86 Tempat Wisata di Binjai – Langkat Sumut (Update 2020)

Tempat Wisata di Binjai – Horas, bah! Semoga kaka travelers sehat terus dan bahagia selalu. Aamiin. Cuaca hari ini sesuatu banget yah, ka.

Mendukung untuk terus berselimut, mendung romantisnya itu bikin mata mimin berat-berat gak jelas gitu pengen terus berbantal ria, hehe.

Meskipun begitu, mimin tak padam semangat untuk mengajak kaka menjelajah wilayah-wilayah eksotis di negri tercinta ini, yang katanya masyhur dikenal sebagai surga dunia.

Setelah selesai menjelajahi tempat wisata di tapanuli utara, siang ini, min mau mengajak kaka menjelajah Kota Binjai, termasuk  beberapa tempat wisata di Kabupaten Langkat yang ada di Sumatera Utara.

Daftar Tempat Wisata di Binjai Sumatra Utara

Kota Binjai posisinya sekitar 22 km di bagian Barat kota Medan. Di kota ini, kaka bisa mendapatkan rambutan Binjai yang dikenal dengan rasanya yang aduhai nikmat sekali.

Beruntunglah jika kaka dapat mengajak keluarga kesayangan untuk menjelajahi kota ini yang memiliki jutaan cerita tentang keindahan pesona alamnya yang tak terlupakan.

77. Namu Sira-Sira

wisata alam di binjai langkat

Namu Sira-Sira adalah tempat yang cocok banget untuk kaka dan keluarga. Tempat ini adalah objek wisata pemandian alam.

Posisinya terdapat di Jl. Perkebunan, Durian Lingga, Sei Binga, Kab. Langkat.

Namu Sira-Sira dikenal juga dengan nama Pantai Pangkal. Karena ukuran aliran sungainya yang sangat lebar, jadi kaka seperti sedang melihat pantai.

Aliran air di pemandian ini masih sangat jernih dan bersih. Tingkat kedalamannya sedang, sehingga aman jika dipakai bermain air oleh anak-anak kaka. Asalkan tetap diperhatikan saja ya, ka.

Fasilitas wisata di tempat ini sudah cukup lengkap. Diantaranya sudah disiapkan tempat parkir, tempat makan, toilet, ruang ganti, penyewaan ban pelampung, dan sebagainya.

Tempat ini juga masih cukup murah meriah. Kaka bisa menyiapkan uang sebesar lima ribu rupiah untuk bisa masuk ke dalam dan bermain air sepuasnya.

Dijamin, seru dan menyenangkan. Pasti kaka akan kesulitan mengajak anak-anak untuk pulang karena nikmatnya bermain air.

BACA :   51 Tempat Wisata di Nias Utara Paling Fotogenik

78. Air Terjun Siluman

wisata binjai

Air terjun ini masih sangat tersembunyi. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Aktivitas pengelolaan maih dilakukan swadaya oleh masyarakat setempat.

Sehingga, kaka tidak menemukan fasilitas wisata lengkap jika berkunjung ke tempat ini. bahkan untuk tempat parkir, kaka masih harus menitipkannya di rumah penduduk.

Air terjun Siluman memiliki ketinggian yang terbatas, namun airnya sangaaaat jernih. Saking jernihnya, bagian dasar kubangan air terjun ini bisa terlihat dengan jelas.

Kubangan di bawah aliran air terjun ini cukup dalam dan luas, sehingga tidak dianjurkan untuk berenang jika tanpa pelampung bagi yang tidak bisa berenang.

Suasana alam di sekitar air terjun masih sangat alami dan sejuk. Paru-paru akan kembali fresh sepulang darisini.

Jika kaka tertarik berkunjung, maka bisa langsung datang ke lokasinya di Desa Garunggang, kecamatan Sei Binge, Kab. Langkat. Dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan jika menggunakan motor.

Mantapnya lagi, wisata ini masih gratis, karena belum ada pengelolaan secara komersil. Waah,, kesempatan baik nih untuk refreshing dengan modal seuprit.

79. Kolam Abadi Langkat

wisata alam di binjai langkat

Destinasi wisata ini memiliki daya tarik yang keren banget. Aliran air sungainya luar biasa jernih dan bersih.

Maka tak salah jika di tempat ini sering dijadikan tempat hunting foto bawah air yang kekinian dan cocok untuk milenial.

Dari kejauhan, warna aliran airnya tampak hijau kebiruan seperti warna air danau kawah gunung berapi. Aliran airnya juga tidak terlalu deras.

Namun, bagi yang tidak bisa berenang, tidak dianjurkan untuk mandi disini.

Kolam abadi ini terdapat di Desa Rumah Galuh, Kelurahan Namu ukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Akses lokasi menuju ke kolam abadi belum bagus, ka. Jalan yang dilalui masih banyak berlubang, membuat para traveler menjadi kurang nyaman apalagi jika menggunakan kendaraan bermotor.

Belum lagi, manajemen retribusi dan pengelolaan tempat wisata disini pun belum terstruktur. Jadi terkadang para traveler dimintai retribusi ganda dengan besaran yang berubah-ubah.

Meskipun begitu, keindahan alam di kolam abadi ini begitu memuaskan deh. Jadi, ketidaknyamanan tadi akan terlupakan begitu saja setelah kaka menikmati suasana di tempat ini.

80. Arung Jeram Sungai Bingei

wisata alam di binjai

Bagi kaka pecinta olagraga ekstrim, kaka dapat menikmati tantangan arung jeram di Sungai Bingei. Ada beberapa level tingkat kesulitan arung jeram yang bisa kaka pilih.

