Gunung Pancar Sentul : Tiket, Fasilitas, Wahana, Camping, Lengkap

HTM Gunung Pancar Sentul : 1. Motor Rp. 7.500 (weekend) Rp. 5.000 (weekday) 2. Mobil Rp. 15.000 (weekend) Rp. 10.000 (weekday) 3. Bule asing Rp. 150.000 | Jam Buka : 24 Jam | Alamat : Kp Ciburial Des. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Sentul, Bogor Jawa Barat | Telp 021 3665 949

Gunung Pancar Sentul – Ceritanya waktu itu min baru saja bulan madu, cie. Lalu min pengen cari tempat-tempat adem buat nyantuy. Akhirnya ketemulah wisata alam Gunung Pancar ini.

Setelah tahu lokasinya, min langsung menuju ke sini bareng doi, dan ketika itu jaraknya nggak terlalu jauh dari tempat bulan madu min.

Ketika min sampai di gerbang Gunung Pancar, aduh rasanya tuh langsung cusss aja, adem betul udaranya.

Apalagi waktu itu min terbiasa dengan udara ibu kota yang terkenal ‘ganas’ sehingga AC di setiap ruangan wajib ada.

Tentu saja menemukan lingkungan seperti ini bikin min langsung jatuh cinta dan min langsung naik ke atas menyusuri pepohonan pinus yang berjejer.

Gunung Pancar Sentul

gunung pancar sentul

foto : wisataterbaru.net

Sebelum min lanjutkan curhatannya dan sebelum min kasih tahu apa saja yang bisa kita lakukan selama di sini, terlebih dahulu min ingin bahas sekilas info tentang GP ini.

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang menjadi objek wisata alam di Sentul Bogor. Gunung ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan dalam dan luar negeri.

Untuk dalam negeri sendiri, kebanyakan yang berkunjung ke sini berasal dari Jakarta dan sekitarnya, pokoknya kota-kota yang udaranya panas lah.

Selain itu ada juga para wisatawan bule yang ingin melakukan camping dan santuy-santuy selama di sini.

Hal itu memang wajar, karena selain bersantuy, gunung pancar juga kerapkali dijadikan tempat camping baik oleh sekolah, perusahan dan komunitas lainnya. Nanti min cerita apa saja yang bisa kita lakuin selama di sini.

BACA :   Pasar Ah Poong Sentul : Tiket, Fasilitas, Aktifitas, Lengkap

Mitos Gunung Pancar

Mitos adalah sesuatu yang melekat pada masyarakat Indonesia. Apa saja dan tempat mana saja, nampaknya tak pernah sepi dari permitosan, termasuk Gunung Pancar.

Mengapa dinamai Gunung Pancar?

Menurut cerita rakyat, dulu ketika alam semesta ini diciptakan, bentuknya masih datar (belum ada benjolan) sehingga sering terjadi gempa bumi.

Lalu untuk menstabilkannya, tuhan menciptakan paku besar yang kemudian disebut gunung. Dengan gunung ini, akhirnya bumi menjadi stabil dan berbagai bencana dapat dihindari.

Nah, menurut warga sekitar, gunung yang pertama kali diciptakan (memancar) di bumi ini adalah Gunung Pancar. Karena itu, mereka manamakan Gunung Pancar.

Aktifitas di Gunung Pancar

Sampai di sini mungkin para travelers bertanya-tanya, selain pemandangan alam dan kesejukan hutan pinus, apa lagi yang bisa kita lakukan selama di Gunung Pancar?

Hmm…pertanyaan ini akan terjawab sebentar lagi. Min harap para travlers bersabar yaw.

Tentu saja ada sekian aktifitas seru dan menggoda yang bisa kaka lakukan selama di sini. Bahkan min yakin, kalau kaka udah ke sini, kaka akan tergoda untuk berkunjung lagi dan lagi.

Untuk lebih detailnya, berikut aktifitas yang bisa kaka lakukan selama di Gunung Pancar :

1. Hammock

gunung pancar sentul

foto : wisataterbaru.net

Karena wisata alam ini dipenuhi dengan pepohonan pinus, maka spot untuk bersantuy di atas ayunan merupakan aktifitas favorit di kalangan travelers.

