Fakta Leuwi Hejo Sentul : Sejarah, Tiket, Fasilitas, Lengkap

HTM Leuwi Hejo Sentul : Rp. 20.000 | Jam Buka : 07.00 sd 17.00 WIB | Alamat : Sukamakmur, Cibadak, Bogor Jawa Barat | Telp : 0838 1976 6312

Leuwi Hejo Sentul masih saja menjadi perbincangan di kalangan travelers. Pasalnya, setiap ada orang yang berkunjung ke sini, mereka selalu memiliki pengalaman yang berbeda-beda.

Entah kenapa terjadi demikian, yang jelas menurut min hal itu karena terhipnotis oleh keindahan leuwi yang memang molek.

Bagi kalangan travelers sekita Jabodetabek, rasanya sulit menemukan orang yang tak kenal dengan tempat ini. Pasalnya hampir setiap hari tempat ini selalu jadi buah bibir terlebih mereka yang senang berendam.

Lantas, seperti apa sih fakta Leuwi Hejo Sentul ini?

Sejarah Leuwi Hejo Sentul

leuwi hejo sentul

Dari dulu leuwi ini termasuk leuwi yang indah dan bersih. Saat itu belum dikelola dengan apik. Kemudian para pengunjung pun banyak yang berdatangan untuk mandi.

Karena semakin ramai, akhirnya mereka seringkali membuang sampah sembarangan sehingga lambat laut area ini pun menjadi kotor.

Akhirnya muncul rasa prihatin di kalangan tertentu yang melahirkan berdirinya sebuah lembaga bernama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). 

Setelah mendapatkan izin lembaga yang berwenang, LMDH yang diketuai H. Suhaeri dan Kang Budi ini mulai mengelola kawasan ini yang luasnya mencapai 4,5 hektar.

Arti Leuwi Hejo

Istilah Leuwi dan Hejo merupakan kata yang terambil dari bahasa sunda. Leuwi sendiri memiliki beberapa arti di antaranya tempat rendah baik terisi air atau tidak, bisa juga berarti tempat pemandian.

BACA :   Fakta Terbaru Kampung 99 Pepohonan Depok [2020]

Makanya istilah leuwi sangat mudah dijumpai di kalangan masyarakat sunda, ada leuwi damar, leuwi ini leuwi itu dst.

Adapun Hejo artinya hijau. Dinamai demikian karena leuwi ini memiliki air yang jernih sehingga menimbulkan semburat gradasi biru.

Dengan semburat yang merona itu akhrinya leuwi ini diberi nama Leuwi Hejo. Padahal sebelumnya tidaklah demikian, dan masyarakat pun biasa menyebut Curug Bengkok lantaran sungainya berkelok.

Hingga saat ini wisatawan dan masyarakat sekitar lebih lentur menyebut Leuwi Hejo.

Oya, dulunya Leuwi ini juga bisa dikunjungi oleh siapa pun tanpa biaya tiket masuk. Namun setelah para bloger sering mengupload kegiatannya, akhirnya leuwi ini pun resmi dikolela oleh LMDH yang dibuka pada tahun 2014.

Mitos Leuwi Hejo

leuwi hejo sentul

Namanya juga masyarakat Indonesia, nggak seru kalau nggak ngomongin mitos. Meskipun banyak yang tidak percaya, tetapi faktanya selalu kepo. Betul?

Berdasarkan penelusuran min, ada mitos terkenal di leuwi hejo ini, di antaranya adalah siapa pun yang membuang kotoran sampah di leuwi dan juga berkata-kata kotor selama di sini, ia akan dapat bala/bencana.

Selain itu, ada juga mitos lain seperti penunggu leuwi yang kerap dikatikan ke Nyi Blorong dan Mbah Uyud Marsinah. Terlebih lagi, makam Mbah Uyud memang berada di sekitar Leuwi Hejo.

Kendati demikian, tempat ini tidak memiliki kesan angker dan sebagainya sehingga para travelers pun heppi heppi aja selama di sini.

Fasilitas Leuwi Hejo Sentul

Jangan salah duga, meskipun tempat ini bersifat alami tetapi bukan berarti tidak dikelola dengan apik dan profesional.

Sebab kalau kaka sudah pernah ke sini, kaka akan terkagum dengan kebersihan area termasuk bagian leuwinya.

BACA :   Info Lengkap Pemandian Air Panas Sentul & Fakta Terbaru

Selain itu sejumlah fasilitas pun turut memudahkan perjalanan kaka. Di antaranya sudah tersedia :

  • MCK
  • Ruang ganti pakaian
  • Tim SAR
  • Parkiran
  • Warung makan
  • Saung
  • dsb

Kelebihan Leuwi Hejo Sentul

leuwi hejo sentul

Sejak perjalanan menuju Leuwi, kaka akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau. Terlebih lagi track perjalanannya sudah mendingan enak karena memang khusus untuk menuju ke leuwi ini.

Ketika kaka sampai di leuwi, kaka akan terkesima dengan sebuah kolam bak patahan surga yang jatuh di Sentul Bogor.

Airnya yang biru menjadi magnet untuk neymplung basah-basahan. Pun dengan alam sekitar, sangat rindang dan sejuk sehingga cocok untuk dijadikan obat alami untuk mata.

Adapun bagi kaka yang nggak mau nyemplung basah-basahan, kaka bisa duduk-duduk santuy di antara bebatuan sembari menikmati indahnya suara gemericik air sungai.

Dari sejumlah keindahan ini tak ayal lagi jika para wisatawan pun selalu memanfaatkannya dengan membidik sudut-sudut tertentu dengan kamera yang super canggih.

Terbukti berbagai gambar yang berseliweran di medsos pun selalu viral.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati indahnya objek wisata ini kaka harus merogoh goceh sebesar Rp. 20.000 saja. Rinciannya 15 rb untuk pos pertama dan 5 rb untuk pos kedua.

Biaya ini digunakan untuk pengelolaan dan kebersihan area yang diurus oleh LMDH.

Jam Operasi Leuwi Hejo

Leuwi ini dibuka sejak Jam 07.00 WIB sd 17.00 WIB. Jadi pastikan kaka datang di antara jam tersebut yaw.

Rute Menuju Leuwi Hejo Sentul

Kalau kaka pake mobil dari Jakarta, silahkan ambil arah Jagorawi dengan exit tol Sentul. Kemudian ambil arah kiri menuju gerbang Sentul Circuit.

Pas di pertigaan yang menghadap gerbang sentul circuit, silahkan ambil rute kanan menuju SICC (Sentul International Convention Centre) hingga pertigaan SICC.

BACA :   Curug Bidadari Sentul : Tiket, Aktifitas, Rute, Lengkap (Update 2020)

Dari pertigaan ini ambil arah kiri dan lurus sampe ke pertigaan yang menuju ke Gunung Pancar. Dari sini sebaiknya kaka buka google maps aja ya dan ikuti instruksinya. Hehe

Demikian yang bisa min sharingkan semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :

Curug Bidadari Sentul, Tiket, Fasilitas, Aktifitas dsb Lengkap

 

 

Leave a Reply