BACA :   Tempat Wisata di Kisaran Asahan Medan Paling Recommended

Jika pemula, maka bisa mengambil kesulitan level 2-3. Tingkat ini cenderung aman untuk pemula dan anak-anak berusia di atas 8 tahun.

Jika kaka sudah berpengalaman, maka bisa memilih tingkat kesulitan tertinggi. Yaitu rute Namo Nangka sampai ke Bendungan Namu Sira-Sira. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Waw, sangat memacu adrenalin, nih.

Kaka bisa juga memilih rute yang lebih Panjang yaitu rute Lau Serindi sampai ke Bendungan Namu Sira-Sira.

Jaraknya sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam sampai 3 jam perjalanan. Fhhhh…. Mimin jadi penasaran juga nih.

Untuk bisa menstimulan adrenalin, kaka cukup siapkan uang yang cukup untuk menyewa peralatan arung jeram di tempat ini, yaitu sekitar Rp. 250.000,- sampai Rp. 425.000,-

81. Taman Selfie

taman di binjai

Taman ini cocok banget untuk kaka yang senang berselfie ria sampai yang aktif mejeng di social media.

Di taman ini sebenarnya disediakan oleh kafe kekinian. Ada beragam spot menarik yang disiapkan untuk pemotretan gambar cantik.

Kafe ini juga berhasil menyulap pohon besar menjadi tempat nongkrong anak-anak muda dengan konsep rumah pohon dengan selingan taman-taman yang eksotis.

Jangan lupa, disini kaka juga dapat menikmati aneka kuliner lezat mulai dari roti kreak sampai mie terbang. Apa pula itu? Hahaha, perut mimin tetiba berbunyi gaduh mendengar nama makanan tersebut.

82. Taman Balita Kota Binjai

taman di binjai

Taman ini khusus diperuntukkan bagi si kecil yang bosan di rumah. Si baby butuh piknik, bawalah ke taman Balita Kota Binjai. Hehe..

Lokasinya berada di seberang Lapangan Merdeka Pusat Kota Binjai. Ada beragam wahana permainan untuk si kecil, ada juga aneka spesies burung yang ditata di sangkar yang berukuran besar.

Setiap sore, taman ini selalu ramai dikunjungi momy popy beserta baby-baby nya, loh. Kuylah, gabung. Kali aja kaka bisa kenalan sama calon mantu di masa depan.

83. Taman Merdeka Kota Binjai

binjai di langkat

Taman Merdeka ini adalah salah satu tempat wisata favorit di kalangan masyarakat Kota Binjai dan sekitarnya. Luasnya sekitar 1,5 hektar.

Fasilitasnya juga sudah cukup lengkap disediakan oleh pengelola. Mulai dari tempat duduk sampai disiapkan juga arena panjat tebing.

BACA :   20 Tempat Wisata di Langkat SUMUT (Update 2020)

Selain itu, ada juga kuliner khas Kota Binjai dengan harga yang cukup terjangkau.

Di waktu-waktu tertentu, sering juga digunakan sebagai lokasi event-event besar berskala internasional. Keren juga yah.

Mantapnya lagi kaka bisa mengunjunginya secara gratis, tis,tisss. Kapanpun kaka datang ke tempat ini. kuy datang ke alamatnya di Tangsi, Binjai Kota, Sumatera Utara.

84. Pasar Kaget Binjai

wisata kuliner di binjai

Pasar Kaget Binjai terkenal dengan objek wisata kuliner yang tradisional dan merakyat. Kaka dapat menemukan beragam olahan kuliner dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari olahan yang ekstrim seperti daging ular dan sate kodok bisa kaka dapatkan disini.

Jika kaka seorang Muslim, maka perlu diperhatikan kehalalan dari kuliner-kuliner di tempat ini.

karena, beberapa olahan kuliner yang dijual adalah olahan kuliner yang tergolong haram. Maka, jeli dan hati-hatilah. Tapi jangan sampai tidak kesini.

Alamatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 172, Pekan Binjai, Binjai Kota. Waktu operasionalnya terbatas yaitu dari pukul 6 sore hingga pukul 4 pagi.

85. Kampung Kuliner Binjai

wisata kuliner di binjai

Nah, berkebalikan dari pasar kaget. Kampung Kuliner ini dikenal lebih elit dengan fasilitas makan yang lebih nyaman. Juga harga yang berada di atas dari rata-rata yang dipasarkan di pasar kaget. Namun tetap terjangkau, kok.

Variasi olehan kuliner disini sangat lengkap. Mulai dari olahan kuliner khas Sumatera Utara, sampai olahan kuliner modern.

Lokasinya di Jalan Medan-Banda Aceh, Tanah Tinggi, Binjai Timur. Biasanya buka setiap hari mulai pukul 11 siang hingga 11 malam.

86. Tugu Perjuangan 1945

wisata sejarah di binjai

Tak mau kalah dengan Bogor dengan ikon Tugu Kujang. Kota Binjai pun mempunyai ikon berupa Tugu Perjuangan 1945.

Tugu ini dianggap sebagai ikon Kota Binjai. Sehingga liburan ke Kota Binjai, masih belum sah jika belum berfoto di depan tugu ini.

Pada sore dan malam hari, tugu ini menjadi tempat nongkrong yang favorit di kalangan anak muda Binjai.

Bahkan jika di akhir pekan, anak-anak muda ini bisa kuat nongkrong hingga pukul 10 malam.

Ternyata, objek wisata ini milik pemerintah. Jadi, kaka dapat mengunjunginya kapanpun dengan gratissss.

Kuylah berfoto di tugu perjuangan 1945 yang berlokasi di Jl. Sukarno-Hatta No. 11, Tanah Tinggi, Binjai Timur.

Baca Juga : 

Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Paling Recommended

Leave a Reply