Coba kaka bayangkan, udara yang sejuk, suasana yang rindang dan tidak bising, lalu kaka tiduran di atas ayunan di antara pohon pinus. Uhhh

Terlebih lagi kalau kaka mencoba Hammock yang paling atas, wow. Kece banget. Pasti pewe dan nggak mau pulang.

Ditambah lagi kalau kaka ke sininya bareng teman-teman, lalau kaka naik ke ayunan ini bersama mereka dengan format berjejer dari atas sampe bawah. Min yakin, fotonya akan keren banget.

Nah, untuk menikmati Hammock ini kaka akan dikenai biaya sekitar Rp. 15.000 sd Rp. 25.000.

2. Berfotoria

gunung pancar sentul

foto : wisataterbaru.net

Selain Hammock, di sini juga ada banyak spot kece yang bisa dijadikan backround selfie. Misalnya ada rumah pohon, rumah burung, perahu dan sejenisnya.

Hanya saja untuk menikmati spot-spot ini, kaka dikenakan biaya baik tempatnya maupun jasa fotonya. Ini kalau kaka mau pake jasa foto pemiliknya. Tapi kalau cuma mau pake tempatnya, biayanya lebih murah lagi.

BACA :   Jungleland Sentul : Tiket, Wahana, Fasilitas, Lengkap

Selain yang berbayar, kaka juga bisa berfoto ria di spot-spot lain seperti di antara pohon pinus, di batu-batu indah, di jalanan dan tentu di mana saja.

Min yakin kalau kaka pandai mencari titik-titik terbaik untuk berfoto, hasilnya akan viral dan booming. Hehe

3. Berenang di Kolam Air Panas

gunung pancar sentul

kolam renang air panas

Aktifitas berenang juga jangan sampai terlewatkan, soalnya ada yang berbeda di kolam ini yaitu airnya hangat. Wow.

Ditambah lagi, kehangatan air ini tidak dimanipulasi karena terjadi secara alami. Oleh sebab itu, kalau kaka mandi di sini, katanya bakal sehat dan tubuh kaka pun jadi bugar.

Untuk menikmati sensasi mandi di air panas ini, kaka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000.

4. Olah Raga

gunung pancar sentul

olah raga sepeda

Jangan salah, di tempat ini juga kaka masih bisa berolahraga sembari menikmati indahnya alam.

Ada 2 jenis olah raga yang bisa kaka lakukan, yaitu Jogging dan Bersepada. Untuk sepedanya sendiri, kaka bisa nyewa di tempat penyewaan, sementara Jogging, kaka bisa lakukan bareng teman2 atau pun sendirian. Wkwkw

5. Outbond

gunung pancar sentul

outbond

Aktifitas ini boleh dikata merupakan aktifitas paliiiiing diminati banyak orang. Bagaimana tidak, bermain flying fox misalnya, itu dilakukan sembari menikmati indahnya alam.

Min yakin, kalau kaka mencoba permainan ini kaka bakal punya kesan yang tak pernah terlupakan seumur hidup. Ciee

Selain itu, kaka juga bisa melakukan jenis-jenis outbond lain yang tak kalah seru. Pokoknya recommended banget dweh.

6. Camping

gunung pancar sentul

suasana camping

Aktifitas camping termasuk aktifitas favorit di kalangan travelers yang berasal dari kota Jakarta dan sekitarnya.

Biasanya mereka datang ke sini bersama komunitasnya di hari-hari libur, lalu mereka habiskan waktu untuk berkemping dengan berbagai aktifitasnya.

untuk menikmati aktifitas ini, kaka nggak perlu repot-repot membawa tenda dari rumah. Soalnya di sini tuh ada banyak jasa penyewaan tenda yang super lengkap.

Selain travelers, anak-anak sekolah dan karyawan perusahaan pun kerap melakukan camping dan training. Pokoknya seru bangets.

