai berikut :

1. Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet aceh

Pantai ini merupakan pantai paliiiiing indah di kota Bireuen. Pemandangan alamnya yang asri dan memukau bakal bikin kaka2 betah selama di sini.

Selain pepohan yang menghijau, kelebihan pantai Peuneulet Baroh juga terletak pada air lautnya yang membiru. Beneran, kalau air pantai pada umumnya kan ijo, tapi di sini biruuu…saking beningnya. Uuh

BACA :   36 Tempat Wisata di Serdang Bedagai Sumatra Utara

Kalau kaka2 mau ke sini silahkan berkunjung ya, buka setiap saat ko. Hiks

Alamat : Desa Peuneulet Baroh Kec. Simpang Mamplam, Bireuen

2. Pantai Kuala Raja

Kuala Raja

Tempat nyantuy berikutnya adalah Pantai Kuala Raja. Sebagaimana pantai pertama, pantai ini juga kece banget loh ka….panorama alamnya bener-bener bikin mata dan hati plong.

Kelebihan Pantai Kuala Raja yang paling jadi andalan yaitu adanya pulau-pulau kecil di muara sungai. Bisa dibayangkan tuh ka…cocok banget buat santuy-santuyan.

Untuk rute sendiri, kaka2 bisa berangkat dari Kota Bireuen yang jarak tempuhnya cuma 5 kiloan dengan durasi sekian menit menggunakan kendaraan umum.

Soal Biota laut, kaka2 juga bisa lihat beberapa penyu yang suka bertelur di malam hari. Penasaran kan? pastiiii deh kepo banget pengen ngintip penyu nelor. hehe

Nah karena pantai ini sudah rapi, kalau kaka2 mau masuk maka dikenakan biaya HTM sebesar 10 ribuan. Murah atuhhh…apalagi buat liburan keluarga, pasti lebih zeruu.

Alamat : Desa Kuala Raja Kec. Kuala, Kab Bireuen Aceh

3. Pantai Krueng Juli & Ujong Blang

Pantai Krueng Juli

Masih soal pantai, kaka2 juga bisa labuhkan keputusan untuk mengunjungi Krueng Juli & Ujong Blang. Why?

Sebab pantai yang diberi nama sesuai nama desanya ini memiliki capture pantai yang jos buat bermain di pesisir.

Di sini kaka2 bisa nyantuy-nyantu di bibir pantai yang berpasir halus sembaru menikmati deburan ombak dan sejuknya angin. Jika di sore hari, kaka2 juga bisa bidik sunset yang indah buangets.

Alamat : Des. Ujong Blang, Kuala, Bireuen

4. Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun di Bireuen

Kalau kaka2 bosan dengan destinasi pantai, kakak2 jangan khawatir. Sebab di Bireuen juga ada air terjun yang bisa kaka2 sambangi. Misalnya yang satu ini, Air Terjun Ceuraceu.

BACA :   10 Tempat Wisata di Dairi Sumut Terbaru (Update 2020)

Soal keindahan, kaka2 jangan kuatir ….sebab air terjun ini bakal memanjakan mata kaka2 dan juga bisa memanjakan tubuh kakak2 dengan berbaring di atas bebatuan.

Kalau berkunjung bersama teman-teman, dijamin kaka2 bakal betah nongkrong-nongkrong di sini. Benaran.

Alamat : Desa Samagadeng, Pandrah Kab. Bireuen

5. Pamandian Batee Iliek

Pamandian Batee Iliek aceh

Berbeda dengan kesan mandi di Pantai yang airnya asin, mandi di Batee Iliek ini mengusung air tawar yang berasal dari daerah pegunungan. Jadi, kalau kakak2 mandi di tempat ini kaka2 akan merasakan suasana yang seger banged.

Ditambah lagi alam sekitarnya juga sangat sejuk. Ada gunung, pohon dan bebatuan yang tentu saja semakin menambah eksotisnya panorama.

So recommended deh untuk ke sini.

Etttt tapi jangan lupa ya, kalau mandi di sini harap lepas kaca mata…coz khawatir jatuh dan terbawa hanyut oleh air. Nanti susah nyarinya. *pengalaman..

Alamat : Kec Samalanga, Kab Bireuen

6. Air Terjun Samalanga

Air Terjun Samalanga bireuen

Air Terjun Samalanga adalah destinasi wisata yang juga kudu kaka2 coba. Pemandangan air yang indah di antara bebatuan bakal bikin kaka2 pengen basah-basahan selama di sini.

Sembari tiduran telentang di antara bebatuan, air itu akan masuk ke kulit-kulit sekujur tubuh. Maka seketika itu pula kaka2 akan merasa grrrrrrr……sejuk banget.

Kalau berencana mau ke sini silahkan datang ke desa Alue Kec. Samalanga. Dari desa ini, kaka2 harus berjalan lagi sekitar 1,5 jam untuk sampai di air terjun.

Alamat : Des. Alue Kec. Samalanga Kab. Bireuen

7. Pantai Jangka

Pantai Jangka bireuen

Kita kembali ke pantai, ya gimana lagi atuh coz di sini mah banyak pantai. Nah pantai yang satu ini sangat rameeee banget loh ka…..banyak pengunjungnya.

BACA :   10 Tempat Wisata di Berastagi Karo Sumut (POPULER)

Di pinggir pantainya terdapat payung-payung yang dilengkapi dengan kursi-kursi buat nyantuy. Angin yang berhembus dan ombak yang berdebur bakal bikin kaka2 betah n nggk mau pulang. Hikks

Karena banyak pengunjung, kalau kaka mau ke sini kaka harus bayar HTM sebesar Rp. 5000. Woww murah banget kan.

Dengan harga segitu tak akan sebanding dengan keuntungan refreshing kaka2…ploong banget.

Alamat : Des. Jangka Mesjid, Kec. Jangka Kab. Bireuen

8. Pantai Calok Samalanga & Mamplam

Pantai Calok Samalanga & Mamplam

Pantai ini cukup ekslusif alias tertutup. Sebab letaknya berada di kawasan Satuan Radar URI. Kendati demikian, pantai ini menyuguhkan beraneka rupa untuk kaka2.

Di sini kaka2 bisa berenang, memancing bahkan snorkeling dan diving. Wow. yang penting kaka2 siapin aja uangnya buat nyewa. Hehe

Selain itu kaka2 juga bisa jelajahi pantai dengan menyewa perahu yang ada di sini. Dengan begitu kaka2 akan puas menikmati keindahan alam yang memukau. Uh…min jadi speechless loh!

Alamat : Desa Calok Kec. Pandarah Bireuen Aceh

Itulah beberapa daftar tempat wisata yang ada di kabupaten Bireuen Provinsi Nanggro Aceh Darussaalam. Semoga kaka2 bisa berliburan ke sini dan semoga info min bermanfaat ya. Kalau yang ingin ditanyakan silahkan tulis di komentar ya…

Leave a Reply