Biaya Tiket dan Biaya Penyewaan Lainnya

gunung pancar sentul

gerbang gunung pancar

Ketika kaka sampe di gerbang gunung pancar, kaka akan diminta untuk membayar biaya tiket masuk, rinciannya adalah sebagai berikut :

Tiket WeekdayTiket Weekend/Libur NasionalJenis KendaraanAsal Travelers
Rp. 5.000Rp. 7.500Orang Lokal
Rp. 5.000Rp. 7.500Motor (1 motor)Lokal
Rp. 10.000Rp. 15.000Mobil (1 mobil)Lokal
Rp. 100.000Rp. 150.000Turis Asing
BACA :   Tempat Rekreasi di Sentul Paling Ear Sajagat 2019

Biaya Paket Camping

Selain menikmati indahnya gunung pancar, kaka juga bisa melakukan camping dengan menyewa tenda dan sebagainya ke pengelola.

Agar lebih gampang, sebaiknya kaka nyewa yang program paket saja. Rinciannya sebagai berikut :

1. Paket Camping Individu

Biaya Rp. 160.000 per orang (minimal 3 orang), turis asing Rp. 150.000 per orang

Fasilitas yang akan didapat berupa :

  • Tenda Dome (ukuran empat orang)
  • free tiket masuk
  • matras
  • free pemasangan tenda
  • toilet sharing
  • staff penjaga khusus paket

Biaya tambahan yang bisa disewa :

  • Lampu tembak : Rp. 25.000/unit
  • Kabel listrik dalam tenda : Rp. 25.000/unit
  • Makan/nasi box : Rp. 35.000
  • Air galon aqua : Rp. 35.000
  • Api unggun : Rp. 80.000

2. Paket Camping Rombongan

A. Camping Rombongan STD Rp. 260.000 / pax / nigh (minimal 50 pax)

Fasilitas yang didapat sebagai berikut :

  • Camping ground
  • listrik luar tenda
  • toilet
  • matras tenda
  • tenda serba guna
  • tenda ukuran 6 orang dewasa
  • sarapan nasi box
  • makan malam nasi box
  • makan siang nasi box
  • wlecome drink
  • snack 2 kali
  • free tiket masuk
  • free pemasangan tenda
  • program treking hutan
  • guide

B. Camping Rombongan Outbond Rp. 295.000 / pax / night (minimal 50 pax)

Fasilitas yang didapat adalah sebagai berikut :

  • matras tenda
  • tenda serba guna
  • tenda ukuran 6 orang dewasa
  • listrik luar tenda
  • toilet
  • camping ground
  • snack 2 kali
  • sarapan nasi box
  • makan siang nasi box
  • makan malam nasi box
  • welcome drink
  • free pemasangan tenda
  • free tiket masuk
  • program treking hutang
  • guide
  • outbond games
  • fasilitator
  • game master
  • asuransi
  • sound system

C. Camping Rombongan Kasur Rp. 395.000 / pax / nigh (minimal 50 pax)

  • Camping ground
  • kasur
  • tenda serba guna
  • tenda ukuran 6 orang dewasa
  • listrik luar tenda
  • toilet
  • snack 2 kali
  • sarapan
  • makan siang
  • makan malam
  • welcome drink
  • free pemasangan tenda
  • free tiket masuk
  • program treking hutan
  • guide

D. Camping Rombongan Outbond Kasur

Fasilitas yang didapat adalah sebagai berikut :

  • Camping Ground
  • kasur
  • tenda serba guna
  • tenda ukuran 6 orang dewasa
  • listrik luar tenda
  • toilet
  • snack 2 kali
  • sarapan
  • makan siang
  • makan malam
  • welcome drink
  • free masuk
  • free pemasangan tenda
  • program treking hutan
  • guide
  • fasilitator
  • game master
  • outbond games
  • asuransi
  • peralatan games
  • sound system

Demikian sekelumit info terkait gunung pancar. Semoga bermanfaat ya…

Baca Juga : 

Jungleland Sentul : Tiket, Wahana, Fasilitas, Lengkap

Leave a Reply